Dibuang Sayang, Materi Outbond SMPN 1 Mande yang Tetap Mengesankan

Hari Kamis, 19 November 2020 lalu, menjadi salah satu hari yang berkesan bagi keluarga besar SMPN 1 Mande. Semua pendidik dan tenaga kependidikan, larut dalam keseruan sebuah acara bertajuk “Outbond SMPN 1 Mande” yang bertempat di Kebun Raya Cibodas. Acara dimulai pukul 08.00 hingga 17.00, terdiri dari 2 bagian, yakni Outdoor learning berisi game-game inspiratif dan bagian kedua, berupa hicking menuju Canopy Trail (mohon maaf jika salah menulis) di kawasan Taman Nasional Gede-pangrango.

Menurut Bu Hj, Yanti Susilawati, selaku ketua panitia, acara outbond (yang menjadi agenda tahunan Satman) ini bertujuan untuk lebih merekatkan tali kebersamaan di antara warga Satman serta sebagai wahana untuk tadabbur-tafakur-tasyakur. Intinya, mempupuk kebersamaan dalam ketaatan.

Acara Outbond SMPN 1 Mande dan Ringkasan Materi serta Hikmah Pelajarannya

Kontributor Satman News, Bu Nina Gartina, mencatat banyak hal, terutama materi outbond itu sendiri yang menurut saya, “mundel” alias bernas. Materi ini sengaja ditampilkan di website di hari-hari terakhir bulan Desember, yang notabene akhir dari semester. Dan bagi guru-guru, ini menjadi pengingat nilai-nilai dari outbond untuk menjadi refleksi bagi pembelajaran di semester berikutnya.

Ini juga keren:  Makna Lambang dan Mars SMPN 1 Mande

Ok, sahabat langsung saja kita membahas satu per satu, materi dan nilai yang bisa kita ambil dari kegiatan tahunan tersebut.

Nilai Kegiatan

  1. Outer training, kegiatan training di alam terbuka, memiliki karakter mengalir-ikhlas-tuntas.

Semua peserta larut dalam “aliran” kegiatan, tanpa keterpaksaan, tanpa rekayasa perilaku, semua apa adanya, dan selesai dengan bahagia.

Apakah ini bisa diterapkan dalam kehidupan nyata? Bisa sekali. Jika kita melakukan sebuah kewajiban dengan penuh tanggung jawab, disertai keikhlasan, maka ketuntasannya pun akan menyenangkan.

  • Sinergi A-Z kontribusi sama

Dalam sebuah tim, sinergi mutlak diperlukan. Satu sama lain memiliki diikat dengan hasrat mencapai tujuan sama, secara bersama. Dan tentu, semua menjalankan tanggung jawabnya masing-masing sesuai yang direncanakan, dan semua memiliki kontribusi yang sama.

  • Imun harus Naik, dengan cara : Bahagia-Cerdas-Capacity Building

Imun tubuh erat kaitannya dengan kondisi psikis. Seseorang yang sakit raganya, unsure terbesar pemicunya dari psikis. Maka kondisi bahagia ini akan menjadikan seseorang memiliki kecerdasan, baik kecerdasan emosional maupun kecerdasan intelektual. Jika demikian, capacity building, ataupun pengembangan kapasitas perseorangan dalam tim akan cepat.

  • Energi baru:
  • Mutual Resfect = respon yang saling member benefit, keuntungan bersama
  • Mutual Trust = saling menanam kepercayaan satu sama lain
  • Mutual Benefit= keuntungan bersama, secara materi maupun amateri
Ini juga keren:  Program One Week One Juz SMPN 1 Mande Dimulai

Konten Kegiatan Outdoor learning

  1. Semua euporia

Kegiatan awal semacam dinamika kelompok, diikuti semua peserta, dalam lingkaran besar tanpa terputus. Intinya, mengetes kekompakkan dan sinergi.

  • Game Ekstreem Escape

Sebuah game kelompok, dengan wahananya rangkaian kotak-kotak besar untuk dilangkahi setiap anggota kelompok. Ada kotak aman, yang artinya boleh melanjutkan ke kotak berikutnya. Ada juga kotak jebakan, yang terpaksa menghentikan seseorang melangkah ke kotak selanjutnya.

Game ini mengajarkan: jika susah menerima ide dari orang lain, maka kita akan sulit melangkah dan berkembang. Juga mengajarkan me-manage emosi untuk menerima clue informasi tentang langkah yang sudah diambil rekan.

Selain nilai-nilai di atas, juga outbond SMPN 1 Mande memberikan nilai bahwa Energi positif pagi perlu dibangun. Berbagai motivasi dan afirmasi positif di awal hari, akan mendorong diri mengerjakan yang terbaik.

 Di akhir acara outdoor learning, ada sebuah kesimpulan tentang tiga tipe manusia, yaitu:

  1. Tipe Batu,Batu celup air, tetap Batu. Batu dicelupkan ke gelas berisi air, maka tetap akan menjadi batu. Ini tipe manusia yang tidak berguna, tak mampu mewarnai.
  • Tipe Soda tidak punya keabadian dlm karakternya. Bersemangat di awal, namun akan padam semangatnya di waktu yang tak lama. Tentu ini bukan tipe ideal.
  • Tipycal suplement, energi pembaharuan. Dia akan lebur dalam air, mewarnai, dan bermanfaat bagi lingkungannya. Inilah tipe ideal manusia.
Ini juga keren:  Makna Pahlawan di Mata Guru dan Siswa Satman

Begitu sahabat, beberapa nilai dari outbond Satman ini. Semoga bermanfaat.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *