Makna Pahlawan di Mata Guru dan Siswa Satman

10 November diperingati sebagai hari pahlawan. Jika tak dalam keadaan pandemi, tentu kita akan dan biasa melaksanakan upacara bendera untuk memperingati hari bersejarah tersebut. Bagaimana sejarahnya, sehingga tanggal ini ditetapkan sebagai hari pahlawan? Tirto memaparkan seperti berikut ini.

Hari Pahlawan Nasional diperingati setiap 10 November, yang ditetapkan lewat Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional. Keppres tersebut ditandatangani oleh Presiden RI pertama Sukarno. Penetapan hari ini berdasarkan pada pertempuran 10 November 1945 antara arek-arek Surabaya dengan tentara Belanda saat melawan pasukan NICA dan sekutu. Peristiwa ini menelan banyak korban jiwa.

Pada 10 November 1945, Inggris menggempur Kota Surabaya dari berbagai penjuru. Untuk menghancurkan Surabaya, Inggris bahkan melakukan penyerangan dari darat, laut, dan udara. Serangan pertama ini menimbulkan korban yang sangat besar, terutama dari kalangan rakyat biasa. Berdasarkan data penelitian Lorenzo Yauwerissa yang dibukukan dalam 65 Tahun Kepahlawanan Surabaya (2011), diperkirakan bahwa perang di Surabaya itu setidaknya melibatkan 20 ribu tentara dari Indonesia, sementara unsur warga sipil yang terlibat mencapai 100 ribu orang.

Sudah faham kan sejarah hari pahlawan ini? Sekarang kita akan mengetahui lebih jauh lagi, apa sih makna pahlawan di mata guru dan siswa SMPN 1 Mande. Selamat membaca!

Makna Pahlawan di mata Guru SMPN 1 Mande

Ibu Siti Jenab:

Pahlawan itu adalah Orang berjasa dalam kehidupan kita atau pada negara, dan sebagai guru, menjadi pahlawan adalah dengan mengabdikan diri sebagai pendidik.

Ibu Yuliana Gultom

Pahlawan itu seseorang yang berjuang dan berkorban tanpa pamrih demi kebaikan dan kebenaran.
Siapa pahlawan terdekat kita, yaitu ibu dan ayah.

Bapak Kristiarso Hadipramono

Pahlawan untuk masa kini adalah “mereka yg berjuang menegakkan kebenaran dan memiliki mimpi besar untuk masa depan Indonesia, meskipun yg dilakukan sekarang terlihat kecil dan sepele, tetapi asalkan memiliki dampak positif ke orang banyak”

Ibu Euis Siti Aisyah

Pahlawan nyaeta jalma nu luar biasa wawanenna, toh pati jiwa raga, dina ngabela nagara, bangsa jeung agama( Kamus Umum Basa Sunda). Pikeun guru, Lakukeun luyu jeung kamampuh/ kompetensi urang ( profesional)

Ibu Eem Rohimah

Pahlawan adalah mereka yang tulus dan sabar menebar kebaikan, memberikan manfaat, dan kemaslahatan bagi sesama, bangsa dan agama.

Sebagai guru bukan hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan tapi berjuang agar bisa menjadi idola yang bisa di teladani oleh peserta didik.
Begitu juga sebagai ibu di rumah bisa menjadi bunda yang menjadi panutan dan idola bagi putra/putrinya.

Bapak H. Atet Ahdiat

Makna Pahlawan menurut versi saya adalah seseorang yg dapat mengapresiasikan dirinya sesuai dgn harapan lingkungannya

Yang dapat kita lakukan sesuai kapasitas untuk berprilaku sebagai pahlawan diantaranya dapat menempatkan diri kita menjadi seseorang yg dibutuhkn org lain, bermanfaat untuk diri dan lingkungannya, dengan cara mengerahkn segenap fikiran, tenaga bahkn harta jika mampu untuk mewujudkn kondisi yg diharapkn

