IHT IKM, Suntikan Semangat Baru di Tahun Baru

Untuk mempersiapkan pembelajaran yang baru di tahun pelajaran 2023/2024 menggunakan Kurikulum Merdeka. SMPN 1 Mande mengadakan Kegiatan In House Training yang dilaksanakan hari Senin – Rabu (09 – 11 Januari 2023). Selain mempersiapkan kurikulum merdeka, para guru juga mempelajari PKPNS, Analisis raport pendidikan dengan mengundang nara sumber terbaik di wilayah Cianjur yaitu Ibu Nuraeni, M.Pd dan Bapak R Bambang Hermawan, S.Pd.,MM.Pd dengan tema :“Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), PKPNS, Analisis Raport Pendidikan Dan Pembelajaran Berdeferensiasi”

Beberapa penjelasan nara sumber :

  1. Ibu Nuraeni, M.Pd

Pembelajaran Berdeferensiasi

Pembelajaran berdeferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Pembelajaran berdeferensial sangat berkaitan dengan filosofi pendidikan menuru Ki Hajar Dewantara. Terdapat 3 strategi deferensiasi diantaranya : Deferensiasi Konten, Deferensiasi Proses, dan Diferensiasi Produk.

Dalam pelaksanaannya, pembelajaran berdiferensiasi memiliki prinsip-prinsip yang digunakan, antara lain : Lingkungan belajar, kurikulum yang berkualitas, penilaian untuk hasil belajar, dan intruksi yang menjawab kebutuhan siswa

Analisis Raport Pendidikan

Perencanaan Berbasis Data (PBD) bertujuan untuk memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran serta pembenahan sistem pengelolan satuan pendidikan yang efektif, akuntabel dan konkrit.  Terdapat 3 langkah sederhana dalam proses Perencanaan Berbasis Data (PBD), yaitu Indentifikasi, Refleksi dan Benahi

Baca Juga:  Srikandi Satman Siap Berlaga di KSN SMP Tahun 2021

Kumpulan Program Benahi Analisis PBD Dikdasmen

A.1 Kemampuan Literasi

A.2 Kemampuan Numerasi

A.3 Indeks Karakter

D.4 Iklim Keamanan sekolah

D.5 Iklim Kebhinekaan

Pada kegiatan ini, guru-guru dilibatkan dalam proses perencanaan berbasis data. Secara berkelompok saling berdiskusi dan hasil kelompoknya terkumpul dalam sebuah drive.

2. Bapak R Bambang Hermawan, S.Pd.,MM.Pd

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Beberapa perubahan kurikulum : Kurikulum 2004, Kurikulum 2006, Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka

Untuk Kurikulum merdeka. Kemendisbudristek menyiapkan 3 jalur yang sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing

Jalur Kurikulum Merdeka Belajar Mandiri

Jalur kurikulum Merdeka Berubah

Jalur Kurikulum Merdeka Berbagi

PKPNS

Bapak Bambang menjelaskan tata cara pengisian aplikasi PKPNS.  Penilaian prestasi kerja PNS adalah suatu proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh pejabat penilai terhadap sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja PNS.

Ilmu yang diberikan dari naras umber tersebut sangat membantu kepada pendidik dan staf kependidikan. Diakhir kegiatan, pa Bambang mendapatkan oleh-oleh berupa sketsa/lukisan dari salah satu guru seni SMPN 1 Mande Bernama Pa Aden.

Baca Juga:  Webinar 3 Gemas Literasi, Seminar Online Guru Penulis Disdik Cianjur