Paturay Tineung Kelas IX SMPN 1 Mande Angkatan Ke-55

Senin, 19 Juni 2023 merupakan hari istimewa bagi siswa-siswi kelas IX SMPN 1 Mande Tahun Pelajaran 2022/2023. Mengapa? Sebab hari ini digelar resepsi Paturay Tineung Siswa Kelas IX SMPN 1 Mande Angkatan Ke-55. Dekorasi panggung yang indah dan megah telah dipersiapkan sebagai tempat berlangsungnya acara.

Mulai pukul 07.00 para siswa beserta orang tua/wali sudah melakukan registrasi di pintu gerbang SMPN 1 Mande. Mereka disambut oleh adik-adik OSIS yang didampingi guru-guru nan cantik.

Sekitar pukul 08.00 acara dimulai dengan parade Marching Band SMPN 1 Mande beserta para wisudawan. Para wisudawan berbaris dan berjalan menuju tempat duduk yang telah disediakan.

Kegiatan Paturay Tineung Kelas IX SMPN 1 Mande Angkatan Ke-55 mengangkat tema, “Teruskan Belajarmu, Gapai Cita-Citamu, Semoga Allah Meridhoimu”. Rangkaian kegiatan hari ini akan dipandu oleh Bpk. H. Atet Ahdiat, S.Pd yang didampingi oleh Ibu Darisa Aisyah, S.Pd selaku MC.

Susunan acara dari kegiatan Paturay Tineung Siswa Kelas IX SMPN 1 Mande Angkatan Ke-55 Tahun 2023, adalah sebagai berikut:

  • Upacara Adat
  • Pembukaan
  • Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
  • Menyayikan Lagu Indonesia Raya dan Mars SMPN 1 Mande
  • Sambutan-sambutan
  • Pengumuman Siswa Berprestasi
  • Prosesi Wisuda
  • Doa Tutup
  • Hiburan

Upacara Adat

Para petugas upacara adat berasal dari kelas VII dan VIII yang turut memeriahkan perhelatan Paturay Tineung Siswa Kelas IX Angkatan Ke-55 ini.

Diawali dengan penjemputan Kepala Sekolah beserta jajaran Wali Kelas IX oleh Ki Lengser.

Berikutnya para penari beserta Ki Lengser menjemput 10 wisudawan sebagai perwakilan tiap kelas untuk mengikuti prosesi upacara adat.

Di depan Kepala Sekolah dan para Wali Kelas, dua orang perwakilan wisudawan menerima pengalungan bunga serta map ijazah secara simbolik.

Selanjutnya dilanjutkan dengan prosesi Sungkeman, dimana kesepuluh wisudawan bersimpuh dihadapan wali kelasnya untuk memohon maaf serta meminta doa restu untuk melanjutkan pendidikan di jenjang berikutnya.

Lepas acara sungkeman, tiba saatnya pengembalian siswa-siswi kelas IX dari sekolah kepada orang tua, sebagai tanda telah usainya masa pendidikan mereka di sekolah. Secara simbolik Kepala Sekolah mengembalikan berkas siswa-siswi kelas IX kepada Ketua Komite, sebagai perwakilan orang tua.

Dengan diterimanya kembali berkas siswa kelas IX oleh Ketua Komite, maka rangkaian upacara adat pun selesai.

Baca Juga:  Semarak Bulan Bahasa, Hari Santri, Sumpah Pemuda, dan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020 (part3)

Selanjutnya MC membuka acara dengan ucapan basmalah bersama-sama. Kemudian seluruh peserta dan tamu undangan menyimak lantunan kalam ilahi nan merdu yang dibacakan oleh Ananda Dian Muhamad Saleh (VIII-D).

Berikutnya Paduan Suara Siswa SMPN 1 Mande, asuhan Ibu Darisa menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars SMPN 1 Mande.

Sebelum berlanjut pada acara sambutan, diselingi penampilan tari kolosal dari adik-adik kelas para wisudawan.