Ibu Mila Nursyafriatini

  1. Pahlawan menurut saya adalah, orang yang mau terus belajar, belajar memperbaiki diri, belajar untuk lebih banyak berbuat baik dan memberi manfaat baik bagi siapapun..
    Pahlawan adalah sosok yang mampu dan rela berkorban untuk orang orang yang membutuhkannya…dan berusaha untuk memberikan segala yang terbaik sesuai dengan kesanggupannya dan kemampuannya 🙏dan mampu mengisi hari hari dengan hal hal yang senantiasa bermakna dan bermanfaat🙏
  2. Yang bisa kita lakukan untuk berperilaku sebagai pahlawan menurut saya adalah… Karena saya seorang ibu rumah tangga, istri dan seorang ibu maka saya akan berusaha menjadi sosok ibu dan istri yang senantiasa untuk terus belajar memperbaiki diri. Dan berusaha memberikan segala yang terbaik untuk orang orang di sekeliling kita, yang tentunya sekemampuan dan kesanggupan kita…
    Serta berusaha mengisi kehidupan dengan terus belajar. Belajar. Belajar…terutama belajar terus ke arah yang lebih baik…
    Wallahu alam bis shawab🙏🙏
Baca Juga:  Semarak Kamis Pagi, Kemeriahan Readathon Seni

Ibu Loniawati

  1. Makna pahlawan masa kini adalah orang yang mampu memberikan manfaat minimal untuk kemaslahatan diri sendiri lebih luasnya untuk orang-orang atau masyarakat di sekitarnya.
  2. Perilaku yang menunjukan sikap pahlawan kekinian adalah berlakulah jujur disiplin dan amanah ketika kita melakukan suatu pekerjaan atau tugas yang menjadi kewajiban kita.

Makna Pahlawan Di mata Siswa Satman

Nurmala ramadani putri (8G):

Mengenang pahlawan dengan mengetahui sejarahnya dan menontom film pahlawan dengan keluarga

Muhammad ilham saputra (8G):

Menurut saya menjadi pahlawan itu membantu orang orang susah saling mengingatkan,membantu orang tua dll

Rama Apriana (7J): Untuk menjadi pahlawan pada saat ini adalah kita harus senantiasa belajar dengan bersungguh sungguh berdoa,berdzikir, dan ikhtiar kepada allah swt semoga pandemi ini cepat berakhir, supaya kita bisa sekolah seperti biasa.

Juga kita harus menuruti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah agar bisa mencegah penularan virus, bakteri dan kuman. Kita juga bisa menjadi relawan tenaga medis. Kita juga bisa membedakan atau menyumbangkan dana kepada tenaga medis untuk membeli APD dan MASKER N95 untuk dipakai oleh tenaga medis yang bekerja di garis depan.

Nailah Ramadani (7J) :

Apa yang kalian lakukan untuk menjadi pahlawan
1.membuat mereka bangga dan menolong mereka.
2.bermalas malasan jika di suruh.
3.saya minta maaf atas prilaku daya dan dan terimakasih atas perhatian mu.

wulan sari (8F):

Untuk menjadi pahlawan sekarang ini cukup sederhana yakni dengan ikut menguranggi potensi penyebaran virus corona di tengah masyarakat.salah satu caranya dengan mematuhi aturan social distancing alias jaga jarak. Dengan ini kita bersama sama melawan dan memberantas covid 19

Arini Nurul Ihsani (8G):

Yang bisa dilakukan untuk menjadi pahlawan sekarang ini adalah menolong sesama yang terkena musibah, tidak memprovokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, dan tidak melakukan perbuatan anarkis

fawaz Indra Prasetyo (7J) :

Menurut saya untuk menjadi pahlawan sekarang ini adalah.
Belajar untuk mengisi kemerdekaan dan mempersiapkan diri untuk menjadi orang yang berguna bagi keluarga agama Nusa dan bangsa.

Arizki maulana fiqhi(7j):

Menurut saya kita kita lakukan sesuatu untuk memberikan rasa terima kasih kepada para pahlawan kita….di antaranya,kita harus memperingati hari pahlawan dengan cara melakukan perlombaan yang berkaitan dengan kegagahan,dan kebebasan negara kita dari para penjajah.kesuksesan seorang pahlawan itu dengan kegigihan,kepintaran,dan di dasari dengan karunia allah,d masa covid 19 ini kita harus memperingatkan orang untuk memakai masker,menjaga kesehatan,terutama berwudhu,karna berwudhu itu dapat menghilangkan penyakit,dan hadast kecil.

