Menit ke Menit Acara Mabit di SMPN 1 Mande

Jumat-Sabtu, 16-17 Desember 2022, digelar acara MABIT. MABIT (malam Bina Iman dan Takwa) merupakan salah satu agenda rutin dari Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Daarul Uluum dan RISMADA.

MABIT yang dilaksanakan mulai pukul 15.00 (Jumat) sampai pukul 08.30 (Sabtu) ini bertemakan, “Menjadi Pelajar Prestatif dalam Pandangan Alloh”, diisi dengan aneka acara yang diharapkan memotivasi siswa untuk giat menimba ilmu, terutama ilmu agama.

Secara garis besar, materi MABIT kali ini terdiri dari: Pembiasan Kebiasaan Baik, Pembiasaan Ibadah, dan Tasqif (Pembinaan Keislaman Intensif). Semua materi ini diampu oleh para guru yang terlibat dan unsur dari LKM STAIS Al-Azhary dan UNPI.

Rundown Acara MABIT

Menit Ke Menit Acara MABIT

sebelum pukul 3 sore, para peserta sudah ada di lokasi. Mereka, para remaja hebat dari OSIS, MPK, dan RISMADA, begitu antusias mengikuti acara ini.

Acara dimulai dengan salat Sehat berjamaah, dipimpin Pak Deni, dan selanjutnya bersama-sama membaca Dzikir petang. Untuk mengokohkan azam, disampaikan beberapa budaya MABIT yang diharapkan bisa diaplikasikan dalam kehidupan.

Baca Juga:  Catatan dari Pelatihan Guru Pembina UKS SMP di Kabupaten Cianjur

Budaya MABIT itu antara lain :

  1. BRTT (Bersih Rapi Tertib Teratur)
  2. 3 Sa (Saya aman bagimu, saya menyenangkan bagimu, saya bermanfaat bagimu)
  3. TSP (Tahan Buang Sampah Sembarangan, Simpan Sampah pada tempatnya, Pungut sampah insya Alloh sedekah)

Mulai pukul 16.00, ada sesi yang istimewa juga, yaitu TAHSIN AL QUR’AN, yang diisi oleh Muhammad Rizki Firdaus dan Aulia Najib. Keduanya, insyaAlloh, hufadz alumni Darul Qur’an Bogor, pimpinan Ustadz Yusuf Mansur. Para peserta begitu antusias mengikuti sesi ini.

Sambil rehat, para peserta membuka bekal mereka dan akhirnya makan bersama. Mereka terlihat sangat menikmati “sesi” ini.

Shalat maghrib dilaksanakan secara berjamaah, dilanjutkan dzikir, dan tausiyah dari Pak H Atet, hingga menjelang Isya. Sehabis ahalat Isya dan dzikir, dilanjutkan sesi materi “Menjadi Pelajar Prestatif “, dipandu oleh Kang Yana Suryana dari UNPI dan Kang Indra Lesmana dari STAIS Al Azhary. Dilanjut sesi pendalaman materi, peserta dibagi tiga tim. Tim pertama dibimbing Yana dan Indra, tim kedua bersama Teh Anita, dan tim ketiga bersama Teh Dina.

Baca Juga:  SHARING HASIL BIMTEK GPK
Pendalaman materi oleh Kang Yana dan Kang Indra
Pendalaman materi bersama Teh Anita
Pendalaman materi oleh Teh Dina

Setelah pendalaman materi, peserta beristirahat tidur malam, dan bangun pukul 03.00. Para peserta dan pembimbing melaksanakan shalat tahajud, dan dilanjutkan dengan muhasabah. Pemandu muhasabah adalah Bu Nina Gartina.

Bu Nina, dan asistennya, Neng Ghadiza

Seusai Tahajud dan muhasabah, dilanjut tilawah bersama Pak Deni, membacakan surah Arrohman. Setelah tilawah, dilaksanakan shalat subuh berjamaah dan dzikir pagi.

Di pagi hari, para peserta berolahraga, dipimpin Pak H. Atet. Para peserta terlihat antusias mengikuti olahraga beladiri.

Sesi berikutnya adalah sarapan pagi. Alhamdulillah Bu Santi, Bu Siti Jenab, Bu Sera, dan Bu Nina, selalu menjadi andalan dalam hal penyiapan sarapan bagi peserta mabit. Menunya pun istimewa, bisa anda lihat di gambar berikut.

Menu menggoda sarapan pagi

Bukan hanya masakannya yang perlu tampil, juga para “koki” pun perlu ditampilkan. Ini dia para koki handal mabit Desember ini.

Sambil menunggu peserta mabit menikmati sarapan, para punggawa mabit berfose dulu

Di akhir kegiatan, diadakan opsih di sekitar masjid dan tentu di dalamnya. Para peserta mabit juga antusias membersihkan lingkungan, penuh semangat, dan ikhlas.

Menutup rangkaian acara mabit, digelar apel penutupan. Yang bertindak sebagai pembina adalah Bu Santi.

Baca Juga:  SMPN 1 Mande Juara di Ajang BPC Mini Soccer Championship 2022

Ucapan Terimakasih

Kami mengucapkan jazakumullohu khoiron katsiron kepada semua pihak yang telah berkontribusi demi suksesnya acara mabit ini. Juga ucapan terimakasih khususon kepada Abah KS, Ibu Hj. Ekowati, Ibu Siti MK, Ibu Siti Jenab, Ibu Nina Gartina, Ibu Sera, Bapak H. Atet, Pak Faisal, Pak Janu, dan semua caraka serta satpam.

Terima kasih juga buat SAYA, yang sudah membuat tulisan ini hehe…

Mini Galeri