PARADISE

Menjemput Pahala di Bulan yang Penuh Berkah dan Semoga Menjadi Washilah untuk Berubah

Tagline yang sungguh panjang, namun sarat harapan. Demikianlah judul artikel kali ini. PARADISE adalah akronim dari Paket Ramadhan di Sekolah. Merupakan program pembinaan keimanan dan ketaqwaan bagi seluruh peserta didik SMP Negeri 1 Mande selama bulan suci Ramadhan.

Paradise pertama kali digulirkan  tahun ajaran 2020/2021, dengan nama program Paradise online. Wabah C-19 yang berjangkit di seluruh dunia, termasuk Indonesia, membawa perubahan radikal dalam setiap sendi kehidupan manusia. Termasuk bidang pendidikan. Proses pembelajaran tidak bisa dilaksanakan di sekolah, terkait penutupan semua fasilitas umum dan pembatasan interaksi di ruang publik. Paradise online digulirkan untuk mengantisipasi pendidikan karakter peserta didik yang saat itu tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Apalagi bulan Ramadhan bagi umat Islam merupakan waktu yang sangat baik untuk memperbaiki kualitas keimanan dan ketaqwaan.

Untuk tahun ajaran 2022/2023, Paradise dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
✅Peserta didik wajib mengikuti kegiatan paradise ramadhan sesuai jadwal, karena kegiatan ini sebagai pengganti kegiatan belajar biasa.
✅ Jadwal dimulai pukul 08.00 sampai 10.00
✅ Amati jadwal kalian ke sekolah Sesuai jadwal yg di share.
✅ Jadwal ke sekolah di jeda 1 hari
✅ Untuk siswa yang belajar di sekolah ada *kelas digital* secara bergiliran sebanyak 3 kelas (kegiatan di kls VIII A-B, dengan melaksanakan shalat duha dan tilawah terlebih dahulu di masjid)
✅ Selain kelas digital shalat duha dan tilawah dilaksanakan di kelas masing-masing
✅ Pakaian senin-kamis menggunakan seragam sesuai aturan, setiap jumat busana muslim sepatu dan kerudung bebas
✅ Kelas harus selalu bersih, siap digunakan utk sholat dhuha.
✅ Jadwal piket kebersihan tetap berlaku
✅ Membawa alat sholat, sajadah, Al-Quran, buku kegiatan ramadhan, dan buku catatan PAI
✅ Setiap hari sebelum berbuka puasa akan di kirimkan vidio keagamaan untuk dijadikan catatan pada buku ramadhan
✅ Siapkan infaq terbaik
✅ Jadwal masuk diantaranya:
Minggu ke 1
Kelas 7/8/9 (A – E) = Senin, Rabu, Jum’at
Kelas 7/8/9 (F – J) = Selasa, Kamis
Minggu ke 2
Kelas 7/8/9 (A – E) = Selasa, Kamis,
Kelas 7/8/9 (F – J) = Senin, Rabu,
Minggu ke 3
7/8/9 (A – E) = Selasa, Kamis
7/8/9 (F – J) = Senin, Rabu, Jumat

Baca Juga:  Rindu Readathon
Kegiatan di kelas digital

Program Paradise telah disiapkan sebelum bulan Ramadhan oleh tim mapel PAIBP. Selain program pelaksanaan kegiatan, jadwal, materi dan lain sebagainya, persiapan tahun ini juga meliputi pengambilan video tausiyah oleh peserta didik yang akan ditayangkan di chanel youtube Satman Juara. Konten tausiyah akan ditayangkan pukul 17.00 setiap hari selama bulan Ramadhan. Materi tausiyah menjadi salah satu bahan laporan wajib kegiatan Ramadhan peserta didik SMPN 1 Mande. Adapun pemberi tausiyah adalah peserta didik kelas 7, 8 dan 9, perwakilan dari setiap kelas.

Kegiatan sholat dhuha peserta didik putri di Masjid Darul ‘ulum

Selain kegiatan yang telah diagendakan sebelumnya, Paradise tahun ini juga berisi kegiatan insidental yang tidak direncanakan sebelumnya. Meski jadwal kehadiran peserta didik tidak setiap hari ke sekolah, guru dan tenaga kependidikan wajib untuk hadir setiap hari di sekolah. Para guru yang tidak memiliki jadwal mengisi materi di kelas, melaksanakan tadarus bersama di lantai 2 masjid Darul ‘ulum.

Tadarus para guru di lantai 2 Masjid Darul ‘ulum SMPN 1 Mande

Semua kegiatan diatas tidak lepas dari ikhtiar agar para peserta didik SMP Negeri 1 Mande memiliki akhlak mulia, beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh kebaikan yang dijanjikan Alloh SWT. Semoga seluruh keluarga besar Satman memperoleh nikmat dan barokah bulan Ramadhan.

Baca Juga:  Dari Satman untuk Cianjurku

Selamat menjalankan ibadah bulan puasa 1444 H.