5 Tips Agar Belajar Sukses ala Bu Hani

Upacara bendera hari senin ini, giliran kelas 9I yang menjadi petugas upacara. Sedangkan Bu Hani, sebagai wali kelasnya, mendapat amanah menjadi pembina upacara.

Dalam amanatnya, Bu Siti Hanisyah atau dikenal dengan sebutan Neng Hani, menguraikan 5 Tips Agar Belajar Sukses. Apa saja tips-tipsnya? Yuk kita simak.

5 Tips Agar Belajar Sukses

Ada lima hal yang bisa dilakukan agar dalam proses belajar, kita sukses mencapai yang kita harapkan, yakni pemahaman.

  1. Menyimak

Tips pertama agar kita faham terhadap apa yang diterangkan oleh guru adalah menyimak. Menyimak tentu lebih tinggi tingkatannya dibanding dengan mendengar. Menyimak, memerlukan fokus yang lebih dibanding dengan mendengar.

Kunci pertama agar sukses dalam belajar adalah menyimak penjelasan guru.

2. Mencatat

Tips kedua setelah menyimak adalah mencatat. Ada kalimat bijak tentang hal ini, “Ikatlah Ilmu dengan Mencatat”. Dengan mencatat, ada dua fungsi yang bisa berjalan secara bersamaan, yakni membaca dan menghafal.

3. Menggarisbawahi

Setiap kita akan membaca buku, maka alangkah baiknya menyiapkan pensil atau apa saja yang bisa untuk menandai kata-kata yang dianggap penting. Menandai kalimat yang penting bisa dengan cara Menggarisbawahi. Ini sangat berguna ketika kita mengulang membacanya kembali.

Baca Juga:  Produktif di Masa Liburan, "Yuk ikutan Guru Belajar Seri AKM..."

4. Bekerja kelompok

Dengan bekerja secara berkelompok, kita akan makin terasa dalam ilmu atau materi yang kita pelajari. Dalam kerja kelompok kita bisa saling bertanya, menyelesaikan soal atau tugas tertentu. Dan yang pasti, tugas akan lebih mudah jika dikerjakan bersama.

5. Jangan sungkan bertanya

Jangan malu untuk bertanya, jika ada yang belum difahami. Ini adalah tips yang harus dipaksakan untuk dikerjakan, sehingga kita akan mendapat jawaban dari yang kita tidak difahami.

Nah itu sobat Satman, 5 Tips Agar Belajar Sukses. Selamat belajar…tetap semangat….