Sambutan-sambutan

Kegiatan Paturay Tineung ini alhamdulillah dapat dihadiri oleh seluruh tamu undangan dari Disdikpora Kabupaten Cianjur beserta aparat dan perangkat desa yang ada di Kecamatan Mande serta Desa Bobojong.

  • Sambutan Kabid SMP Disdikpora Kabupaten Cianjur (Bpk. Helmi Halimudin, S.Pd, M.Pd), beliau menyampaikan:
    • Selamat kepada para siswa yang telah lulus dari jenjang SMP dan semoga dapat melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.
    • Kalianlah yang akan menjadi generasi unggulan dalam menyongsong Indonesia Emas tahun 2045.
    • Orang tua/wali siswa dimohon dapat memantau kegiatan putra-putrinya untuk mencegah kegiatan perundungan yang sedang marak terjadi, perlu adanya sinergi antara orang tua, guru dan masyarakat untuk mencegah hal tersebut.
  • Sambutan Camat Kecamatan Mande (Ibu Lela Nurlela), dalam sambutannya beliau menyampaikan:
    • SMPN 1 Mande adalah pencetak generasi unggul yang telah terbukti dengan prestasi yang telah diraih.
    • Teruslah berprestasi, raih mimpi, jadilah generasi kuat, jangan mau jadi orang biasa tapi jadilah orang yang luar biasa dan jangan nikah dulu.
  • Sambutan Kepala SMPN 1 Mande (Bpk. Asep Supriadi, S.Sn, M.Pd), beliau menyampaikan:
    • Tahun ini sebanyak 455 siswa telah lulus dari SMPN 1 Mande, 320 siswa induk dan 135 siswa SMP Terbuka.
    • Setiap tahunnya hampir 45% siswa SMPN 1 Mande berdomisili di Desa Bobojong, maka mari bersekolah di SMPN 1 Mande.
    • Untuk para wisudawan, lanjut ke SMA/SMK terdekat jangan sampai ada yang putus sekolah.
  • Sambutan Komite Sekolah (Bpk. H. Didin Jamaludin RAS, S.E, M.M ), dalam sambutannya beliau berpesan:
    • Lanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, jangan dulu menikah.
    • SMA/SMK tersedia dekat disekitar kita, tidak ada alasan untuk putus sekolah.
    • Terima kasih kepada bapak/ibu guru SMPN 1 Mande yang telah mendidik dan membimbing putra/putri kami hingga lulus sekolah.
  • Sambutan Perwakilan Dewan Guru, yang disampaikan oleh Bpk. Deni Kurnia, S.Pd.I melalui sebuah puisi beliau berpesan jadikanlah perpisahan ini sebagai gerbang untuk meraih mimpi, menentang batas, meraih cita-cita. Ingatlah selalu dibalik kesuksesan kalian ada andil bapak/ibu guru yang pernah singgah dalam kehidupan kalian. Tetap jaga asa dan teruslah berkarya, semoga Allah senantiasa meridhoi.
Baca Juga:  Laporan Dokumentasi PARADISE Online
  • Sambutan Perwakilan Siswa Kelas IX, yang disampaikan oleh Ananda Sekar Tri Ayu Ningsih, ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada dewan guru yang telah sabar menghadapi tingkah laku kami, serta mohon doa agar ilmunya bermanfaat, masuk sekolah yang diinginkan, serta menjadi orang yang berguna.
  • Sambutan Ketua OSIS (Nadifta Alrizki Maulid Sofyan), dalam sambutannya ia menyampaikan bukan selamat tinggal yang akan terucap, melainkan mengenang momen indah kebersamaan, terima kasih untuk keteladanannya, dan teruskan semangat juang untuk melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi.

Pengumuman Siswa Berprestasi

Selepas sambutan, dilanjutkan dengan pengumuman siswa bresprestasi, yang terbagi menjadi dua kategori, yaitu:

  1. Juara umum 3 terbaik
  2. Juara 3 terbaik di setiap kelas

Untuk juara umum, mendapatkan kehormatan pemberian penghargaan langsung diberikan oleh Kabid SMP Disdikpora Kabupaten Cianjur, Bpk. Helmi Halimudin, S.Pd, M.Pd. Peraih 3 nilai terbaik untuk angkatan ke-55 ini adalah:

  1. Rama Apriana (IX-J) dengan jumlah nilai 988
  2. Delfa Fatima Azzahra (IX-I) dengan jumlah 978
  3. Tashla Paradisiaca (IX-A) dengan jumlah nilai 974

Sebelum berlanjut pada penghargaan juara kelas, diselingi hiburan tari saman yang indah.

