TRADISI JUARA CABANG BULUTANGKIS PGRI RANTING MANDE TENGGARA

The more difficult the victory, the greater the happiness in winning (Pele)

Ranting Tenggara adalah juara bertahan cabang bulutangkis, baik putra maupun putri. Masih dalam rangkaian kegiatan memperingati hari guru ke-77, pada hari Rabu-Jumat (16-18 November 2022 dilaksanakan pertandingan bulutangkis beregu putra dan putri di Gedung Guru Mande. Cabang bulutangkis mempertandingkan 3 partai ganda untuk beregu putri dan 5 partai ganda untuk beregu putra. Tim Ranting PGRI Mande Tenggara terdiri dari Pendidik dan Tenaga Kependidikan dari SMP Negeri 1 Mande, SMP Negeri 2 Mande dan SMP Negeri 3 Mande. Tim bulutangkis putri terdiri dari 3 pasangan, yakni: Bu Imas Sukmawiati (SMPN 3 Mande) berpasangan dengan Bu Ratna Nengsih Meilawati (SMPN 1 Mande), pasangan kedua adalah Ibu Iseu Sulastri dan Ibu Lani Nurlaelani (SMPN 2 Mande) dan pasangan ketiga terdiri dari Bu Santi Kurniawati dan Bu Erma Nuranisa (SMPN 1 Mande). Sedangkan skuad putra terdiri dari Pak Cahri Cahyana dan Pak Diyan Herdiyana (SMPN 3 Mande), Pak H. Atet dan Pak Jaka Santosa (SMPN 1 Mande), Pak Masril (SMPN 2 Mande) dan Pak Deni Tirta Pawana (SMPN 1 Mande), Pak Aris Supyan Purnama berpasangan dengan Pak Enjang Fathul Mujib (SMPN 1 Mande) serta pasangan terakhir adalah Pak Nanang Sudrajat (SMPN 2 Mande) dan Pak Ruslan (SMPN 3 Mande).

Bagan pertandingan timputra dan putri cabang bulutangkis

Babak Penyisihan
Berdasarkan hasil undian pertandingan, tim putra harus bertanding dari babak penyisihan. Sementara tim putri mendapat bye, menunggu lawan di semifinal. Babak penyisihan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 16 November 2022. Pertandingan pertama mempertemukan tim putri Ranting Utara melawan Ranting Selatan dan dimenangkan Ranting Selatan dengan skor 2-1. Partai penyisihan selanjutnya berlangsung antara tim putri Ranting Barat berhadapan dengan tim putri Ranting Timur yang hasilnya dimenangkan oleh tim putri Ranting Barat dengan skor 2-1.
Setelah break sholat dzuhur dan makan siang, dilaksanakan pertandingan antara tim putra Ranting Tenggara vs Ranting Selatan dan dimenangkan oleh tim putra Ranting Tenggara dengan skor 4-1. Pertandingan terakhir di babak penyisihan mempertemukan Ranting Tengah melawan Ranting Barat, dengan skor 3-2 untuk kemenangan Ranting Barat.

Baca Juga:  Ucapan Terima Kasih dari Pak KS, Waka Kurikulum, dan Waka Kesiswaan atas Terselenggaranya Semarak Bulan Bahasa
Skuad putri berfoto bersama tim Ranting Barat
Tim Putra Rating Tenggara bersama official

Babak Semifinal
Babak semifinal dilaksanakan pada hari Kamis, 17 November 2022 mulai pukul 08.00 WIB. Pertandingan pertama mempertemukan tim putri Ranting Selatan dengan Ranting Tengah, yang dimenangkan oleh Ranting Selatan dengan skor 2-1. Pertandingan selanjutnya adalah antara Ranting Barat vs Ranting Tenggara. Pasangan pertama dari Ranting Tenggara memenangkan pertandingan 2 game langsung. Ranting Barat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui ganda kedua, juga melalui stright game. Partai ketiga merupakan penentuan bagi salah satu dari kedua tim untuk melaju ke babak final. Melalui kemenangan 2 game langsung, pasangan ganda terakhir akhirnya membawa tim putri Ranting Tenggara ke babak final untuk memperebutkan juara 1 atau 2.

