Petik Manis OWOJ: Dulu Enggan, Sekarang Ketagihan

Mendengar kata OWOJ bukanlah hal yang asing untuk personil sekolah SMPN 1 Mande. Sepertinya OWOJ ini sudah melekat dan tertanam di sekolah ini.

Meskipun OWOJ sudah dikenal oleh warga SMPN 1 Mande, tapi tidak ada salahnya apabila kita beri penjabaran kembali mengenai OWOJ ini.

OWOJ kepanjangan dari one week one juz. OWOJ adalah salah satu program kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di SMPN 1 Mande yang kegiatannya sudah berlangsung lumayan cukup lama yaitu sekitar 2 tahunan.

Kegiatan ini Alhamdulillah berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan. Hal ini bisa dilihat dari jumlah personil sekolah yang hampir kurang lebih 90 persen mengisi kegiatan ini.

Dalam program OWOJ ini kita harus menyelesaikan garapan membaca Al-Qur’an sesuai dengan Juz yang dikirim oleh Tim OWOJ. Artinya juz yang kita baca itu harus sesuai dengan juz yang menjadi garapan kita.

Sebagai contoh Tim OWOJ mengharuskan kita membaca juz 1, maka yang dibaca pun harus juz 1. Pekan berikutnya melanjutkan ke juz selanjutnya. Membaca Al-Qur’an 1 juz ini dilaksanakan dalam satu pekan.

Baca Juga:  Ngamumule Basa Sunda, Ulah Dugi Ka Jati Kasilih Ku Junti

Penyampaian juz yang harus dibaca akan disampaikan oleh Tim OWOJ setiap hari Senin. Kita dapat membuat laporan setelah selesai membaca Al-Qur’an di minggu itu atau bisa juga membuat laporan terakhir di hari Minggu.

Awalnya kegiatan ini dianggap cukup berat. Terbayang kita harus menyetor laporan membaca Al-Qur’an 1 juz dalam satu minggu. Bayangan itu ada dalam pikiran karena tidak terbiasanya melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Jarangnya penerapan membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari menjadikan agak sedikit kesulitan dalam pembacaan Al-Qur’an, sehingga membaca Al-Qur’an menjadi sedikit lambat. Nauzubillah mudah-mudahan pikiran ini tidak ada lagi dalam pikiran kita.

Namun setelah dijalankan secara rutin akhirnya kesulitan itu sedikit demi sedikit dapat diatasi. Justru dari program OWOJ ini memberi kesan dan kenikmatan tersendiri dimana kita diarahkan kepada kebiasaan yang lebih baik.

Manfaat OWOJ

Dengan berjalannya waktu ternyata kegiatan ini dipandang dapat memberikan manfaat yang banyak diantaranya:

  1. Menjadi terbiasa membaca Al-Qur’an
  2. Mengalami peningkatan dalam membaca Al-Qur’an yaitu bacaan Al-Qur’an kita lebih baik dan menjadi lebih lancar
  3. Menjadikan hati dan pikiran kita lebih adem, nyaman, dan tenang
  4. Mengetahui sedikit demi sedikit kandungan Al-Qur’an melalui pendalaman Al-Qur’an dengan membaca terjemahan dan tafsir Al-Qur’an
  5. Memberikan good habits dimana kita bisa belajar memperbaiki diri ke arah kebiasaan yang baik dan mungkin akan lebih banyak lagi manfaat – manfaat yang dapat kita rasakan.
Baca Juga:  Dan Aku pun Mengerti, Tak Semua Rasa Perlu Dikata

Menyadari kesalahan yang dilakukan di masa lalu yaitu malasnya membaca Al-Qur’an, akhirnya tersadarkan oleh program kegiatan keagamaan ini. Dan juga ditambah informasi dari salah satu blog yaitu Blog Gramedia Digital yang memberikan penjelasan mengenai manfaat membaca Al-Qur’an dan Fadhilahnya.

Dari Blog tersebut dijelaskan 10 manfaat membaca Al-Qur’an antara lain:

  1. Memperoleh pahala dari Allah SWT
  2. Diselamatkan saat hari penghisaban akhirat
  3. Menjadi keluarga dan kepercayaan Allah SWT
  4. Menjadi obat terbaik saat sakit
  5. Rumah diberkahi oleh Allah SWT
  6. Dijauhkan dari setan
  7. Senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT
  8. Membuat hati menjadi tenang
  9. Berisi ilmu pengetahuan
  10. Dikabulkan doa kita.

Masya Allah tabarrakallah setelah membaca dari Blog tersebut, ternyata lebih banyak lagi manfaat yang dapat kita rasakan dari kegiatan membaca Al-Qur’an ini.

Alhamdulillah Allah masih memberikan kesempatan untuk memperbaiki diri agar bisa dekat dengan yang menciptakan kita, Allah SWT.

Tidak ada kata terlambat untuk melakukan hal-hal yang baik. Dari kegiatan OWOJ dan informasi yang didapat dari Blog Gramedia Digital, kita dapat memetik manisnya manfaat dari membaca Al-Qur’an. Semoga apa yang telah dilakukan akan menjadi pahala bagi kita semua, Aamiin ya rabbal aalamiin.

Baca Juga:  Memaknai Rasa Cinta dan Benci

Tak ada kata yang dapat terucap selain ucapan terima kasih pada program kegiatan OWOJ yang telah memberikan kasih manisnya kepada kita sehingga dapat memberikan perubahan diri yang positif.

Catatan
Remind myself and try to improve myself for everything

Tinggalkan Balasan