We See Equal ~ Membangun Sinergitas untuk Visi dan Misi Sekolah

Rabu, 3 Maret 2021 SMPN 1 Mande kedatangan Bpk. Andri Purwanto, dkk dari Yayasan Sayangi Tunas Cilik (Save the Children). Kunjungan ini sebagai tindaklanjut dari Zoom Meeting yang pernah dilaksanakan pada tahun lalu sekitar Agutus 2019 tentang kesetaraan gender dan program perlindungan anak.

Pertemuan diawali dengan pertanyaan:

Apa yang senantiasa berubah dalam hidup???

PERUBAHAN

Yah…inilah yang akan senantiasa kita hadapi…PERUBAHAN. Apalagi sejak dunia menghadapi masa Pandemi Covid-19, mau tak mau kita dipaksa untuk turut mengikuti perubahan di segala bidang.

Bagaimana peran sekolah untuk menghadapi perubahan ini?

Menyikapi segala perubahan yang terjadi, sekolah harus mempersiapkan input, menentukan aktivitas, serta menentukan tujuan pendidikan yang akan dicapai.

  • Input
    • input terdiri dari sumber daya yang harus dipersiapkan oleh sekolah, seperti siswa, guru, masyarakat, dan sarana prasarana
  • Aktivitas
    • aktivitas meliputi kegiatan pembelajaran dimulai dari tahan perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaiannya
  • Output
    • output berupa kriteria kelulusan siswa, yang tercermin melalui rapor dan ijazah
  • Outcome
    • outcome merupakan karakter perilaku yang ingin diterapkan oleh guru kepada siswa
  • Development Goal
    • development goal merupakan kemampuan jangka panjang yang dapat mencerminkan akan menjadi apa siswa nantinya
Baca Juga:  Untaian Kata Guru Satman, Memaknai Kemerdekaan

Dengan memenuhi komponen-komponen tersebut diharapkan sekolah dapat menyiapkan kondisi sekolah dalam menanggapi perubahan yang terjadi. Semua ini dapat terealisasi dan tercermin dalam Visi dan Misi sekolah.

Penyusunan Visi dan Misi Sekolah

  • VISI
    • visi merupakan pandangan, keinginan, cita-cita, harapan dan impian tentang masa depan
  • MISI
    • misi merupakan perwujudan yang lebih jauh dari visi
    • menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai
    • secara eksplisit mengandung apa yang harus dilakukan untuk mencapainya
    • mengundang partisipasi masyarakat luas terhadap bidang utama yang digeluti

Dalam menyusun visi dan misi haruslah SMART

  • Spesifik, bersifat jelas dan terarah
  • Measurable, harus terukur melalui kata-kata operasional
  • Activeable, berwujud dalam aktivitas yang dapat dilakukan
  • Reasonable, memiliki alasan pendukung
  • Timebound, memiliki batas waktu

Perwujudan visi dan misi dapat didukung dengan menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga pendukung (Boundary Partner). Melalui visi, misi yang jelas serta partner yang tepat diharapkan akan terbentuk perubahan karakter/perilaku yang diharapkan pada siswa. Perubahan perilaku tersebut dapat terwujud melalui:

  • aktifitas aksi (action activity)
  • terbentuknya hubungan (relationship), baik antara guru – guru, guru – siswa, siswa – siswa
  • adanya aturan main (practice) yang akan mengatur aktivitas yang sedang berlangsung
  • adanya kebijakan yang mendukung (policies) untuk mengikat legalitas dari lembaga
Baca Juga:  Buku Harian Guru itu Bernama Blog

Dokumentasi Kegiatan

Alhamdulillah….banyak ilmu yang didapat. Semoga tidak sebatas ilmu yang didengar dan menguap begitu saja. Semoga dapat menyerap dan diterapkan dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan SMPN 1 Mande.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

6 Replies to “We See Equal ~ Membangun Sinergitas untuk Visi dan Misi Sekolah”

Tinggalkan Balasan