5 Cara Rahasia Mendapatkan Bahan Tulisan untuk Web

Sambil menunggu proses pendaftaran, penilaian, dan pengumuman hasil lomba dalam rangka Bulan Bahasa, Sumpah Pemuda, dan Maulid Nabi Saw, kami akan sedikit berbagi “rahasia”. Rahasia bukan sembarang rahasia. Rahasia bagaimana kami mendapatkan bahan artikel, bagaimana menyajikannya untuk sahabat, dan bagaimana alur proses hingga sebuah artikel bisa dinikmati pembacanya.

Cara-cara rahasia ini cukup efektif dan membuat kami sampai saat ini bisa tetap bertahan dan menyajikan artikel-artikel untuk sahabat semua. Berikut penjelasan ringkasnya.

5 Cara Mendapatkan Bahan Artikel

Teknik Wawancara

Bagi yang pernah belajar Bahasa Indonesia, akan faham bahwa teknik wawancara merupakan salah satu cara efektif mendapatkan informasi.

Sejumlah item pertanyaan yang sudah disusun sedemikian rupa, disesuaikan dengan alur artikel yang akan kita buat, lalu ditanyakan kepada narasumber. Yang sering kami lakukan adalah wawancara langsung dan melalui media sosial.

Teknik Pengamatan

Pengamatan ini meliputi mendengarkan percakapan misalnya, melihat fenomena, Teknik ini sering kami lakukan. Banyak artikel di web ini, hasil dari mendengar pembicaraan tentang suatu topik, atau mengamati sebuah hal yang sedang hangat di tengah suatu komunitas, dalam hal ini lingkup guru Satman.

Baca Juga:  Untaian Kata Guru Satman, Memaknai Kemerdekaan

Teknik Angket

Aplikasinya, misalnya kami mengirim sebuah pertanyaan, tidak kepada satu orang, namun ke banyak orang. Jawaban yang terkumpul ini dirangkai menjadi sebuah artikel, dan ditayangkan di web. Teknik ini sering juga kami gunakan.

Teknik Surfing

Cara kerjanya, kami cari target akun mana yang kontennya yang mau dijadikan bahan artikel. Akun yang di-surf biasanya akun di FB. Sesudah dirasa cukup bahannya, maka dirangkailah artikel berdasar konten si target. Kadang teknik ini mengagetkan si empunya akun. Tapi percayalah, hanya Good News yang akan ditampilkan.

Teknik Memancing

Jangan salah persepsi, bukan memancing ikan, melainkan memancing pendapat. Misalnya, kami menemukan gambar menarik. Lalu dikirim gambar tersebut kepada si empunya, dan ditanyakan. Misal, pertanyaannya, “Maaf Bu, ini momen apa, di mana, dan untuk apa?”. Ini akan memancing beliau untuk menjelaskannya. Penjelasan itu menjadi bahan artikel. Sip kan?

Nah itu 5 cara rahasia kami untuk mendapatkan bahan tulisan di web. Tentu masih ada cara lain yang efektif untuk menggali ide artikel.

Baca Juga:  Gema PHBI Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari Santri Nasional SMPN 1 Mande Tahun 1444 H / 2022 M

Bagaimana Pola Kerja Admin dalam Menayangkan artikel?

Setiap ide penulisan, sering kami perbincangkan. Layak ditayangkan atau tidak. Ketika sudah selesai penulisan, selalu diadakan cek dan ricek, sebelum fix ditayangkan.

Ini semua untuk menjaga kualitas dari web kita, walau dalam kenyataannya, masih ada kesalahan-kesalahan dalam penulisan, itu manusiawi.

Untuk menjaga semangat dan kemampuan menggali ide, tiap awal bulan, admin selalu melakukan evaluasi mandiri.

Untuk sisi SEO dan keterhubungan dengan mesin pencari, hampir setiap hari dicek progres-nya.

Nah itulah rahasia dapur admin yang kami bagi. Cara-cara yang tetap kami pelihara, dan menggali cara lain untuk mewujudkan komitmen mempersembahkan artikel-artikel yang bermanfaat bagi pembacanya.

Semangat!

2 Comments

  1. Wow, marvelous weblog format! How lengthy have you ever been running a blog for?
    you made blogging glance easy. The overall look of your web
    site is magnificent, let alone the content!

Tinggalkan Balasan