PARADISE, Sanlat Ramadhan ala Satman

Ramadhan memang istimewa. Sebuah bulan yang penuh keberkahan, bertabur pahala, sekaligus pengampunan. Maka kaum mukmin berlomba untuk menyongsong dan mengisi bulan mulia ini dengan amal-amal terbaik yang bisa dipersembahkan.

Berawal dari azam, mengisi Ramadhan dengan kegiatan pembiasaan dan pembentukan karakter mulia di kalangan peserta didik, Tim PAI dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Daarul ‘Uluum SMP Negeri 1 Mande menyelenggarakan PARADISE (Paket Ramadhan di Sekolah).

Kegiatan yang bertajuk, “Ramadhan di Hati, Ku Siap Berbenah Diri” ini dilaksanakan pada tanggal 4-8 dan 20-21 April 2022, bertempat di Masjid Daarul ‘Uluum dan Kelas 8A-8C. Kegiatan diikuti oleh peserta didik dari tiga kelas yang berbeda setiap harinya, berdurasi sekitar 2,5 jam.

2 Sasaran PARADISE

Sedikitnya ada dua sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan PARADISE ini, yaitu Pembiasaan Ibadah harian dan Penguatan Karakter.

Pembiasaan ibadah harian, dilaksanakan dengan dua moda, yaitu secara langsung di sekolah (sesuai jadwal) yang diimplementasikan dalam kegiatan tadarus, shalat dhuha, hafalan-hafalan ayat dan hafalan doa. Sedangkan moda kedua yaitu dengan menggunakan BKR (Buku Kegiatan Ramadhan) yang harus diisi peserta didik sesuai kegiatan keagamaan yang diikuti di lingkungannya . Bukti validasi ditunjukkan dengan cap stempel dan tanda tangan DKM setempat.

Baca Juga:  BUBOS, Inovasi Program Berbagi Pemprov Jabar, Satman pun Berpartisipasi

Untuk penguatan karakter, dilaksanakan dengan pembiasaan aktivitas berupa:

  • Merapikan sepatu di luar ruangan dan duduk bershaf ketika mengikuti kegiatan di ruangan, dengan harapan, peserta didik terbiasa BRTT (Bersih Rapi tertib Teratur)
  • Membiasakan menjaga tatakrama dan menahan bicara dari yang tak berguna
  • Hadir tepat waktu
  • Pembiasaan sedekah

Rundown Kegiatan Per Hari

Jadwal Kedatangan Peserta Didik Per hari

Galeri Aktivitas Giat PARADISE

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
Instagram
WhatsApp