Senantiasa ada hikmah di balik musibah, senantiasa ada kebaikan di balik kesulitan. Begitulah yang terjadi jika setiap fenomena disadari dan diyakini sebagai wahana uji diri. Pun dengan masa pandemi ini. Pembelajaran daring yang dijalankan selama masa pandemi Covid-19 ini, selain menyisakan kelemahan, kekurangan, dan juga masalah, juga memunculkan kreativitas.

Tak kurang dari 120 guru se Kabupaten Cianjur, berkolaborasi mencipta sebuah kreasi, menuliskan aneka pengalaman menyiasati pembelajaran daring, dengan segala rona dan dinamikanya. Terkumpul 120 artikel yang tersebar dalam 6 jilid buku keren, diterbitkan oleh Farha Pustaka. Semua artikel ini lolos setelah melewati uji kualitas dari tim penerbit.

Kegiatan kolaborasi penulisan artikel ini didukung oleh Dinas Pendidikan dan Dinas Kearsipan Kabupaten Cianjur, dan buku-buku yang diterbitkan masuk ke dalam list daftar buku di perpustakaan.

2 Guru 2 Buku, Only The Start!

Alhamdulillah, dua orang guru SMPN 1 Mande ikut dalam kolaborasi penulisan itu, yaitu saya (Deni Kurnia) dan Bu Nina Gartina. Tulisan saya diterbitkan bersama 19 tulisan guru lainnya di jilid 1 dengan judul, “Inspirasi Mengajar di Masa Pandemi”. Sedangkan tulisan Bu Nina Gartina, diterbitkan di jilid 6 dengan judul, “Akselerasi dan Adaptasi, Kisah-kisah Pengajaran di Masa Pandemi”.

Baca Juga:  Curahan Hati Untuk Umi, Puisi Spesial Ananda Sofa dan Wafa

Untuk buku pertama, “penampakannya” seperti ini:

Sedangkan buku kedua, “penampakannya” seperti ini:

Walau sederhana, namun semoga ini menjadi awal yang baik untuk mencipta karya selanjutnya, yang lebih berkualitas, bermakna, dan profesional.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
One thought on “2 Buku dari 2 Guru Satman, Kolaborasi Penulisan Inspirasi Mengajar di Masa Pandemi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *