Pelatihan Model-model Pembelajaran Guru PAI di Lingkungan Kantor Kemenag Cianjur

Tanggal 21-26 November 2022, dilaksanakan Pelatihan Model-model Pembelajaran Guru PAI Angkatan IV. Kegiatan pelatihan ini terselenggara atas kerjasama Pokjawas Kementerian Agama Kabupaten Cianjur dengan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Bandung.

Pelatihan tentang model-model pembelajaran sangat diperlukan untuk diaplikasikan dalam pembelajaran. Model-model pembelajaran ini sesuai dengan kurikulum manapun, baik yang masih memberlakukan kurikulum 2013, ataupun Kurikulum Merdeka.

Pelatihan diikuti oleh 40 guru PAI dan Pengawas PAI di bawah Kementerian Agama, yang mengajar di SD, SMP, dan SMA/SMK.

Menurut Pak H. Supyan, S.Ag.,M.Pd, selaku ketua panitia, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu guru PAI di lingkungan Kementerian Agama, sebagai adaptasi pemberlakuan Kurikulum Merdeka.

Ketua Panitia dari Balai Diklat Keagamaan, menjelaskan bahwa pelatihan ini berdurasi 60 jam pelajaran. Pelatihan akan dibimbing 3 narasumber, di antaranya Bapak Dr Muhammad Fauzan, dan Bu Emma. Bu Emma ini adalah salah satu widyaiswara yang sudah 3 kali bertemu dengan saya dalam 3 pelatihan yang berbeda.

Beliau pun menawarkan untuk Rencana Tindak Lanjut (RTL), para peserta menuliskan dalam bentuk karya ilmiah, dan akan dibantu untuk dimuat dalam laman jurnal terverifikasi.

Baca Juga:  Karya Nyata Pak Iman Sunarya, Kontribusi Untuk Bina Generasi

Mewakili Kepala Kemenag, Pak Asep Khoiru Mukmin, M.Pd, Kepala Kasubag TU, menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran kepala Kemenag karena ada agenda lain.

Beliau berharap agar selepas pelatihan, Guru PAI dan pengawas PAI bertambah ilmu dan dinaikkan derajatnya oleh Allah SWT.

Di akhir sambutan, beliau menguatkan informasi bahwa salah satu program kementerian agama adalah DIGITALISASI dalam segala bidang.

Tak lupa beliau membuka secara resmi kegiatan pelatihan ini, mewakili kepala Kemenag Kabupaten Cianjur.

Sekilas Acara

Dalam acara pembukaan, yang menjadi pembawa acara adalah Bu Eli Latifah, S.Ag.,M.Pd. I. Sedangkan yang memimpin lagu Indonesia Raya adalah Bu Yani Sumarni, S.Pd.I, M.Pd.

Pak Deden Hasan Sadili, ditaklif untuk membaca ayat suci Al Qur’an.

Pa Denden menutup acara pembukaan dengan memimpin doa.