Belajar Tahsin Al-Qur’an di SATMAN, Memahamkan dan Menyenangkan

Program One Week One Juz (OWOJ) di SMPN 1 Mande, sudah memasuki pekan ke-34, artinya sudah satu kali putaran lebih para guru dan tenaga kependudukan membaca dan menamatkan target tilawah pribadi dalam program tersebut.

Target awal program OWOJ adalah membentuk habit (kebiasaan) membaca Al Qur’an minimal satu juz per pekan. Setelah satu putaran (30 juz) ini terlampaui, tentu tidak akan berhenti di target itu, harus ada peningkatan.

Apa yang harus ditingkatkan? Tentu kualitas bacaannya.

Maka pengelola OWOJ memandang perlu untuk memfasilitasi ikhtiar peningkatan kemampuan membaca Al Qur’an ini dengan program berikutnya, yaitu TAHSIN.

Tahsin, secara sederhana dimaknai sebagai upaya membaguskan cara membaca Al Qur’an sesuai kaidah tajwid, meliputi makhrojul huruf, sifat huruf, hukum bacaan, dan lain sebagainya.

Maka, dengan mengucap bismillah, Jumat kemarin (13 Agustus) dimulailah program Tahsin di Satman untuk kelompok akhwat, diikuti 10 ibu guru. Dilaksanakan di Masjid Daarul ‘Uluum, mulai pukul 11.00. Rencananya program tahsin ini akan dilaksanakan seminggu sekali dengan mendatangkan pelatih dari luar yaitu Ustadzah Euis Latifah.

Apa Kata Peserta tentang Tahsin di Pertemuan Pertama?

Bu Nina Gartina

▪️Bagi saya, belajar tahsin itu bahagia penuh tawa dalam berproses bersama
▪️Harapan saya, dengan mengikuti tahsin ini, insya Allah saya akan belajar baik dan benar dalam tilawah, semoga Allah Subhanahu Wata’ala Ridho
▪️Komitmen untuk hadir kembali, Bismillahirrahmanirrahiim akan hadir

Baca Juga:  Sebuah Catatan Festival Bulan Bahasa SMPN 1 Mande

Bersama kita eratkan niat dan tindak, sehat dalam taat, terimakasih sisterfillaah

Bu Yuliana Gultom

▪️Bagi saya, belajar tahsin itu wajib, karena wajib bagi seorang muslim/muslimah membaca al quran dengan baik dan benar.

Hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardhu kifayah. Artinya, jika ada sebagian kaum muslimin yang mempelajari ilmu tajwid, maka gugurlah kewajiban sebagai kaum muslimin lainnya untuk mempelajari ilmu tajwid.
Sementara mengamalkan ilmu tajwid hukumnya fardhu ‘ain bagi setiap pembaca Al Quran,
Jadi, meskipun hukum mempelajari ilmu tajwid fardhu kifayah, tetapi membaca Al Quran dengan baik dan benar adalah keharusan (fardhu ‘ain). Hal ini disampaikan dalam firman Allah Al-Qur’an Surat Al-Muzzammil ayat ke-4:
اَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْاٰنَ تَرْتِيْلًاۗ
Artinya: “Atau lebih dari (seperdua) itu, dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.”

▪️Harapan saya, dengan mengikuti tahsin ini, insya Allah saya akan istiqomah belajar dan terus memperbaiki kualitas bacaan saya.
▪️Komitmen untuk hadir kembali, InsyaAllah

Bu Hadijah

▪️Bagi saya, belajar tahsin itu penting dan perlu dilakukan agar kita bisa memperbaiki dalam pembacaan al-quran.
▪️Harapan saya, dengan mengikuti tahsin ini, insya Allah saya akan berusaha dan berlatih lebih baik lagi dalam membaca al-
quran.
▪️Komitmen untuk hadir kembali mengikuti kegiatan pembelajaran tahsin. Dan tentunya mudah-mudahan diberi kelancaran dan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Rajaban di Satman Bersama KH Hudzaifah

Bu Hj. Yanti Susilawati

▪️Bagi saya, belajar tahsin itu…selain kewajiban .yang menyenangkan… tp sekaligus menyedihkan, karena diusia yang sdh tdk muda lagi seperti skrg masih banyak yg harus saya perbaiki, ternyata begitu sulit.
▪️Harapan saya, dengan mengikuti tahsin ini, insya Allah saya akan….. Lakukan dgn senang hati, berjuang terus walau sesulit apapun
▪️Komitmen untuk hadir kembali

Bu Eem Rohimah

▪️Bagi saya, belajar tahsin itu menyenangkan walaupun masih agak sulit dalam pengucapan makhorijul huruf yang benar…tapi dibikin happy aja…ternyata selama ini kita belum tepat cara membacanya…apalagi dengan lagam Ross yang menjadikan bacaan AlQuran enak didengar….🤩
▪️Harapan saya, dengan mengikuti tahsin ini, insya Allah saya akan lebih baik lagi membaca atau memperbaiki bacaan Al-Quran
▪️Komitmen untuk hadir kembali, insyaAllah…semoga istiqomah.
Aamiin

Bu Darisa Aisyah

▪️Bagi saya, belajar tahsin itu. Setelah tadi hari pertama saya mengikuti tahsin.
Ternyata tahsin itu sulit dan banyak teori² yang tidak sama sekali saya ketahui😔, tapi menurut saya sangat menyenangkan juga. Meskipun, tadi banyak salah🤭. Justru, dari mencoba membaca ayat al-quran ketika di tes tadi. Jadi, lebih tau dimana kesalahan² dalam membaca ayat al-quran yang saya baca.
▪️Harapan saya, dengan mengikuti tahsin ini, insya Allah saya ingin bisa mengaji dengan lebih tartil dan fasih
▪️Komitmen untuk hadir kembali✅
Insya Allah ingin iatiqomah belajar tahsin

Baca Juga:  [Video] Satman Virtual Graduation

Bu Maesaroh

  1. Sangat menyenangkan walaupun harus fokus dan banyak latihan berulang kali.
  2. Harapan nya saya akan belajar lagi dan lagi supaya lebih meningkatkan bacaan Al-Quran yang baik dan benar sesuai hukum hukum bacaannya karena saya ingin hijrah bersama sam

Bu Siti Hanisyah

▪️Bagi saya, belajar tahsin itu menyenangkan dan pasti sangat berguna untuk memperbaiki bacaan saya. Dari pertemuan pertama sangat banyak sekali ilmu yang di dapat dan merasa kurang dalam pangucapan dan makhrojnya.
▪️Harapan saya, dengan mengikuti tahsin ini, insya Allah saya akan berusaha dan belajar lebih giat lagi
▪️Komitmen untuk hadir kembali

Bu Siti MK Nurjanah

*Bagi saya, belajar tahsin itu diperlukan untuk memperbaiki bacaan Al Qur’an saya. Yang memang selama ini saya merasa masih banyak salah dalam pengucapannnya. Alhamdulillah di sekolah kita ada program tahsin ini. Terima kasih pada bu yuli yang sudah menghadirkan gurunya.

  • Harapan saya dengan mengikuti program tahsin ini mudah-mudahan akan memperbaiki cara membaca Al Qur’an.
  • Insya Alloh…saya akan hadir kembali di pertemuan berikutnya. Selain metode belajarnya menarik juga menambah tali silaturahim diantara kita…

Tahsin Al Qur’an dalam Tayangan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •