Rapat Verifikasi Kenaikan Kelas 7 dan 8 SMPN 1 Mande

Hari ini, Selasa, 22 Juni 2021, seluruh dewan guru yang mengampu pembelajaran di kelas 7 dan 8, para wali kelas, tim kurikulum, dan kepala sekolah, mengadakan rapat verifikasi kenaikan kelas tahun pelajaran 2020/2021, mulai pukul 09.00.

Pak Aah Havid

Kegiatan rapat ini berlangsung di kelas 8A dan 8B, dengan tetap menjaga protokol kesehatan (promes) Covid-19, dipandu oleh Pak Drs. Aah Havid. Agenda tunggal rapat ini adalah sidang pleno kenaikan kelas, berdasar kriteria-kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Pak Kriistiarso

Sebagai pengantar, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Pak Kristiarso Hadi Pramono, M.Pd, menyoroti perubahan pola pembelajaran dari tatap muka ke pola daring (online), yang mengharuskan para guru untuk beradaptasi dengan pola ini.

Pak Taufik Setiawan

Senada dengan Pak Kris, Kepala sekolah, Pak Taufik Setiawan, S.Pd,.M.Pd, juga mengungkapkan pola pembelajaran seperti ini. Beliau juga mengatakan tentang rencana Bupati Cianjur untuk menunda Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Tahun Pelajaran 2021/2022, mengingat kasus penderita Covid-19 di Cianjur yang memperlihatkan grafik peningkatan.

Pemaparan Para Wali Kelas

Inti dari acara verifikasi kenaikan kelas ini diisi dengan pemaparan para wali kelas tentang kondisi peserta didiknya. Pemaparan ini meliputi jumlah siswa awal dan akhir, laki-laki dan perempuan, kondisi nilai dari tiap mata pelajaran, dan siswa-siswa yang memerlukan perhatian khusus.

Baca Juga:  Gelaran Debat, Kampanye, dan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMPN 1 Mande Periode 2021-2022

Setiap wali kelas secara berurutan mulai dari kelas 7A sampai terakhir kelas 8I.

Banyak hal menarik yang dikemukakan oleh wali kelas tentang peserta didik di kelasnya. Beberapa di antaranya:

  • Semangat beberapa siswa yang menurun drastis, ini perlu upaya ekstra dari wali kelas, bahkan sampai melakukan home visit beberapa kali.
  • Banyak anak terkendala masalah kuota/penggunaan gadget, bahkan tak memiliki gadget, masalah ekonomi, dan masalah keluarga.
  • Problem anak yang muncul juga masalah perhatian orang tua yang kurang terhadap anaknya yang notabene peserta didik SMPN 1 Mande, padahal pendidikan adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya tugas guru.

Acara rapat verifikasi ini adalah sebuah ikhtiar untuk memberikan keadilan penilaian terhadap semua peserta didik, sehingga keputusan naik dan tidaknya, berdasar analisa atas fakta-fakta yang ada, serta pertimbangan yang matang.

Foto dokumentasi oleh Pak Januar Aripin.

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan