Srikandi Satman Siap Berlaga di KSN SMP Tahun 2021

Kompetisi Sains Nasional (KSN) jenjang SMP adalah salah satu wahana kompetisi tahunan di bidang Matematika, IPA, dan IPS yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional dibawah Sekretariat Jendral Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan yang berkarakter, khususnya bidang sains dan mengembangkan budaya belajar, kreativitas, serta motivasi berprestasi. KSN SMP tahun 2021 mengusung tema, “Aku Hebat, Aku Sehat, Indonesia Kuat.”

Mengingat Indonesia saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, pelaksanaan KSN SMP tahun ini kembali dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan internet. Pelaksanaan KSN SMP dilakukan melalui aplikasi android yang dapat diakses pada gadget peserta.

Tahap Persiapan

Sebelum pelaksanaan kegiatan, setiap sekolah wajib melakukan pendaftaran di portal KSN pada website https//:smp.pusatprestasinasional.kemendikbud.go.id. Sebagai tahap persiapan, setiap sekolah harus melakukan registrasi dengan melampirkan berkas:

  • Surat pernyataan peserta KSN
  • Surat tugas pembimbing
  • Surat pernyataan satuan pendidikan

Setelah biodata dan berkas lengkap maka admin sekolah wajib klik generate untuk menyelesaikan tahap registrasi dan akun peserta pun selesai dibuat. Setelah memiliki akun, tiap peserta wajib unduh aplikasi android KSN di gadgetnya masing-masing untuk pelaksanaan simulasi dan lomba. Pendaftaran KSN SMP berakhir pada 14 Agustus 2021 lalu.

Baca Juga:  Laporan Dokumentasi PARADISE Online

Simulasi KSN SMP Tahun 2021

Setelah memiliki akun peserta, telah dilakukan simulasi KSN beberapa kali, yaitu:

Alhamdulillah kedua simulasi dapat diikuti dengan lancar oleh setiap peserta. Untuk persiapan terakhir sebelum pelaksanaan lomba, juga telah dilksanakan latihan soal terakhir pada jadwal berikut:

  • IPS, 1 dan 3 September 2021 pukul 08.00
  • IPA, 1 September 2021 pukul 13.00 dan 3 September 2021 pukul 14.00
  • Matematika, 2 dan 4 September 2021 pukul 08.00

Peserta KSN SMPN 1 Mande Tahun 2021

Tahun ini, SMPN 1 Mande mengirimkan srikandi-srikandi terbaiknya di bidang Matematika, IPA, dan IPS, siapa saja mereka? Ini dia profil singkat ketiga peserta KSN SMPN 1 Mande Tahun 2021:

Peserta KSN Bidang Matematika

Nama Lengkap : Sopia Amellia

Kelas : VIII-I

Tempat/Tanggal Lahir : Cianjur, 15 Juni 2007

Alamat : Kp. Cibogo RT/RW 001/001 Desa Sukajadi Kecamatan 

Pembimbing : Ibu Darisa Aisyah, S.Pd

Peserta KSN Bidang IPA

Nama Lengkap : Neli Nuraeni

Kelas : IX-G

Tempat/Tanggal Lahir : Cianjur, 01 Agustus 2006

Alamat : Kp. Panuusan RT. 03, RW. 01, Desa Sindangraja, Kec. Sukaluyu, Kab. Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga:  Semarak Bulan Bahasa, Hari Santri, Sumpah Pemuda, dan Maulid Nabi SAW 2020 (part2)

Pembimbing : Ibu Yuni Choirunnisa, S.Pd

Peserta KSN Bidang IPS

Nama Lengkap : Leli Ajijatul Barkah

Tempat/Tanggal Lahir : Cianjur, 05 Mei 2006

Alamat : Kp. Kebon Kalapa

Pembimbing : Ibu Eem Rohimah, S.Pd

Inilah putri-putri terbaik Satman yang siap berlaga pada KSN SMP Tingkat Kabupaten Tahun 2021, yang akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal berikut:

Untuk seluruh Sahabat Satman…mari kita dukung dan doakan agar mereka dapat berjuang dan meraih hasil terbaik untuk mewujudkan Satman Juara!!!

  •  
  •  
  •  
  •  
  •