Alfia Tria Widya Nengsih (8D):

Yang bisa aku lakukan ntuk menjadi pahlawan sekarang ini adalah membantu orang yang membutuhkan bantuan.

Uni Astuti (8G) :

1 Menghargai dan mengormati jasa para pahlawan
Kita jangan menyepelekan atau memperlecehkan dari pernuangan para,pahlawana kita harus menghargai

  1. Salaing menghormati satu sama lain
    Kita harus saling menghormati kepada para,pahlawan yang sudah berjuang hingga negara,kami merdeka
  2. Belajar,dan tekun untuk menjunjung tinggi dan mencapai cita cita
    kita harus belajar tekun karena itu jalan satu satunya untuk meraih cita2 kita

Siti Nurmala (8B):

Pada dasarnya,semua orang bisa menjadi seorang pahlawan.

Pada era kolonialisme dan kemerdekaan.Pahlawan berjuang mengusir penjajah dengan senjata dan bambo runcing.

Di zaman sekarang,dengan semangat yang sama kita bisa menjadi pahlawan.Menjadi pahlawan bisa dilakukan secara sederhana,dengan saling menolong kepada sesama yang sedang membutuhkan merupakan contoh seorang pahlawan.Terus berjuang mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif,baik dalam berkarya dan menciptakan inovasi.Semangat dan nilai-nilai kepahlawanan sangat relevan untuk terus ditumbuhkembangkan.

Baca Juga:  Selepas Idul Fitri, OWOJ Kita Mulai!

Sesuai dengan Indonesia saat ini,masyarakat saling hujat,fitnah,melakukan tindak kekerasan bahkan melakukan aksi teror yang dapat berakibat memecah belah bangsa.

Nazhifah Humaimah Kurnia (8A):

Hal hal kecil yang bisa dilakukan untuk meneladani sifat pahlawan adalah:
Lebih bijak dalam mengelola sampah,belajar dengan sungguh sungguh,menyelesaikan tugas dengan tepat waktu,mencintai produk lokal,menyanyikan lagu indonesia raya,meneladani sifat sifat terpuji para pahlawan,mengutamkan persatuan dan kesatuan,menghargai orang yang lebih tua,berani mengakui kesalahan yang dilakukan.

Kiki Nugraha (8G):

Menurut sy untuk menjadi pahlawan sekarang ini kita harus melawan penyakit covid -19..karena dengan adanya covid kami selaku murid tidak bisa belajar seperti biasa nya dan Pada akhir nya kami selaku siswa menjadi bodoh dan pemalas

Hesti Lestari (8A):

Kita sebagai generasi penerus bangsa harus belajar dengan tekun
Saling menghargai dan toleransi dalam setiap perbedaan untuk menjaga persatuan dan kesatuan.

Fitri Yuliawati (8A):

Menerut saya, menjadi pahlawan adalah mematuhi protokol kesehatan 3M
-memakai masker
-mencuci tangan
-dan menjaga jarak
Karena di tengah-tengah pandemi Covid-19 kita harus melaksanakan 3M tersebut,karena bukan hanya melindungi kita sendiri tapi juga melindungi orang-orang yang ada di sekitar,dan kita juga membantu meringankan para garda terdepan.

Egi Mulyani (8B):

Untuk menjadi pahlawan sekarang ini kita harus menjaga kesehatan dan menerapkan M3. “Maskermu melindungi ku maskerku melindungimu

Siti Fatimah Azzuhro kelas 8-H:

Untuk memperingati hari pahlawan, Menurut saya kita harus melakukan sesuatu untuk memberikan rasa terima kasih …diantaranya dengan melakukan kegiatan upacara bendera.Upacara itu sebagai bentuk rasa terima kasih kita sebagai masyarakat Indonesia yang sudah hidup enak di zaman sekarang.wassamualaikum wr wb

M Dikri saputra (7J):

Di zaman sekarang, dengan semangat yang sama kita bisa menjadi pahlawan. Menjadi pahlawan bisa dilakukan secara sederhana, dengan saling menolong kepada sesama yang sedang membutuhkan merupakan contoh seorang pahlawan. Terus berjuang mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif, baik dalam berkarya dan menciptakan inovasi.

nailah cindy aulia (8A):

Belajar dengan sungguh-sungguh supaya bisa menjadi anak bangsa yang baik dan berguna

Siti Maryam (8E):

Menurut saya menjadi pahlawan tidak perlu bertarung saja contoh nya membantu orang yang lagi kesusahan misalnya.

