Sanroh SMPN 1 Mande – Merajut Ukhuwah dalam Madrasah Ilmu

Assalamu’alaikum, sahabat Satman…semoga Ridho Allah SWT senantiasa menaungi kita semua. Salah satu kegiatan yang paling dirindukan oleh seluruh warga Satman, adalah kegiatan Sanroh (Santapan Rohani) yang biasanya dilaksanakan rutin setiap bulan bergantian di rumah salah satu keluarga satman. Namun, sejak pandemi melanda kegiatan ini sempat terhenti. Alhamdulillah pada Selasa siang ini (25 Agustus 2020), kegiatan Sanroh dapat terlaksana sehingga dapat recharge keimanan kita bersama.

Bertempat di Mesjid Darul Ulum kita tercinta, pada kesempatan kali ini Sanroh SMPN 1 Mande dapat menghadirkan Ustadz Eri Muhammad (Pimpinan Majlis Ta’lim Baitul Ummah Cianjur). Beliau hadir dengan mengusung tema, “Makna Beribadah dan Kemerdekaan”. diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, Q.S. Az-Zariyat: 56-58 berikut:

Inti dari ketiga ayat di atas adalah mengajarkan kita tentang penciptaan jin dan manusia, yang tiada lain hanyalah untuk beribadah kepada Allah. Lalu apakah ibadah itu? Ibadah adalah kepatuhan, kepasrahan, dan ketaatan untuk dapat menjalankan segala sesuatu ketentuan sesuai dengan syariat Allah. Ketika seorang manusia beribadah, maka ibadahnya itu sesungguhnya untuk dirinya sendiri. Begitu juga ketika seorang manusia bermaksiat, maka adzabnya pun untuk dirinya sendiri. Allah tidak membutuhkan ibadah kita tapi diri kita sendirilah yang membutuhkan ibadah tersebut.

Baca Juga:  Rindu Readathon

Dikaitkan dengan peringatan kemerdekaan pada bulan ini, apakah arti dari kemerdekaan? Lalu bagaimana pula merdeka dalam ibadah? secara sederhana merdeka dapat diartikan sebagai kebebasan. Sementara jika dikaitkan dengan ibadah, bukan berarti bebas dalam melakukan ibadah sesuka hati. Melainkan bebas beribadah sesuai dengan syariat Allah, bukan syariat manusia.

Demikianlah sedikit materi yang dapat saya tuliskan sebagai hasil dari kegiatan Sanroh hari ini. Semoga menjadi pengingat bagi kita semua untuk terus-menerus memperbaiki ibadah kita.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

6 Replies to “Sanroh SMPN 1 Mande – Merajut Ukhuwah dalam Madrasah Ilmu”

Tinggalkan Balasan