Merangkul Orang tua – Bersama Optimalkan Pembelajaran Daring

Menindaklanjuti hasil evaluasi dan refleksi dewan guru SMPN 1 Mande pada tanggal 1 September 2020, satman mengundang orang tua/wali peserta didik untuk menyampaikan hasil evaluasi tersebut.

Maka pada tanggal 8-10 September 2020, orang tua/wali kelas VII, VIII, dan IX diundang ke sekolah secara bergiliran, terbagi dalam dua sesi, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Hasil Pertemuan

Alhamdulillah antusiasme orang tua dan komunikasi terjalin dengan baik. Pertemuan ini menjadi ajang ‘curhatan’ antara orang tua/wali peserta didik dengan wali kelas.

Banyak diskusi dan evaluasi yang terjadi antara orang tua/wali peserta didik dengan wali kelas, sebagai perwakilan pihak sekolah. Berbagai keluhan dan kendala tersampaikan dari pihak orang tua/wali peserta didik maupun dari wali kelas. Kedua belah pihak selanjutnya mencari solusi bersama agar pembelajaran tetap dapat berlangsung dengan baik.

Beberapa solusi yang berhasil disepakati, antara lain:

  • Orang tua/wali peserta didik berkomitmen untuk membimbing dan memantau putra-putrinya selama kegiatan pembelajaran dari rumah (baik online maupun offline).
  • Wali kelas akan menyediakan rekap tugas mingguan secara offline berupa print out LK/soal latihan bagi peserta didik yang berkendala dengan pembelajaran daring. Tugas offline dapat dibawa oleh orang tua/wali peserta didik secara periodik setiap minggu, sesuai jadwal yang telah disepakati.
  • Orang tua/wali peserta didik siap mendukung program pembiasaan SMPN 1 Mande, berupa sholat dhuha, murojaah juz 30, asmaul husna, tadarusan, juga kegiatan peserta didik membantu orang tua di rumah yang dilaporkan pada setiap akhir bulan.
  • Orang tua/wali peserta didik berkomitmen untuk membatasi dan mengawasi penggunaan gadget, diluar jam pembelajaran terjadwal.
  • Orang tua/wali peserta didik dengan wali kelas menyepakati untuk melakukan pertemuan rutin tiap bulannya. Pertemuan ini, sebagai wujud komunikasi dan konsolidasi antara pihak orang tua/wali peserta didik dengan sekolab dalam rangka memantau dan mengevaluasi perkembangan kegiatan BDR putra-putrinya.
Baca Juga:  Sepekan Perjalanan PARADISE ONLINE Satman

Alhamdulillah terjalin komunikasi dan koordinasi yang sangat baik antara orang tua/wali peserta didik dengan pihak sekolah (wali kelas), orang tua/wali peserta didik cukup kooperatif dalam mendukung program sekolah.

Semoga wali kelas (sekolah) bersama orang tua/wali peserta didik dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran selanjutnya. Inilah salah satu upaya sekolah dalam memaksimalkan pelayanan untuk peserta didik dan orang tua/wali. Semoga segala upaya yang telah dan akan dilakukan senantiasa diberkahi oleh Allah SWT. Aamiin…

Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini. Terima kasih kepada wali kelas, orang tua/wali peserta didik, serta tim tembak thermogun SMPN 1 Mande (pak Yosep dan pak Aris). Juga tak lupa, special thank’s to Abah Entah dan Mas Yudi, orang-orang dibalik layar yang telah mempersiapkan seluruh ruangan dengan baik. Semoga semua lelah yang terasa dibalas amal sholeh oleh Allah SWT. Aamiin…

Dokumentasi Kegiatan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

6 Replies to “Merangkul Orang tua – Bersama Optimalkan Pembelajaran Daring”

Tinggalkan Balasan