Halimah Tusadiah (8H):

Yang perlu lakukan untuk menjadi pahlawan sekarang ini adalah belajar dengan Sungguh-sungguh.

Adelia (8E):

Salah satu hal yang paling utama dan perlu kita tanamkan dalam pikiran kita sebagai generasi muda adalah kita harus bisa berkontribusi pada bangsa dengan memberikan karya dan prestasi yang bermanfaat

Dea (8F):

1.tetap di rumah untuk mencegah penyebaran Virus-covid 19
2.tetap rajin belajar dari rumah
3.selalu menjaga kebersihan linkungan rumah
4.menurutkan protokol kesehatan saat di luar rumah
5.membantu pekerjaan orang tua

Santi anjani (8A):

Untuk menjadi pahlawan di masa sekarang saya sebagai pelajar berusaha untuk menjadi yang lebih baik dan bisa menjadi penerus bangsa yang baik pula.

Silvia (8H):

  1. Mengenang jasa para pahlawan.
  2. Menghargai dan menghormati jasa para pahlawan.
  3. Membuat karya yang bisa membanggakan bangsa Indonesia.
  4. Menjadi generasi penerus yang lebih berprestasi.
  5. Memupuk semangat cinta tanah air.
  6. Memperingati peristiwa-peristiwa penting yang berkaitan dengan jasa para pahlawan.
  7. Belajar dengan rajin dan tekun.
  8. Tidak melupakan jasa para pahlawan.

salwa Anggraeni khoirunnisa (8F):

Tentang Bagaimana cara Nya Menjadi pahlawan sekarang? *Karna Saya Sebagai Pelajar maka yg harus dilakukan adalah dengan cara belajar yg rajin, jadi anak yg Sopan, soleh, Hormat pada orang tua dan guru, Dan Mengenang Jasa jasa para pahlawan kita Dengan cara mempelajari sejarah nya dan mendoakan para pahlawan yg sudah telah tiada. Trimakasih

Baca Juga:  2 Penembak Jitu Senjata Thermo Gun ala Satman

Raneu Naipa (8H):

Sebagai seorang pelajar,untuk menjadi pahlawan pada saat sekarang ini,saya akan lebih giat lagi dalam belajar,karna dengan belajar sama dengan perang melawan kebodohan.

Martha Nurul Aini (8A):

YANG BISA DILAKUKAN UNTUK MENELADANI SIFAT PAHLAWAN ADALAH:
Menolong orang lain yang membutuhkan,
Tidak melakukan perbuatan tercela yang merugikan orang lain, Menjunjung tinggi kesetaraan dalam kehidupan berwarga negara,Lebih bijak dalam mengelola sampah,

Mengabdi,Membela,Memelihara,Melindungi tanah air,kejujuran,keberanian,Kerjasama dan bertanggung jawab,Belajar dengan sugguh-sungguh,Menyelesaikan tugas dengan tepat waktu,Mengutamakan persatuan dan kesatuan.

Neli Nuraeni (8G):
Kita harus mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, dan sebagai seorang pelajar kita harus melanjutkan dan meneruskan perjuangan para pahlawan sebagai generasi penerus bangsa.

Yang bisa saya lakukan untuk menjadi pahlawan sekarang ini adalah : Dengan meneladani rekam jejak para pahlawan sebagai bentuk inspirasi dan motivasi serta dengan memahami nilai – nilai perjuangan yang dialami oleh para pahlawan. .

