Blue print Website SMPN 1 Mande, Kini dan Nanti

Adanya website sekolah, bukan saja sebuah tuntutan di era informasi ini, namun lebih dari itu. Website sekolah menjadi media propaganda program lembaga, penguatan Visi misi lembaga sekolah, dan penghubung sekolah dengan masyarakat.

SMP Negeri 1 Mande, di bawah kepemimpinan Pak Taufik Setiawan, sejak 1 Agustus 2020 yang lalu telah melangkah ke arah itu, perintisan pembuatan website sekolah dan maksimalisasi fungsinya. Dan, dukungan luar biasa dari civitas akademika, menambah pesatnya gerak laju Website ini.

Namun, setelah berjalan hampir 8 bulan, timbul beberapa pertanyaan, yang sedikit banyaknya menentukan arah dari website SMPN 1 Mande. Dalam bahasa kerennya, “Quo Vadis Website SMPN 1 Mande?”.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa kita uraikan sebagai berikut:

  1. Bagaimana konsep utama pengelolaan Website ini?
  2. Apa yang menjadi tujuan utama Website ini?
  3. Sejauh mana pencapaian Website ini?
  4. Siapa saja yang bisa berkontribusi mengisi konten website ini?
  5. Apa saja konten yang bisa diinput ke dalam Website?

Pertanyaan-pertanyaan di atas, insya Allah akan terjawab melalui paparan global :

Blue print Website SMPN 1 Mande, Kini dan Nanti

Blue print atau cetak biru, sebuah istilah yang biasa dipergunakan untuk menggambarkan rangkaian rencana besar sebuah lembaga, komunitas, institusi, atau apapun itu. Kalau dalam bangunan kita mengenal istilah “maket”, berupa miniatur lengkap pembangunan yang akan dijalankan. Begitupun dengan website SMPN 1 Mande, memiliki semacam “blueprint”, berisi arah langkah yang akan dijalankan kini dan ke depannya.

Baca Juga:  Memaknai Rasa Cinta dan Benci

Bagaimana konsep utama pengelolaan Website ini?

Pengelolaan website ini secara “berjamaah”, namun dikoordinasikan oleh Admin Utama. Semua artikel yang masuk harus melalui sebuah alur. Sederhananya, pembuat artikel mengirim/membuat konten tulisan, sebelum ditayangkan, harus melalui editing admin utama.

Begitu juga dengan ide tulisan, semua dibahas dulu oleh Admin Utama, sebelum artikel dibuat. Semua ini dilakukan untuk menjaga tata administrasi dan kualitas artikel. Idealnya begitu.

Apa yang menjadi Fungsi utama Website ini?

Ada beberapa fungsi yang dicanangkan dalam “hati” tentang keberadaan website ini, antara lain:

  1. Sebagai media informasi kepada masyarakat apapun program dan aktivitas SMPN 1 Mande
  2. Sebagai etalase/penampakan “wajah” atau profil SMPN 1 Mande
  3. Media berbagi aneka artikel pendidikan, humaniora, sastra, sejarah, dan profil
  4. Bukan sebagai Mading atau Klipping, namun website SMPN 1 Mande berkonsep “blog” yang dinamis dengan update artikel yang relatif sering.
  5. Media ekspresi guru dan siswa SMPN 1 Mande dalam penulisan kreatif maupun video

Sejauh mana pencapaian Website ini?

Dari segi ranking website, hari ini, website SMPN 1 Mande menempati ranking 1.592.400 dari jutaan website di dunia. Sedangkan untuk rangking se-Indonesia, web ini menempati urutan ke-21.609. Ada 36 website yang merujuk (nge-link) ke website SMPN 1 Mande.

Baca Juga:  Saat Ini, Saatnya Angkat Tangan Lebih Tinggi

Dari data IPSaya, pengunjung website SMPN 1 Mande, rata-rata 380 pengunjung per hari. Sedangkan jumlah artikel sampai saat ini sudah mencapai 136 artikel.

Siapa saja yang bisa berkontribusi mengisi konten website ini?

Karena website ini terbuka, dikelola secara berjamaah oleh seluruh guru SMPN 1 Mande, maka pada prinsipnya siapapun bisa menjadi penulis konten website, tentu dengan mengikuti alur penulisan seperti yang telah dibahas. Bahkan, website ini salah satu fungsinya sebagai media ekspresi guru dan siswa dalam penulisan kreatif dan pembuatan video yang berhubungan dengan SMPN 1 Mande pada khususnya, dan dengan dunia pendidikan pada umumnya.

Apa saja konten yang bisa diinput ke dalam Website?

Apa saja konten yang bisa ditayangkan di website SMPN 1 Mande? Secara garis besar, ada dua jenis konten, yaitu TULISAN dan VIDEO. Adapun kriteria dari keduanya adalah:

  1. Aktivitas guru, tenaga kependidikan, dan siswa SMPN 1 Mande, di dalam maupun di luar sekolah.
  2. Program-program kurikulum, kesiswaan, kehumasan, maupun sarana prasarana.
  3. Profil guru, tenaga kependidikan, dan siswa.
  4. Artikel kependidikan secara umum.
  5. Ide kreatif inovasi pembelajaran.
  6. Karya sastra (cerpen, pantun, nadoman, dan puisi) guru dan siswa.
  7. Prestasi guru, tenaga kependidikan, dan siswa.
  8. Artikel motivasi dan keislaman.
  9. Bahan materi pembelajaran setiap mata pelajaran.
  10. Berita pendidikan, termasuk Permendikbud dan peraturan lainnya.
Baca Juga:  Masih Ada Doa, Bagi Yang Tak Berdaya

Jadi?

Kita patut bersyukur, di perjalanannya yang menginjak 8 bulan, sudah mendapatkan pencapaian yang bagus. Namun tentunya memerlukan upaya lebih keras lagi untuk meningkatkan kualitas website ini.

Dari segi artikel, lebih sering di-update, lebih baik. Maka, kami mengundang bapak dan ibu guru mengirimkan karya terbaiknya untuk ditayangkan dan menambah khazanah artikel di website kita tercinnta ini. Semua pasti bisa!

2 Comments

Tinggalkan Balasan