Semester Baru Semangat Baru di Tahun Baru

Semester Genap Tahun 2021/2022 sudah dimulai, akhirnya setelah melalui perencanaan yang cukup panjang SMP Negeri 1 Mande menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) kembali. Meskipun masih terbatas 50% tetapi kali ini durasi di sekolahnya telah bertambah 4 jam.

Mekakisme PTMT di Semester Genap Tahun 2021/2022

Pelaksanaan PTMT di semester genap masih 50% sehingga masih bergiliran sepekan sekali, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Sesi 1 (absen 1-19) jadwal PTMT pada pekan ganjil
  • Sesi 2 (absen 20-37) jadwal PTMT pada pekan genap

Dengan catatan, ketika tidak mendapat giliran PTMT maka peserta didik belajar secara daring di rumah. Mekanisme ini telah disosialisasikan pada saat awal masuk semester genap, melalui Rapat Orang Tua/Wali peserta didik.

Jadwal Pelajaran Semester Genap Tahun 2021/2022

Untuk semester genap ini, durasi pembelajaran ditambah menjadi 4 jam di sekolah. Sehingga, untuk setiap harinya pembelajaran berlangsung selama 6JP, kecuali Jum’at hanya 4 JP dengan 1JP = 30 menit. Penambahan jam pelajaran ini menambah durasi beberapa mata pelajaran, seperti Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Baca Juga:  2 Buku dari 2 Guru Satman, Kolaborasi Penulisan Inspirasi Mengajar di Masa Pandemi

Berikut ini jam pelajaran semester genap tahun 2021/2022

  • Upacara bendera/apel pagi
  • Hafalan Juz ‘Amma dan Doa Harian
  • Readathon

Berikut ini beberapa dokumentasi kegiatan tersebut di pekan pertama PTMT SMP Negeri 1 Mande pada semester genap ini.

Upacara/Apel Pagi

Selain kegiatan apel pagi pertama ini, juga ada prosesi serah terima kepengurusan OSIS/MPK SMP Negeri 1 Mande Periode 2021/2022.

Hafalan Juz ‘Amma dan Doa Harian

Kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dari Kurikulum SMP Negeri 1 Mande, dimana setiap peserta didik memiliki target hafalan Juz ‘Amma selama tiga tahun belajar di SMP Negeri 1 Mande ini. Biasanya, sebelum peserta didik ‘setor‘ hafalan kegiatan ini diawali oleh pelaksanaan sholat dhuha dan tadarusan bersama.

Berikut ini merupakan target hafalan Juz ‘Amma, doa harian serta Asmaul Husna yang harus dituntaskan oleh peserta didik.

Kegiatan Readathon

Inilah kegiatan yang paling dirindukan di Satman. Apa itu Readathon??? Kegiatan Readaton adalah kegiatan membaca bersama secara marathon, baik peserta didik maupun pendidik dan tendik, warga SMPN 1 Mande. Biasanya kegiatan ini dilakukan di lapangan dan ditutup juga dengan kegiatan apresiasi seni baik dari peserta didik maupun pendidik dan tendik.

Baca Juga:  Hari Santri dan Cinta Negeri

Readathon perdana ini, dibuka dengan kegiatan sholat dhuha, dilanjutkan dengan tadarusan Q.S. Ar-Rahman yang dipimpin oleh Bpk. Deni Kurnia, S.Pd. Disambung dengan muhasabah oleh Ibu Nina, Gartina, S.H.I. yang terasa sangat syahdu dan menyentuh hati. Semoga menjadi pengingat diri untuk menjadi pribadi yang terus memperbaiki diri.

Tidak mau kalah dari gurunya, beberapa peserta didik pun turut unjuk gigi dengan kebolehannya. Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan Readathon perdana pada PTMT semester genap di SMP Negeri 1 Mande.

Demikianlah keseruan pekan pertama PTMT sebagai pembuka kegiatan pembelajaran di semester genap tahun 2021/2022 ini. Semoga dapat menjadi motivasi dan menambah semangat belajar untuk seluruh warga Satman.

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
Instagram
WhatsApp