Catatan dari PKKS SMPN 1 Mande

Bismillah, pada tanggal 27 Oktober 2022, di SMPN 1 Mande dilaksanakan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah atau disebut juga PKKS.

Program ini awalnya akan dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2022, Alhamdulillah mundur 1 minggu  dan kita masih punya waktu untuk mempersiapkannya.

Sebelum menguraikan kegitan PKKS di SMPN 1 Mande ini mari kita kenali  dulu apa itu PKKS.

Menurut Permendiknas N0 28 Tahun 2010 tentang Penugasan guru sebagai kepala sekolah/madrasah, Pasal 12 menyatakan bahwa:

(1) Penilain Kinerja  Kepala Sekolah/Madrasah dilakukan secara berkala setiap tahun dan secara kumulatif setiap empat tahun;

(2) Penilaian kinerja tahunan dilaksanakan oleh pengawas sekolah /madrasah;

(3) Penilaian Kinerja 4 (empat) tahunan dilaksanakan oleh atasan langsung dengan mempertimbangkan penilaian kinerja oleh tim penilai yang terdiri dari pengawas sekolah/madrasah, pendidik, tenaga kependidikan dan komite sekolah dimana yang bersangkutan bertugas.

(4) Penilaian kinerja sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi: 

a. usaha pengembangan sekolah/madrasah yang dilakukan selama menjabat kepala sekolah/madrasah; 

b. peningkatan kualitas sekolah/madrasah berdasarkan 8 (delapan) standar nasional pendidikan selama di bawah kepemimpinan yang bersangkutan; dan

Baca Juga:  Merangkul Orang tua - Bersama Optimalkan Pembelajaran Daring

 c. Usaha pengembangan profesionalisme sebagai kepala sekolah/madrasah; 

(5) Hasil penilaian kinerja dikategorikan dalam tingkatan amat baik, baik, cukup, sedang atau kurang. 

(6) Penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah dilaksanakan sesuai pedoman penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah yang ditetapkan oleh Direktur Jenderal.

Adapun Tim Penilai PKKS di SMPN 1 Mande terdiri dari 2 orng pengawas dari DISDIKPORA Kab.Cianjur yaitu Ibu Dra. Nuraeni, M.Pd dan Bapak R. Bambang Hermawan, S.Pd.,MM.Pd.

Untuk menunjang kelengkapan berkas PKKS ini kami sudah membentuk tim dari tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Yang masing-masing membidangi 8 Standar Nasional Pendidikan,yaitu :

  1. Standar Isi

2. Standar Proses 

3.Standar Kompetensi Lulusan 

4.Standar Pendidik dan Kependidikan 

5.Standar Sarana dan Prasarana

6, Standar Pengelolaan  

7. Standar Pembiayaan

8. Standar Penilaian Pendidikan

PKKS  ini diawali dengan program readathon kolaborasi bidang Bahasa dan Seni. Tarian persembahannya yaitu “Wonder Land “ asuhan Bu Syifa dan team. Selain bidang kesenian  ada puisi, speech contest, pantomim dan persembahan lainnya yang tentunya menarik untuk dinikmati.

Dibuka oleh bapak Kabid Bina SMP Bpk Helmi Halimudin,S,Pd.,M.Si dilanjutkan dengan penilaian per standar.

Baca Juga:  Susunan Pengurus DKM Darul Ulum Periode 2020-2025

Ada yang menarik dari PKKS ini yang sebelumnya kita sempat merasa sedikit tegang ternyata berhadapan dengan bunda yang satu ini membuat kita merasa tenang dan senang   dalam menyimak arahan serta bimbingan  dari beliau. 

Penilaian yang diperkirakan selesai sore ini ternyata sekitar jam 12.30 kegiatan ini dapat selesai.

Adapun  beberapa catatan yang perlu diperbaiki diantaranya:

1.Membuat Tim Pengembang Sekolah

2.Analisa Rapot Mutu Sekolah 

3.Membuat RPP yang disederhanakan berdasarkan Surat Edaran Mendikbud No 14 tahun 2019 .

Semua perbaikan tersebut harus diselesaikan dalam waktu satu pekan. Semoga kita dapat menyelesaikannya tepat waktu. Alhamdulillah melalui PKKS ini mendapat tambahan ilmu. 

PKKS in Pictures