Rajaban di Satman Bersama KH Hudzaifah

Kita masih berada di Bulan Rajab, salah satu dari empat bulan yang terkategorikan bulan “haram”, bulan yang dimuliakan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di bulan mulia ini ada beberapa peristiwa penting dalam Islam, dua di antaranya adalah peristiwa pembebasan Masjidil Aqsa oleh Panglima Islam, Salahudin Al-Ayyubi, dan satu peristiwa lagi yakni peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Sebagai salah satu bentuk “tahrim” atas di-isra dan di-mi’rajkannya Baginda Nabi, hari ini, 4 Maret 2021, Keluarga Besar SMP Negeri 1 Mande (Satman) menggelar acara “Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW Tahun 1442 H”.

Kegiatan ini diisi dengan beberapa acara, antara lain senandung shalawat, tilawah Al-Qur’an, dan tausiyah. Acara pokok berupa tausiyah, diisi dengan tablighul Islamiyyah yang disampaikan oleh KH Hudzaifah, Pimpinan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Mande Cianjur.

Acara dimulai pukul 09.00 hingga menjelang dzuhur, diikuti oleh Pak Kepala Sekolah (Pak Taufik Setiawan), seluruh pendidik dan tenaga kependidikan.

Resume Tausiyah KH Hudzaifah :

Berikut ini catatan singkat materi ceramah yang disampaikan kiai yang biasa dipanggil dengan sebutan “Ajengan Iyus”.

Baca Juga:  Laporan Dokumentasi PARADISE Online

1. Bahwa semua orang beriman adalah bersaudara
2. Rukun “Sono” Suami istri ada 6:
– Sono kusabab pangantenan
– Sono kusabab kareseban
– Sono kusabab ngalahirkeun
– Sono kusabab papaseaan
– Sono kusabab nyanyabaan

3. Rukunnya dengan sesama, harus seperti rukunnya tangan kanan dan tangan kiri, berbeda tugas namun tetap seia sekata. Tangan kanan biasanya mengerjakan yang baik-baik dan bersih, sedangkan yang kiri mengerjakan yang “jorok-jorok”. Namun tangan kanan menghargainya dengan menempatkan barang berharga di tangan kiri. Begitulah ibrah sederhana dari kedua tangan.

4. Apapun tergantung pemimpin. Pemimpinnya baik, maka yang dipimpinnya cenderung baik juga. Manusia pun demikian. Pimpinannya adalah hati, sedangkan organ yang lain adalah rakyatnya. Jika hati baik, maka akan baik pula seluruh organ yang dipimpinnya.

5. Enam keuntungan lelaki yang shalat berjamaah di mesjid
– mendapat pahala atas langkahnya dari rumah ke mesjid
– mendapat pahala shalat tahiyyatul masjid
– mendapat pahala shalat berjamaah
– mendapat pahala dzikir berjamaah
– mendapat pahala silaturahim
– mendapat pahala atas langkahnya pulang dari mesjid

Baca Juga:  Webinar 3 Gemas Literasi, Seminar Online Guru Penulis Disdik Cianjur

Demikian resume dari tausiyah KH Hudzaifah dalam acara Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Mesjid Darul Ulum SMPN 1 Mande.Semoga bermanfaat.

Galeri Foto






Mohon maaf, foto tidak ditampilkan semuanya, karena ada keterbatasan space.
Nuhun Pak Janu, foto-fotona kereen👍👍

7 Comments

  1. Piece of writing writing is also a excitement,
    if you be acquainted with afterward you can write or else it is difficult to write.

Tinggalkan Balasan