Peduli terhadap yang membutuhkan, contohnya ada teman kita yang terkena musibah kecelakaan, maka saya pun akan menolongnya dan membantunya dengan sekuat tenaga dan kemampuan saya.Tidak mudah menyerah dan tidak mudah berputus asa justru saya dan kita semua harus berjuang dan berusaha disertai dengan do’a, jadi intinya dalam hal apapun dan situasi apapun maka kita semua tidak boleh mudah menyerah dan tidak boleh mudah berputus asa justru saya dan kita semua harus tetap berjuang, berusaha, berikhtiar dan disertai dengan do’a.

Menghindari pergaulan bebas yang menjurus ke hal – hal negatif. Saling menghargai dan toleransi dalam setiap perbedaan untuk menjaga persatuan dan kesatuan. Sebagai seorang pelajar untuk bisa menjadi pahlawan sekarang ini saya akan belajar dengan rajin, tekun, dan dengan sangat bersungguh – bersungguh serta selalu tetap semangat. Tidak mudah menyerah dan tidak mudah berputus asa, peduli terhadap yang membutuhkan, meneladani sikap para pahlawan, rendah hati, jujur dan berani membela kebenaran dan keadilan, kerja sama dan bertanggung jawab serta rela berkorban, menjaga persatuan dan kesatuan, cinta tanah air, dan selalu berjuang dan berusaha disertai dengan do’a.

Dian bunga Pratiwi (8H)

Menurut kalian,apa yang bisa kalian lakukan untuk menjadi pahlawan sekarang ini?
Jawab:
1.Mengenang Jasa Para Pahlawan.
2.Menjadi generasi penerus yang lebih berprestasi.
3.Membuat karya yang bisa membanggakan Bangsa Indonesia.
4.Menghargai dan Menghormati Jasa Para Pahlwan.
5.Memupuk semangat Cinta Tanah Air.
6.Memperingati peristiwa-Peristiwa penting yang berkaitan dengan Jasa Para Pahlawan.
7.Belajar dengan Rajin dan Tekun.
8.Tidak melupakan Jasa Para Pahlawan.

Sifa Fadilah (7J):

Menurut sya di zaman sekarang.dengan semangat yang sama kita bisa menjadi pahlawan,menjadi pahlawan bisa di lakukan dengan belajar yang rajin dan bertanggung jawab,saling menolong kepada sesama yang membutuhkan serta terus berjuang mengisi kemerdekaan dengan kegitan positif, baik dalam berkarya dan menciptakan inovasi

Julia Pratiwi (8D)

Pahlawan adalah orang yang sangat berarti dan berjasa di dalam hidup kita, karna kita bisa seperti ini berkat pahlawan yang sudah berjuang mati mati an demi Indonesia merdeka. Kalau tidak ada pahlwan mungkin Indonesia tidak akan seperti ini jadi, intinya dalam hari pahlawan ini kita harus banyak berdo’a untuk mendo’akan para pahlwan dan banyak bersyukur pula. Yakni tanggal 10 November sebagai hari Pahlawan lantaran pada tanggal tersebut terjadi peristiwa pertempuran antara warga Surabaya dengan tentara Belanda. Selamat Hari Pahlawan 10 November🇲🇨

Terima kasih kepada rekan guru dan siswa satman yang bersedia “diwawancarai” tim website. Terima kasih Pak Januar Aripin atas banner nya yang kece. Semoga bermanfaat.

37 Replies to “Makna Pahlawan di Mata Guru dan Siswa Satman”

  1. Your method of describing everything in this post is genuinely good,
    every one be able to without difficulty know it, Thanks a lot.

  2. Wow, awesome blog layout! How long have you been blogging for?
    you made blogging look easy. The overall look of your web
    site is great, let alone the content!

  3. Thanks for any other great post. Where else could anyone get that kind of information in such an ideal approach of writing?
    I’ve a presentation subsequent week, and I am at the look for such information.

  4. you’re really a excellent webmaster. The web site loading velocity
    is incredible. It seems that you are doing any unique trick.

    In addition, The contents are masterwork. you’ve done a magnificent task
    on this topic!

