Semarak Bulan Bahasa, Hari Santri, Sumpah Pemuda, dan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020 (part3)

Assalamu’alaikum Sahabat Satman…bertemu kembali masih dalam edisi Perlombaan Virtual Satman Tahun 2020. Setelah kemarin admin update tentang Daftar Peserta Perlombaan Virtual Satman, kali ini admin mau update seputar opini dewan juri tentang hasil karya lomba yang sudah dikumpulkan pada 19-20 Oktober lalu.

Lomba Membaca Puisi

Lomba membaca puisi ini ditujukan untuk kelas VII, dengan kriteria penilaian sebagai berikut:

  • Ekspresi (penghayatan, mimik, kinesik)
  • Artikulasi (pelafalan)
  • Intonasi (penekanan)

Dewan juri lomba membaca puisi ini ada 2 orang, juri pertama adalah Bu Hadijah, S.Pd.

Dari beberapa hasil karya yang sudah masuk, Bu Hadijah memiliki kesan:

Alhamdulillah saya merasa senang karena ternyata masih ada beberapa siswa yang antusias untuk mengikuti lomba pembacaan puisi ini. Selain itu saya secara pribadi tentu merasa bangga dan mengapresiasi atas karya siswa tersebut bagaimana pun hasilnya.

Dari beberapa video yang dikirim oleh siswa, apabaila dilihat berdasarkan teknik pembacaannya, masih ada siswa yang membaca puisinya itu seperti membaca suatu bacaan saja. Padahal dalam membaca puisi siswa harus memperlihatkan ekspresi yang sesuai dengan kandungan puisi yang dibacanya, kemudian ketika membacakan puisi siswa juga harus memperhatikan intonasi yaitu melakukan variasi nada dan memberikan tekanan atau keras lembutnya pengucapan bunyi. Selain ekspresi dan intonasi siswa juga harus memperhatikan artikulsi/lafal yaitu pengucapan bunyi bahasa. Namun sebagian besar siswa dalam membaca puisinya sudah mendekati kriteria yang dipaparkan di atas.

Terima kasih anak-anakku🥰 atas usaha yang telah Kalian lakukan, mudah-mudahan ke depannya akan lebih baik lagi. Tetap semangat 💪💪💪💪💪

Dewan juri kedua adalah Bu Novi Sri Rahayu K., S.Pd

Setelah menerima hasil karya peserta lomba, Bu Novi berpendapat:

Saya pribadi sangat bangga terhadap antusias anak-anak yg sudah mengikuti cabang perlombaan membaca puisi bahkan ada peserta yang begitu kreatifnya sampai menggunakan backsound dan editing sedemikian apiknya bagi pemula atau pertama kalinya mengikuti perlombaan membaca puisi khususnya anak-anak kelas VII.

Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, dapat melatih kepercayaan diri mereka dan bisa menjadi motivasi bagi peserta didik yang lainnya.

Lomba Menulis Puisi

Lomba menulis puisi ini ditujukan untuk kelas VIII. Untuk kriteria penilaian puisi, dewan juri menggunakan aspek aspek berikut :

  1. Isi sesuai tema
  2. Pilihan kata (diksi)
  3. Penuangan bahasa yg menjelaskan maksd maksd dlm puisi)
  4. Penyajian
Baca Juga:  Semarak Partisipasi SMP Negeri 1 Mande dalam PLG Subrayon 1 Tahun 2021 - 2nd day

Juri pada lomba menulis puisi ini ada dua orang guru cantik, yaitu Bu Mila Nur Safriyanti, S.Pd dan Bu Ai Mulyati, S.Pd.

Bu Mila Nur Safriyanti sedang menilai hasil karya peserta lomba menulis puisi

Berdasarkan beberapa hasil karya yang sudah diterima, Bu Mila memiliki kesan sebagai berikut:

Jumlah peserta yang masuk alhamdulillah memenuhi target…
Pas baca puisi puisi karya siswa semuanya sangat bagus…sampai sampai sedikit bingung ya…tapi alhamdulillah dengan kriteria yang sudah kami tentukan…insaallah kami objektif dalam menentukan pilihan terbaik…
Semua karya bagus… Tidak disangka ternyata banyak bakat bakat terpendam dalam diri siswa…
Jadi artinya…kalau dipaksa,, ide-ide itu bermunculan ya…hehe….wkwkwk
Semoga ke depan kalian bisa semakin berkarya …

Bu Ai Mulyati sedang memeriksa hasil karya peserta lomba menulis puisi

Bu Ai Mulyati, berpendapat:

Dari hasil karya siswa yang masuk alhamdulillah memenuhi target dan tidak di sangka banyak siswa yang senang…….
Sastra berupa puisi karya siswa sangat bagus-bagus hasilnya,ternyata banyak siswa yang mempunyai bakat terpendam dalam menulis puisi……sampai sedikit kebinggungan untuk menilai hasil puisi yang di buat siswa,tapi dengan kriteria penilaian yang sudah ada insaalloh kami akan menilai secara objektif dan akan memilih yang terbaik.
Semoga dengan adanya lomba menulis puisi,siswa dapat memotifasi menciptakan sebuah karya.

Lomba Menulis Cerpen

Lomba menulis cerpen merupakan perlombaan bagi peserta didik kelas VIII, sebagai sasarannya. Memang bukanlah cerpen secara utuh yang diharapkan dapat dibuat oleh peserta, melainkan cerpen sederhana sesuai dengan kriteria penilaian berikut:

  1. Orisinal
  2. Isi sesuai tema
  3. Kelengkapan unsur cerita
  4. Ada peristiwa/kejadian
  5. Penyajian

Untuk dewan juri yang akan memilih karya-karya terbaik sebagai pemenangnya terdiri dari, Pa H. Atet Ahdiat, S.Pd ditemani oleh Bu Dra. Fenty Indrarti. Penilaian dibagi dua, dimana Pa H. Atet Ahdiat menilai hasil karya dari IX-A sampai IX-D sedangkan Bu Fenty menilai hasil harya dari kelas IX-E sampai IX-I.

