Sebuah Catatan Festival Bulan Bahasa SMPN 1 Mande

Hari ini, 28 Oktober 2021, puncak peringatan Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda di SMPN 1 Mande Cianjur, digelar dengan meriah. Acara diikuti oleh guru, tenaga kependidikan, dan siswa, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Aneka penampilan siswa dan guru diselenggarakan. Kemeriahan ini tampak dari penampilan tari adat, pembacaan teks sumpah pemuda, musikalisasi puisi sumpah pemuda oleh Syifa, dongeng Sunda oleh Rangga Gunawan, dan yang juga menyita perhatian penonton adalah penampilan pantomim dari juara 3 tingkat provinsi, Bima, kelas 8B SMPN 1 Mande-Cianjur.

Pantomim, Bima, juara 3 provinsi
Rangga sedang mendongeng
Sejarah Sumpah Pemuda oleh Bu Santi

Belum cukup sampai di sini, “the show must going”. Bu Loni dan Bu Siti MK, dengan menggunakan Bahasa Inggris, menyampaikan beberapa pertanyaan untuk dijawab siswa, dan tentu yang bisa, mendapatkan door prize.

Ada beberapa siswa yang berhasil menjawab pertanyaan dan tentu mendapat hadiah dari “sponsor”😁

Hari semakin siang, matahari makin menampakkan teriknya, namun semangat para penampil dan penyimak masih tetap terjaga.

Kali ini, Tasla, menyampaikan pidato dalam bahasa Sunda, dengan tema Menjunjung Bahasa Indonesia, Melestarikan Bahasa daerah.

Baca Juga:  Belajar Tahsin Al-Qur'an di SATMAN, Memahamkan dan Menyenangkan
Biantara Basa Sunda, Tasla.

Giliran Lia menyenendungkan sebuah lagu, yang menggelorakan semangat para remaja untuk berkarya.

Nyanyian gelora semangat, Lia.

Menggenapi kemeriahan puncak hari Bahasa dan Sumpah Pemuda, ditampilkan tari Jaipong oleh tiga siswi Satman.

Jaipongan, salah satu sisi kemeriahan hari sumpah pemuda

Ada penampilan dari siswa. Kali ini Neli. Masih tetap bernuansa Sunda, paparan mengenai sebuah babad wilayah, diiringi lantunan ke api suling, makin menambah “pas” suasana.

Penampilan Neli

Masih banyak potensi yang ditampilkan, makin menambah kebanggaan kita bahwa SMPN 1 Mande, menyimpan daya yang mumpuni untuk menjadi sekolah unggulan, jika kita mau tentu. Dukungan SDM dan dana, jika berkolaborasi dengan “mesra”, akan mewujudkan semua cita.

Terima kasih bagi semua penampil, penyimak, dan tentu semua yang ada di depan layar, juga yang ada di “belakang layar”. Pokona kalian mah kereeeeeen💚💚💚💚💚

  •  
  •  
  •  
  •  
  •