Program One Week One Juz SMPN 1 Mande Dimulai

Tepatnya 1 Desember 2020 yang lalu, Kepala SMP Negeri 1 Mande, Pak Taufik Setiawan bersama guru dan tendik meluncurkan program membaca Al Qur’an, dengan tajuk, “One Week One Juz”.

Sesuai judul programnya, One week one juz, satu minggu semua insan pendidik dan tenaga kependidikan di Satman harus menyelesaikan tadarus minimal 1 juz dalam rentang waktu sepekan.

Tadarus mandiri ini, menurut Pak KS, sebagai upaya menciptakan sebuah habit (kebiasaan) positif untuk membiasakan diri membaca Al Qur’an, atau lebih mengintensifkan bagi yang sudah biasa membacanya.

Teknis Program One Week One Juz SMPN 1 Mande

  1. Semua guru ditentukan dari juz mana harus memulai tadarus dalam pekan tersebut.
  2. Ketika selesai membaca juz yang ditentukan, guru dan tendik melaporkan ke koordinator, untuk selanjutnya direkap.
  3. Postingan rekapan progress tadarus per person dilakukan di hari Ahad sore.
  4. Di hari Senin, guru dan tendik kembali diberi garapan tadarus di juz berikutnya. Begjtu selanjutnya.
  5. Satu juz adalah target minimal. Artinya siapapun bisa menyelesaikan lebih dari target minimal tersebut.
Baca Juga:  SMP Negeri 1 Mande Menyapa

Sekilas tentang manfaat membaca Al Quran

Berikut rangkuman berbagai manfaat membaca Alquran bagi kesehatan:

1. Membaca Al-Qur’an terbukti efektif meredakan stres dan kecemasan.
Manfaat langsung yang bisa dirasakan saat kita membaca Alquran adalah ketenangan jiwa. Sebuah studi di Universitas Salford, Inggris, membuktikan, orang-orang yang membaca dan melantunkan Alquran menjadi lebih rileks dan tenang dibanding mereka yang membaca buku biasa. 

2. Menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung
Lantunan ayat Alquran memberi efek relaksasi bagi mereka yang membaca ataupun mendengarkannya. Hal ini terbukti menjadi solusi yang paling jitu untuk menormalkan tekanan darah dan denyut jantung yang sedang tidak stabil. Proses relaksasi mengaktifkan sekaligus mengendalikan saraf otonom (saraf simpatis dan parasimpatis), sehingga akan menciptakan tekanan darah dan membuat denyut jantung stabil.

3. Meningkatkan daya ingat dan mempertajamkonsentrasi
Orang yang rajin membaca Alquran terbukti memiliki daya ingat yang lebih baik. Selain itu, membaca Alquran, juga secara otomatis mampu membuat otak lebih fokus, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi. Karenanya, sangat disarankan bagi yang bekerja di kantor untuk membiasakan diri membaca Alquran selama 10 hingga 15 menit di pagi hari, agar Anda agar lebih fokus memulai pekerjaan.

Baca Juga:  Semarak Kemerdekaan dalam Readathon Bahasa Satman

4. Membantu menghancurkan sel-sel kanker.
Salah satu hasil penelitian Dr Ahmed Al-Qadhi menyebutkan, lantunan ayat suci Alquran mampu mengembalikan keseimbangan sel-sel sehat dalam tubuh, sehingga dapat melawan sel-sel kanker. Selain itu, membaca dan mendengar lantunan ayat Alquran juga sangat baik untuk meningkatkan sel-sel imun, sehingga kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan virus dan bakteri. (suaradotcom)

Kita berharap program ini bisa menjadi pemacu dan pemicu diri kita untuk mendawamkan membaca Al Qur’an. Semoga Allah Ta’ala memudahkan kita melaksanakannya dan tetap istiqomah.

Tinggalkan Balasan

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
Instagram
WhatsApp