Baca Juga:  SHARING HASIL BIMTEK GPK
Bu Fenty Indrarti sedang menilai salah satu cerpen tulisan peserta

Kesan Bu Fenty untuk hasil karya yang telah masuk adalah:

Para siswa cukup antusias untuk mengikuti lomba menulis cerpen ini, terbukti dari jumlah peserta yang diikuti oleh 11 peserta dari 5 kelas yang saya nilai. Juga hasil karya mereka sudah cukup bagus👍🙏

Lomba Story Telling

Perlombaan story telling ini dimaksudkan untuk melatih keterampilan dalam berbahasa Inggris. Diberikan pada setiap tingkat tetapi dengan tema yang berbeda. Adapun kriteria penilaiannya adalah:

  1. Pronounciation/pengucapan
  2. Intonation/intonasi
  3. Fluency/ kelancaran
  4. Expression/ekspresi saat bercerita.

Story Telling Kelas VII bertema, “Introducing our self“.

Menurut Pa Januar Aripin, S.Pd sebagai dewan juri, dari hasil karya yang sudah diterima: “Alhamdulillah anak2 sudah berani dan antusias mengikuti lomba virtual ini dan waktu singkat pun anak sudah lumayan lancar🙏

Story Telling Kelas VIII bertema “Malin Kundang” dengan Juri Bu Loniawati, S.Pd.

Story Telling Kelas IX bertema, “Tangkuban Perahu“.

Menurut Bu Siti MK Nurjanah, S.Pd sebagai juri,

Walaupun di hari pertama lomba sempat merasa kecewa karena slow respon dari peserta. Namun di hari kedua ternyata peserta semakin antusias mengikuti lomba Story Telling ini. Mudah-mudahan ke depannya bisa diselenggarakan lagi dengan versi yang berbeda yaitu siaran langsung lombanya. Melalui lomba ini dapat mengexplore kemampuan siswa dalam berbahasa Inggris

Pasanggiri Bahasa Sunda

Pasanggiri Bahasa Sunda bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbahasa Sunda di kalangan peserta. Diwujudkan dalam tiga jenis perlombaan, yaitu Lomba Pupujian (Kelas VII), Lomba Maca Warta (Krlas VIII), dan Lomba Nyaritakeun Kampung Adat (Kelas IX). Ketiga lomba tersebut memiliki kriteria penilaian yang sama, yaitu:

  1. Bahasa ngeunaan lafal, intonasi/lentong, & volume sora
  2. Eusi
  3. Penampilan/ekspresi.
Baca Juga:  Perayaan HUT RI Ke-77 ala Satman Juara

Adapun yang bertindak sebagai dewan juri adalah Bu Dra. Euis Siti Aisyah dan Pa Enjang Fathul Mujib, S.Pd.

Dari hasil karya yang sudah dikirimkan peserta, Bu Euis berkomentar:

Kacida reueusna (bangga), sabab ieu kagiatan mangrupa tarekah pikeun ngahirup jeung ngahuripkeun basa Indung sorangan (basa Sunda). Siswa sangat antusias sekali nengikuti lomba (pasanggiri). Siswa sangat kreatif sekali. Hoyongna ka payunna diayakeun unggal taun 😀🙏🙏

Tahfidz Qur’an

Tahfidz Qur’an adalah perlombaan menghafal Qur’an dengan Surat yang ditentukan. Ditujukan bagi kelas VII, VIII, dan IX dengan dewan juri Pa Deni Kurnia, S.Pd.I, Bu Hj. Teti Hermiati, S.Ag, dan Bu Nina Gartina, S.H.I.

Kriteria penilaian Tahfidz Qur’an kelas VII:

  1. Tajwid
  2. Makhroj
  3. Hafalan
  4. Lagam

Dari hasil video kiriman peserta kelas VII, Pa Deni berkomentar:

70% peserta, hafalan bagus, lagam bagus. Untuk makhroj dan tajwid, masih ada yang perlu diperbaiki.

Kriteria penilaian Tahfidz Qur’an kelas IX:

  1. Fasihat
  2. Tajwid
  3. Makharijul Huruf
  4. Kreatifitas Video

Dari video yang sudah dikirim, Bu Nina berkomentar:

Potensi anak-anak luar biasa. Mengalihkan stigma ‘ngorek wae hp‘ menjadi pemanfaatan teknologi positif, anak-anak punya pengalaman baru melalui lomba virtual. Harapan lomba-lomba ke depan, keikutsertaan peserta lebih banyak.

Membaca komentar para juri untuk setiap perlombaan, betul-betul membuat bangga kepada seluruh peserta. Putra-putri Satman ternyata memang luar biasa…masya Allah.

Klo admin jadi jurinya, pasti bingung milih pemenang…hehehe. Tapi kita punya juri-juri hebat yang pasti dapat memilih hasil karya terbaik sebagai pemenangnya.

Admin jadi ga sabar nunggu pengumuman lombanya, klo Sahabat Satman gimana??? So…tunggu pengumuman pemenangnya d artikel selanjutnya….

-to be continue-

1 Comment

  1. Hey there I am so excited I found your website, I really found you
    by accident, while I was browsing on Aol for something else, Regardless I am here now and would
    just like to say thanks a lot for a marvelous post and a all round exciting blog (I also love the
    theme/design), I don’t have time to look
    over it all at the minute but I have book-marked
    it and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be
    back to read more, Please do keep up the great
    work.

Tinggalkan Balasan