Pertandingan ganda pertama tim putri Ranting Tenggara vs Ranting Barat
Pertandingan ganda ketiga Ranting Utara melawan Ranting Timur

Di sektor putra, semifinal pertama mempertemukan regu putra Ranting Tenggara melawan Ranting Timur. Pasangan ganda pertama dari Ranting Tenggara memenangkan pertandingan 2 game langsung. Sayangnya, 4 pasangan selanjutnya tidak dapat memenangkan pertandingan, Ranting Tenggara menyerah dari Ranting Timur dengan skor 4-1. Dengan hasil demikian, tim putra Ranting Tenggara berhak memperebutkan juara 3 atau 4. Sementara pada pertandingan semifinal putra kedua mempertemukan Ranting Utara vs Ranting Barat dengan skor 5-0. Dengan hasil demikian, final memperebutkan juara 1 di sektor putra akan mempertemukan Ranting Timur dengan Ranting Utara.

Baca Juga:  PRAY FOR CIANJUR “Satman Bergerak”

Babak Final

Babak final dilaksanakan hari Jumat, 18 November 2022. Partai pertama memperebutkan juara 3 putri mempertemukan Ranting Barat dengan Ranting Tengah. Dalam pertandingan ini, Ranting Barat memenangkan pertandingan dengan skor 2-1. Ganda putri pertama dan kedua dari Ranting Barat memenangkan pertandingan masing masing dengan straight game. Pada pertandingan yang sudah tidak menentukan, ganda ketiga Ranting Tengah memenangkan pertandingan melalui pertarungan 3 game. Dengan demikian, Ranting Barat meraih juara ketiga putri cabang bulutangkis.

Final utama memperebutkan juara 1 antara Ranting Selatan melawan Ranting Tenggara dilaksanakan langsung setelah perebutan juara ke-3 selesai. Pertandingan pertama dapat dimenangkan dengan mudah oleh ganda pertama Ranting Tenggara melalui straight game dengan skor 21-10, 21-13. Partai kedua cukup menguras emosi penonton, . Pertandingan berlangsung dengan alot. Raihan poin kedua pasangan berjalan sangat ketat. Akhirnya ganda putri Rantai Tenggara memenangkan pertandingan melalui rubber game 2-1. Partai ketiga tidak dilaksanakan karena hasilnya dianggap tidak akan mempengaruhi hasil pertandingan secara keseluruhan. Ranting Tenggara mengalahkan Ranting Selatan 2-0. Hasil ini mengantarkan Ranting Tenggara kembali mempertahankan juara 1 cabang bulutangkis putri peringatan hari guru.

Baca Juga:  PARADISE, Sanlat Ramadhan ala Satman
Final pertama putri

Sementara final untuk putra dilaksanakan pada pukul 13.00 setelah sholat Jumat. Partai pertama memperebutkan juara 3 antara Ranting Tenggara melawan Ranting Barat. Ganda pertama Ranting Tenggara menyerah dari ganda Ranting Barat melalui pertandingan 2 game langsung. Sementara kedua, ketiga dan keempat dapat memenangkan pertandingan. Ranting Tenggara menang atas Ranting Barat dengan skor 3-1. Partai kelima tidak dipertandingkan karena sudah tidak mempengaruhi skor keseluruhan. Dengan hasil ini, Ranting Tenggara meraih juara ketiga pada gelaran rangkaian peringatan hari guru tahun 2022. Pada final utama cabang bulutangkis putra, tim putra Ranting Utara mengalahkan tim Ranting Timur dengan skor 4-1. Dengan demikian, tim putra Ranting Utara menjadi juara 1.

Hasil pada cabang bulutangkis, untuk sementara menempatkan Ranting Tenggara menjadi juara umum dalam rangkaian kegiatan memperingati hari guru ke-77 pada tahun 2022 di kecamatan Mande dengan raihan 2 medali emas dan 2 medali perunggu. Medali emas diperoleh dari cabang bola volly putra dan bulutangkis putri. Sementara medali perunggu diraih oleh tim bulutangkis putra dan bola volly putri. Ada peningkatan dari cabang bola volly putri yang tahun ini mampu meraih medali. Namun untuk bulutangkis putra, medali perunggu adalah hasil terbaik dengan skuad yang sekarang dimiliki. Walaupun gagal mempertahankan predikat juara 1, namun hasil ini patut untuk disyukuri.