Laboran Cilik SMPN 1 Mande

Laboratorium IPA adalah salah satu fasilitas atau sarana prasarana pendidikan yang wajib dimiliki di tingkat Sekolah Menengah Pertama. Fasilitas ini akan sangat menunjang karakteristik IPA sebagai bagian dari sains. Mayoritas peserta didik sangat antusias ketika diajak melaksanakan pembelajaran di laboratorium.

Tapi bukan itu yang akan saya bahas dalam artikel ini. Kali ini saya akan membahas anak-anak hebat yang tidak hanya antusias untuk belajar di lab IPA tapi juga gemar ‘beberes’ lab IPA. Mereka adalah anak-anak hebat yang rela meluangkan waktunya untuk membantu Kepala Lab IPA memelihara dan mengurus lab IPA.

Bagaimana Awal Mulanya Laboran Cilik Dibentuk?

Berawal dari tidak adanya laboran IPA di SMPN 1 Mande, tim laboran cilik dibentuk oleh Kepala Laboratorium IPA SMPN 1 Mande, Ibu Yuliana Gultom, S.Pd., M.Pd. pada tahun pelajaran 2019/2020. Pada saat itu, SMPN 1 Mande sedang membangun ruang kelas baru sehingga kelas VIII-G untuk sementara ditempatkan di Lab IPA. Selanjutnya, Ibu Yuliana Gultom, sebagai Kepala Lab IPA sekaligus Wali Kelas VIII-G berinisiatif untuk mengajak putra-putri didiknya untuk membantu merawat dan memelihara Lab IPA.

Sejak saat itu, setiap pekannya secara rutin mereka merawat dan memelihara peralatan di Lab IPA, dibawah pengawasan Ibu Yuliana Gultom. Tanpa terasa setahun sudah mereka bertugas. Meskipun sekarang Ibu Yuliana Gultom sudah bukan Wali Kelas mereka lagi, tapi mereka tetap berkomitmen untuk terus mengabdi menjadi Laboran Cilik.

Baca Juga:  Sanroh SMPN 1 Mande Bersama KH. Moh Wawan Ridwan: Memaknai Maulid Nabi

Apa Saja Kriteria Pemilihan Laboran Cilik?

Berikut paparan Ibu Yuliana Gultom, S.Pd., M.Pd. tentang kriteria pemilihan laboran cilik:

Kalau basic pemilihan secara umum, saya milih mereka. Sebelum deal, saya tanya dulu, mereka mau ga, dan ini ga cuma sekali kali, tp rutin. Alhamdulillah mereka setuju. Trus kenapa 8G (awalnya) semua. Karena mereka kelasnya di Lab 😀😀. Jadi dekat lah kalau ada apa apa.

Nah basic pemilihan secara khusus:

  1. Termasuk ranking 10 besar
  2. Perilakunya sopan, ga pernah kasus 🙂
  3. Rajin, ga usah disuruh, di kelas juga sering kreatif membantu
  4. Tepat janji, jadi kalau kita janjian, mereka hampir selalu menepati. Termasuk on time.

Masya Allah…ternyata anak-anak ini benar-benar anak-anak berprestasi y…

Siapa Saja Laboran Cilik itu?

Inilah profil anak-anak hebat, laboran cilik pengelola Laboratorium IPA SMPN 1 Mande.

Roniansyah

Lahir di Cianjur, pada tanggal 4 Mei 2005. Memiliki hobi berenang.

Alasan/motivasi mau jadi tim lab SMPN 1 Mande: menjadi tim lab SMPN 1 Mande adalah suatu kebanggaan dan kepuasan bagi saya, dimana saya dapat menemukan hal-hal baru yang belum saya ketahui.

Baca Juga:  Keluarga Satman Berduka, Ibunda Pak Krisna Meninggal Dunia

Kesan pesan setelah jadi tim lab: saya senang bisa menjadi salah satu anggota tim lab SMPN 1 Mande. Saya harap, saya masih bisa menjadi anggota tim lab, meskipun nanti saya sudah lulus dari sekolah SMPN 1 Mande.

Iman Ibrahim Jibril

Lahir di Cianjur, pada tanggal 1 Desember 2005. Memiliki hobi membaca.

Alasan/motivasi mau jadi tim lab SMPN 1 Mande: tidak semua orang dapat amanah jadi tim lab SMPN 1 Mande dan itu adalah kebanggaan tersendiri bagi saya.

Kesan pesan setelah jadi tim lab: kegiatan ini membuat saya lebih rajin dan kegiatan ini juga mengisi waktu luang saya dengan hal yang bermanfaat.

Nabila Pebriani

Lahir di Cianjur, pada tanggal 28 Februari 2006. Memiliki hobi membaca dan mendengarkan musik.

Alasan/motivasi mau jadi tim lab SMPN 1 Mande: saya belajar bagaimana susahnya mencari uang sendiri dan memang tidak segampang yang saya bayangkan, saya juga belajar hal-hal baru yg tidak saya dapatkan di rumah.

Kesan pesan setelah jadi tim lab: saya sangat senang bisa bergabung dengan tim lab SMPN 1 Mande karena saya bisa mengisi waktu luang saya dengan hal ini dan saya harap hal ini dapat membantu saya di masa depan.

Baca Juga:  Merangkul Orang tua - Bersama Optimalkan Pembelajaran Daring

Lastri Lestari

Lahir di Cianjur, pada 10 Agustus 2005. Memiliki hobi main dan membaca.

Alasan/motivasi mau jadi tim lab SMPN 1 Mande: membantu ibu terutama, dan saya memang suka IPA jadi itung-itung sambil belajar Ilmu dan belajar mandiri.

Kesan pesan setelah jadi tim lab: saya dapat merasakan mencari uang itu tidak mudah dan bisa mandiri. Insya Allah semoga Lastri tetap bisa menjalankan amanah dari ibu sampai kedepannya.

Masya Allah…setelah membaca profil mereka, begitu bersyukur memiliki putra-putri yang hebat seperti mereka. Semoga pengorbanan waktu dan tenaga yang telah kalian berikan dibalas amal sholeh. Yakin tidak akan ada kesia-siaan dari apa yang telah kalian kerjakan. Semoga ada regenerasi untuk angkatan selanjutnya. Terus berkaya anak-anakku….

Dokumentasi Kegiatan

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

6 Replies to “Laboran Cilik SMPN 1 Mande”

Tinggalkan Balasan