PENTINGNYA KEKUATAN VISI SEORANG GURU

Salah satu program DKM (Dewan Kesejahteraan Masjid) Darul Ulum SMP Negeri 1 Mande adalah Kajian Bulanan yang diperuntukkan bagi seluruh Pendidik dan Tenaga Kependidikan di lingkungan SMP Negeri 1 Mande. Program ini selaras dengan salah satu program kerja PKS Humas, yakni Pembinaan iman takwa bagi personel SMP Negeri 1 Mande dalam bentuk Santapan Rohani yang dilaksanakan satu kali dalam sebulan.

Hari Selasa, 24 Januari 2023, dilaksanakan Kajian Bulanan pertama di tahun 2023. Adapun susunan acara kajian kalian ini adalah:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Al-Qur’an
  3. Sambutan
  4. Sambutan ketua DKM Darul Ulum
  5. Ceramah.
  6. Muhasabah bersama sekaligus doa tutup.

Pembukaan dilakukan oleh Bu Ayi Nutfi Palufi, S.Pd. selaku pembawa acara. Kemudian Pembacaan Al Qur’an dilakukan oleh Pak Faisal Fahrudin, S.Pd. yang membacakan surat Al Qori’ah. Sambutan disampaikan oleh Pak Deni Kurnia,S.Pd.I. mewakili kepala sekolah yang sedang menghadiri rapat dinas di Sub Rayon. Pak H.Atet Ahdiat, S.Pd.selaku ketua DKM Darul Ulum memberikan sambutan dengan  menyatakan bahwa salah satu tugas DKM adalah memakmurkan masjid. Dan kajian bulanan adalah salah satu upaya memakmurkan masjid. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para guru dan tenaga Kependidikan SMP Negeri 1 Mande dalam kajian bulanan ini, sekaligus menyampaikan terima kasih kepada kesediaan Ustadz Deni untuk mengisi kajian bulan Januari.

Baca Juga:  CLOSING CLASSMEETING, WARNA CERIA PADA PEMBAGIAN RAPORT SEMESTER PERTAMA 2022/2023

Kajian bulanan kali ini diisi dengan ceramah dari Ustadz Deni Rustandi atau yang dikenal dengan Ustadz Abu Haidar. Beliau adalah General Manager PT Tweeny Farm Cianjur. Selain itu, dengan moto: “jadikan dakwah sebagai poros hidup”, beliau juga menjadi penanggung jawab Relawan Islam Selamatkan Negeri (ISN) wilyah Cianjur.

Isi Kajian

Ceramah kali ini berjudul “Pentingnya Kekuatan Visi Seorang Guru”. Ustadz Deni memaparkan pentingnya visi.  Yang dimaksud dengan visi adalah sesuatu yang tidak nampak secara langsung, namun mampu mendorong manusia melakukan hal hal yang luar biasa.

  • Dalam diri manusia memiliki visi
  • Dengan visi, akan terkandung energi yang sangat dahsyat.
    Contoh kasus: Korea Selatan
    Sebelum milenium, masyarakat dunia belum mengenal produk produk Korea. Namun rakyat Korea bersedia membeli barang barang produk negerinya sendiri dengan harga yang lebih mahal dengan kualitas lebih rendah dibanding produk Jepang. Visi rakyat Korea Selatan didukung oleh Pemerintah dan kalangan pengusaha yang terus memperbaiki kualitas produk mereka. Hasilnya, kini produk elektronik dan otomotif Korea Selatan kini terdepan.
    Korea Selatan dapat meraih sukses karena:.
  • Memiliki visi yang jelas
  • Memiliki target untuk mewujudkan visi.
  • Memiliki tahapan untuk mewujudkan visi.
  • Memiliki keseriusan untuk menyebarkan visi.
    Bagaimana dengan umat Islam?
  • Kita harus menjadi guru dan muslim yang tangguh.
  • Muslim dan guru yang mampu meneladani Rasulullah SAW.
  • Menjadi guru pejuang.
  • Cara menjadi guru pejuang:
Baca Juga:  Keluarga Satman Berduka, Ibunda Pak Krisna Meninggal Dunia

Harus mampu menaikkan level berpikir sampai ke level ke -3 (berpikir ideologis, jauh ke depan, untuk jangka panjang).

  • Selalu menjalin silaturahmi.

Visi guru: Menciptakan generasi Khoiru ummah (generasi terbaik)

Bagaimana sebagai seorang guru, berdakwah, mengerahkan segala daya upaya,memberikan teladan untuk membentuk generasi Khoiru ummah,generasi terbaik di dunia.

Selanjutnya ustadz Deni menyampaikan keistimewaan hamba Allah SWT yang berdakwah dengan menyitir sebuah hadits:

Adapun berhubungan dengan keutamaan berinteraksi, Ustadz Deni menyampaikan hadits:

Di akhir kajian Ustadz Deni Abu Haidar memimpin peserta kajian untuk bermuhasabah, sekaligus memanjatkan doa bersama sama.

Semoga kegiatan ini bisa terlaksana secara konsisten untuk menjalin silaturahmi keluarga besar SMPN 1 Mande sekaligus sebagai upaya recharge asupan rohani bagi seluruh pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Mande.