Dilanjutkan dengan persembahan suara merdu dari paduan suara siswa kelas IX yang menyanyikan lagu Terima Kasihku dan Sapu Nyere Pegat Simpay.

Untuk juara 3 besar setiap kelas adalah sebagai berikut:

Penghargaan juara 3 diberikan oleh Ibu Siti MK Nurjanah, S.Pd

Penghargaan juara 2 diberikan oleh Bpk. Kristiarso HP, S.Pd, M.M

Penghargaan juara 1 diberikan oleh Bpk. Asep Supriadi, S.Sn, M.Pd

Prosesi Wisuda

Rangkaian acara demi acara telah dilalui, kini tiba pada acara puncak yang dinanti yaitu prosesi wisuda. Prosesi wisuda berupa pengalungan medali dan penerimaan map ijazah yang diberikan oleh Kepala Sekolah bersama Ketua Komite Sekolah untuk setiap siswa. Dilanjutkan dengan ucapan selamat kepada para wisudawan dari para Pembantu Kepala Sekolah.

Alhamdulillah…tepat pukul 11.20 prosesi wisuda selesai. Selanjutnya serah terima cenderamata dari wisudawan kepada sekolah diberikan secara simbolik, diterima oleh Kepala Sekolah. Para wisudawan pun memberikan sumbangan untuk pembangunan lapangan. Jazakallah khoiran katsiron…

Sebelum acara ditutup, panitia ternyata menyediakan door prize untuk para orang tua/wali yang menghadiri. Dibawah kursi yang diduduki bagi yang terdapat kertas bernomor dapat ditukarkan dengan hadiah hiburan yang telah disediakan.

Baca Juga:  Melepas 3 Personil Satman: Semoga Keberkahan Senantiasa Menyertaimu

Akhirnya acara inti pun selesai dan ditutup sementara dengan doa. Selepas dzuhur acara akan dilanjutkan dengan acara hiburan, berupa kreasi seni.

Hiburan

Selepas dzuhur, acara hiburan dimulai yang dipandu oleh Bpk. Enjang Fathul Mujib, S.Pd. Tampilan kreasi seni dari kelas VII, VIII, dan IX disajikan dengan begitu menarik, mulai dari lantunan suara merdu, puisi, hingga tarian yang indah juga epik.

Dewan guru dan staf tata usaha pun tidak mau ketinggalan, turut memeriahkan acara hiburan. Diawali dari penampilan Bpk. H. Atet Ahdiat, S.Pd yang menyumbangkan suara merdunya.

Ditutup dengan penampilan Saayana Band, grup band SMPN 1 Mande yg terdiri dari, Bpk. Drs. Aah Havid, Bpk. Dida Purnama, Bpk. Yosep Sopyan, dan Bpk. Aden Salman sebagai personilnya. Dimeriahkan dengan suara emas Ibu Ari Nur Safitri R, Bpk. Enjang Fathul Mujib, S.Pd, dan Bpk. Asep Supriadi, S.Sn, M.Pd.

Alhamdulillah…ditutup dengan kegiatan hiburan yang sangat meriah, rangkaian kegiatan Paturay Tineung Kelas IX SMPN 1 Mande Angkatan Ke-55 telah selesai. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam mensukseskan acara ini, semoga menjadi amal kebaikan dan dibalas oleh Allah SWT.

Mohon maaf jika ada momen yang terlewat diabadikan dalam artikel ini dan tidak sempat memasukan video (fotonya terlalu banyak hehehe…) 🙏🏻 🙏🏻🙏🏻

Untuk video-video kegiatan nantikan d chanel youtube atau di media sosial Satman lainnya. Terima kasih 🙏🏻🙏🏻🙏🏻