  5. Excellent post. I used to be checking constantly this weblog and I’m impressed!
    Extremely useful information specifically the ultimate part :
    ) I care for such info much. I was looking for this
    particular information for a very lengthy time. Thank
    you and best of luck.

    Feel free to surf to my blog :: Fast Action Keto Reviews [craksracing.com]

  6. Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit and sources back to your weblog?
    My blog site is in the very same niche as yours and my
    visitors would really benefit from some of the information you
    provide here. Please let me know if this okay with
    you. Thanks!

  7. Hello there, I found your blog via Google at the
    same time as searching for a related matter, your site got
    here up, it appears great. I have bookmarked it in my google bookmarks.

    Hi there, just became aware of your weblog via Google, and located that it’s really
    informative. I am gonna be careful for brussels.
    I’ll be grateful for those who continue this in future.
    Lots of other people might be benefited out of your writing.
    Cheers!

  8. Hi! Do you know if they make any plugins to help with SEO?

    I’m trying to get my blog to rank for some targeted keywords but I’m not seeing very good gains.
    If you know of any please share. Appreciate it!

    Feel free to visit my site :: Mavis

  9. I’m just commenting to let you understand what a fabulous encounter my wife’s princess found going through your web page.
    She mastered numerous pieces, including how it is like to have an excellent helping
    heart to make many others quite simply know several tricky issues.
    You really exceeded visitors’ expected results.
    Many thanks for producing those productive, safe,
    explanatory not to mention cool tips on the topic to Evelyn.

    My web-site :: VitaSilkLux Serum

  10. Woah! I’m really loving the template/theme of this blog.
    It’s simple, yet effective. A lot of times it’s hard to get that “perfect balance” between user friendliness and
    visual appearance. I must say you’ve done a excellent job with this.
    In addition, the blog loads extremely fast for me on Firefox.
    Outstanding Blog!

  11. I’m now not certain the place you’re getting your information, but great topic.
    I must spend some time studying more or working out more.
    Thank you for great information I was in search of this information for my mission.

  12. Its like you read my mind! You seem to know so much about this, like you wrote the book
    in it or something. I think that you could do with a few pics to drive the message home a
    bit, but other than that, this is great blog. An excellent
    read. I’ll certainly be back.

  13. Hello there! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization? I’m
    trying to get my blog to rank for some targeted keywords
    but I’m not seeing very good success. If you know
    of any please share. Appreciate it!

    Look at my web blog :: Mega Arise Max Reviews

  14. I believe everything said was very reasonable.
    But, consider this, suppose you were to create a
    awesome post title? I am not suggesting your information isn’t solid,
    but what if you added a title to possibly grab a person’s attention? I mean Makna Pahlawan di Mata Guru dan Siswa Satman – SMPN 1 MANDE CIANJUR is kinda vanilla.
    You could peek at Yahoo’s home page and watch how they create news headlines to grab people to click.
    You might try adding a video or a picture or two to grab people interested about everything’ve got to say.

    Just my opinion, it would bring your posts a little bit more
    interesting.

  15. I was just seeking this info for some time. After 6 hours of continuous Googleing, at last I got it
    in your site. I wonder what’s the lack of Google strategy that do not rank
    this type of informative sites in top of the list.
    Normally the top websites are full of garbage.

    my web-site … Bodycor Keto Pills Review; https://theocratic.net/,

  16. My brother recommended I might like this website.

    He was totally right. This post truly made my day. You can not imagine simply how much time I had
    spent for this info! Thanks!

  17. I blog frequently and I seriously appreciate your content.
    Your article has truly peaked my interest. I will take a
    note of your website and keep checking for new
    details about once per week. I opted in for your Feed too.

    Feel free to surf to my web blog Dermicell Ingredients

  18. I’m commenting to let you be aware of what a brilliant experience my wife’s princess undergone reading through your blog.
    She even learned a lot of issues, with the inclusion of
    what it is like to possess an awesome giving character
    to let many more quite simply comprehend several
    complex subject matter. You actually did more than visitors’ expectations.
    Thank you for showing those valuable, trustworthy, educational and
    in addition fun tips on the topic to Mary.

    my web-site … VitaSilkLux

Tinggalkan Balasan

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
Instagram
WhatsApp