Rindu Readathon

Sahabat Satman mungkin sedikit bingung dengan judul artikel ini. Apa itu Readathon??? Tapi bagi warga Satman, Readathon adalah hal yang pasti dirindukan oleh semuanya. Berawal dari obrolan Bu Siti MK Nurjanah dan Bu Mila Nur Safriyanti, terciptalah tulisan Bu Mila tentang kerinduan akan Readathon. Berikut kisahnya…

Rindu…Serindu-rindunya…Readathonku…

Masih teringat kala itu, ketika KBM di sekolah dihentikan sebagai upaya untuk menekan penyebaran covid 19. Tepatnya bulan Maret 2020, ketika jadwal berbagai ujian kelas IX seharusnya dilaksanakan. Tak terasa,… Pemberlakuan PJJ atau belajar daring ini ternyata berlanjut sampai sekarang, kurang lebih hampir tujuh bulan lamanya. Jika boleh memilih, tidak ada satu orang pun yang menginginkan pembelajaran model seperti ini, termasuk guru sekalipun.

Banyak aktivitas yang tak biasa dilakukan, banyak aktivitas yang membuat guru rindu…. rindu bertemu, bercengkrama dengan ratusan murid yang beraneka karakter…. Rindu pertanyaan-pertanyaan polos mereka… rindu celotehan mereka… rindu antusiasme mereka dalam belajar… rindu sapaan mereka… rindu salam mereka yang setiap pagi mereka ucapkan pada kami. Dan, masih banyak kerinduan-kerinduan lainnya… rindu kelas yang bersih… rindu lantunan asmaul husna setiap pagi yang selalu mereka kumandangkan…rindu…. Membaca bareng… rindu berdiskusi bareng dengan mereka… ah pokoknya banyak sekali kerinduan itu…

Baca Juga:  Semarak Partisipasi SMP Negeri 1 Mande dalam PLG Subrayon 1 Tahun 2021 - 1st day

Sejenak terbersit dalam lamunanku, kerinduan yang tak kalah hebat adalah kerinduanku pada sebuah kegiatan yang biasa kami laksanakan di hari kamis pagi… ya… setiap kamis, dimana seluruh peserta didik berkumpul berbanjar duduk di lapangan untuk mengikuti sebuah kegiatan pembiasaan Redhaton yang menjadi kegiatan rutin di SMP Negeri 1 Mande dalam upaya membiasakan peserta didik dalam membaca buku…

Readathon Keagamaan

Mengenang kembali tentang readhaton ini, biasanya di minggu pertama, kami isi dengan kegiatan keagamaan yang diawali dengan salat dhuha bersama, murojaah bersama…. Dan diakhiri dengan tampilan-tampilan menakjubkan dari peserta didik SMP Negeri 1 Mande… mulai dari nasyid, dakwah, drama musical bertema keagamaan… dan banyak lagi lainnya.

Readathon Bahasa

Di minggu kedua, biasanya kami isi dengan readhaton kebahasaan, gabungan dari bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan Bahasa Sunda. Kegiatan ini kami awali dengan membaca buku di lapangan, kemudian dilanjutkan dengan tampilan-tampilan keterampilan berbahasa seperti puisi, presentasi, drama. Story telling… ngadongeng… pupujian … ah dan banyak lagi yang lainnya… yang membuat kami rindu… rindu… serindu-rindunya….

Baca Juga:  [Video] Satman Virtual Graduation

Readathon Seni

Lalu,… di minggu ketiga, biasanya kami mengisi kegiatan readhaton ini dengan apresiasi seni budaya… hampir sama dengan readhaton bahasa, readhaton seni ini diawali dengan kegiatan membaca buku terlebih dahulu… kemudian kami lanjutkan dengan tampilan kreasi seni… seperti drama musical, seni tari, seperti jaipongan, pencak silat… ah dan lainnya.. yang kami rindukan.

Readathon Olahraga

Nah… untuk minggu keempat setiap bulannya… kami isi dengan readhaton olah raga… tentu dari serangkaian redhaton-readhaton… readhaton olah raga lah yang biasanya sering dinanti oleh para peserta didik…. Hehe… karena mereka paling suka dengan kegiatan yang satu ini… kegiatan readhaton olah raga ini biasanya kami isi dengan senam bersama di lapanngan besar yang berada persisi di samping sekolah kami, atau kami isi dengan jalan santai menelusuri jalan, perkebunan… sungai yang semuanya sangat menyenangkan… dan membuat pikiran kita fress rasanya… atau juga biasanya kami isi dengan pertandingan olah raga antarkelas di cabang olah raga tertentu….

Satu kata untuk kegiatan ini,…. Rindu- serindu-rindunya….
Rindu mengumpulkan peserta didik berkumpul di lapangan, rindu membuka acaranya… rindu dengan bakat-bakat peserta didik yang biasanya mereka tampilkan….
Dan semoga, pandemi ini segera berakhir… sehingga kami bisa dipertemukan kembali dengan readhaton-readhaton yang kami rindukan…..

– MILA NUR SYAFRIYANTI, S.Pd –

Masya Allah…seperti yang telah Bu Mila tuliskan…sungguh kami rindu…rindu serindu-rindunya…akan readathon. Semoga tulisan Bu Mila menjadi pengobat rindu utk seluruh warga Satman. Terima kasih Bu Mila…

8 Comments

Tinggalkan Balasan