Mengimbangi Siswa Milenial, Guru pun Harus Turut menjadi Guru Milenial

Assalamu’alaikum Sahabat Satman….Alhamdulillah setelah libur Semester Ganjil Tahun Pelajarn 2020/2021 kemari, akhirnya di awal Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 ini admin mulai menulis lagi. Hehe… Meskipun judulnya terdengar agak berat tapi kita coba bahas secara ringan saja y…

Siswa Milenial vs Guru Milenial

Siswa zaman now yang katanya Generasi Milenial tidak terlepas dari gadget dan teknologi. Bahkan bisa jadi, siswa zaman now ini bisa lebih pintar daripada guru-gurunya. Mengapa??? Sebab sumber informasi terbuka lebar disekitar siswa yang dengan mudahnya dapat mereka akses setiap saat, kapan pun, dan dimana pun.

Ditambah dengan masa pandemi saat ini, kondisi yang mengharuskan siswa belajar di rumah aja membuat peran guru sedikit memudar. Guru yang tidak dapat berinovasi dalam kondisi saat ini, bisa ditinggalkan siswa-siswanya jika hanya menyajikan pembelajaran yang monoton alias itu-itu saja.

Ditambah dengan karakteristik generasi milenial yang lebih menyukai multimedia daripada teks dan/atau gambar membuat guru harus berinovasi dan mau tak mau dituntut untuk melek teknologi. Oleh karena itulah, guru harus mempunyai bekal keterampilan TIK yang mumpuni untuk menciptakan multimedia yang menarik dan interaktif bagi siswa.

Webinar SETI Indonesia Kabupaten Cianjur

Bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Cianjur, SETI (Sistem Elektronik Teknologi Informatika) Indonesia menyelenggarakan Webinar Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Interaktif bagi guru-guru SMP. Alhamdulillah…sekolah kita tercinta berkesempatan untuk mengikuti Webinar tersebut dan admin turut menjadi pesertanya pada 19 – 21 Januari 2021 lalu.

Baca Juga:  Best Practice: Pengalaman PPL Bu Mila Nur Safriyanti, S.Pd.

Dalam Webinar tersebut, guru-guru SMP Subrayon 01 Kabupaten Cianjur, berkesempatan untuk belajar menggunakan beberapa aplikasi, antara lain:

  • Zoom Meeting
  • Google Classroom
  • OBS (Open Broadcase Software)
  • Aplikasi Pembelajaran untuk Handphone
  • Powerpoint
  • Camtasia

Banyak ilmu yang admin dapat di webinar ini. Mulai dari Zoom Meeting yang biasanya hanya menjadi peserta, kami belajar untuk membuat jadwal meeting, share invitation, start meeting, share screen, dan pengaturan Zoom Meeting lainnya. Google Classroom yang sudah cukup sering digunakan menjadi lebih jelas dan lancar dalam pemakaiannya. Hingga Powerpoint yang sudah umum digunakan pun, menjadi lebih interaktif dan menarik dengan mengoptimalkan motion path dan animation pane untuk membuat animasi sederhana. Ternyata membuat animasi tidak sesulit seperti yang dibayangkan. hehehe…

Aplikasi yang tergolong baru bagi admin juga peserta pada umumnya, yaitu Aplikasi Pembelajaran untuk handphone, OBS, dan Powerpoint. Ternyata begitu banyak aplikasi pembelajaran untuk handphone yang ringan dan sangat mudah digunakan, baik untuk guru maupun siswa. Membuat belajar menjadi menarik dan menyenangkan. Beberapa aplikasi yang sudah admin coba instal dan gunakan, diantaranya Portal Edukasi SMP, Microsoft Math Solver, dan White Board Learn.

  • Portal Edukasi SMP
    • Aplikasi Handphone ini rasanya kudu bin wajib diinstal di setiap Hp siswa maupun guru, kenapa??? Karena memuat rangkuman dan soal-soal hampir semua mata pelajaran, mulai dari kelas VII. VIII, DAN IX
    • Ga ada lagi deh alasan ga punya buku paket, karena semuanya kini ada di handphone dengan aplikasi ini
Baca Juga:  Sebuah Ikhtiar Menyelamatkan Anak dari Gadget
  • Microsoft Math Solver
    • Kalo yang ini spesial buat guru-guru matematika
    • Aplikasi ini memungkinkan untuk menyelesaikan soal-soal hitung matematika dalam hitungan detik-menit (tergantung soalnya) hanya dengan capture/tulis soalnya saja
    • Aplikasi hebat ini harus diketahui guru-guru matematika sebelum diketahui siswa, agar tidak kalah dengan siswanya
  • White Board Learn
    • Kalo yang ini memindahkan whiteboard ke handphone
    • Kita dapat menulis selayaknya menulis di whiteboard di layar handhpone kita
    • Jadi ga ada alasan lagi untuk nyari-nyari kertas kalo mau menerangkan, tinggal langsung buka aplikasi ini dan kita bisa curat-coret di layar Hp

Sangat menarik ya aplikasi-aplikasinya…dan masih banyak lagi aplikasi lainnya. Sehingga sayang sekali jika tidak dimanfaatkan sama sekali.

Pada bagian video editting, biasanya dinilai agak sulit. Itu pula yang dirasakan peserta pada awal pemberian materi. Tetapi setelah dibimbing mentor-mentor yang luar biasa sabar dan profesional, akhirnya kami dapat membuat video sederhana menggunakan OBS dan Camtasia dengan bermodal Powerpoint.

Sedikit mengulas aplikasi OBS dan Camtasia, keduanya sama-sama aplikasi untuk membuat video. Hanya saja, OBS hanya dapat membuat video sekali jadi tanpa editting, sementara Camtasia memiliki fitur-fitur video editing yang lebih beragam sehingga hasilnya menjadi lebih menarik. Meskipun masih belum percaya diri, tapi berikut admin mau memberikan contoh hasil karya video dengan menggunakan aplikasi OBS dan Camtasia. Mohon maaf jika kurang bagus, namanya juga masih belajar. hehehe…

Baca Juga:  Mencoba Membuat Modul Ajar

Bagi yang sudah menonton, lumayan menarik kan….jadi ayo rekan guru-guru Satman kita buat video-video pembelajaran interaktif yang menarik untuk siswa. In syaa Allah admin siap untuk mendampingi.

Jangan mau kalah dengan anak zaman now, para Siswa Milenial…kita juga harus menjadi Guru Milenial karena kita pasti bisa jika kita berusaha!!! Guru harus tetap selangkah lebih depan dari siswanya bukan??? Jangan mau didahului dan ditinggalkan siswa. Hehehe…

Semoga artikel ini menambah inspirasi dan motivasi untuk rekan-rekan guru di Satman. Mari kita terus memberikan pelayanan terbaik untuk siswa-siswi kita. Wassalamu’alaikum…

8 Replies to “Mengimbangi Siswa Milenial, Guru pun Harus Turut menjadi Guru Milenial”

  1. Good day! This post could not be written any
    better! Reading through this post reminds me of
    my old room mate! He always kept talking about this.
    I will forward this write-up to him. Pretty sure he will have a good read.
    Thank you for sharing!

Tinggalkan Balasan