3 Kata Ajaib oleh Bu Erma Nurannisa

BETAPA “AJAIB” ENERGI MAAF, TOLONG DAN TERIMA KASIH

Ketiga kata tersebut saya berinama kata “ajaib”. Masih banyak orang yang menganggap biasa saja dengan kata “Maaf, Tolong dan Terima kasih. Tetapi betapa ajaibnya ketiga kata ini yang mempunyai banyak manfaat meskipun semua orang tidak menyadarinya.

Bahkan dengan kata yang sesimpel dan sesingkat itu bisa membuat orang lain lebih bahagia. Tidak ada salahnya mencoba memahami tiga kata ajaib itu, untuk apa memahamikata ajab itu ? tentunya untuk menjaga agar hubungan kita dengan orang lain bisa semakin lebih baik.

1. Maaf

Iya maaf, setiap manusia tentunya pernah berbuat salah entah itu perkataan atau perbuatan, entah itu dengan sengaja atau tidak di sengaja, jadi Maaf menurut saya adalah kata yang sering terucap dari seseorang ketika menyadari dirinya melakukan kesalahan atau perbuatan yang tidak baik. Maaf juga adalah bentuk simpati sekaligus penyesalan. Mengatakan maaf bukan berarti menunjukan bahwa seseorang itu lemah atau kalah, tetapi memberikan arti untuk menghargai orang lain dan membawa perdamaian pada diri sendiri. Orang yang mampu mengakui kesalahannya justru adalah pemenang sejati.

Baca Juga:  Pohon Belimbing ini, Kenangan untuk Setitik Kebaikan bagi Satman

2. Tolong 

Jangan malu untuk meminta tolong kepada orang lain. Meminta tolong tentunya tidak akan membuat harga diri jatuh atau terlihat lemah. Setiap manusia adalah makhluk sosial yang tentunya akan membutuhkan bantuan dari orang lain. Tentu meminta tolong dengan harus dengan kata yang baik, sopan, dan jangan menimbulkan kesan memaksa. 

3. Terima kasih

Bentuk perhagaan atas upaya seseorang tidak harus berbentuk mendali, piala, apalagi uang. Hal paling sederhana, murah dan mudah bisa dilakukan adalah mengucap “terima kasih”. Sekecil apapun bantuan yang diberikan jangan lupa untuk menggucapkan terima kasih, karena tanpa disadari hal itu sangat membantu di kala kesulitan datang, lalu bentuk ucapan terimakasih yang paling mudah adalah dengan bersyukur.

Ucapan terima kasih tidak hanya saat kita mendapatkan barang atau materi, namun juga di saat kita mendapatkan pertolongan, mendapat pujian, atau hal hal yang memberikan rasa senang atau nyaman dalam kehidupan. 

Dilansir dari Universitas Pendidikan Indonesia, mengucapkan terima kasih atau bersyukur memiliki banyak manfaat. Sering bersyukur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Selain itu, dapat mengurangi rasa dendam hingga frustasi.

Baca Juga:  Masih Ada Doa, Bagi Yang Tak Berdaya

Memahami kekuatan ketiga kata ajaib tersebut dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari tidaklah sulit apabila sudah terbiasa. Namun semuanya kembali pada kamauan, keinginan, dan kesadaran kita untuk menciptanya kehidupan yang lebih baik dengan cara berkomunikasi yang tepat. Untuk itu mari kita mulai membiasakan diri untu berkata-kata yang baik mulai dari sekarang. Ciptakan lingkungan yang dihiasi dengan pikiran yang positif, kalimat-kalimat yang positif, dan energy yang positif, yang akan menghasilkan kehidupan yang lebih baik dan produktif.

 Maya Jovanovic seorang penulis, “jika meminta maaf sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Permintaan maaf bisa dig anti dengan permisi atau terima kasih. 

Jangan lupa untuk selalu mengucapakan ke tiga kata ajaib ini 

MAAF, TOLONG, DAN TERIMA KASIH 

TIGA KATA YANG MENGUBAH BENCI MENJADI CINTA, DAN LAWAN MENJADI KAWAN