Pers Berkualitas, Masyarakat Cerdas: Refleksi dalam Dunia Pendidikan di Sekolah
Pers berkualitas memainkan peran penting dalam mencerdaskan masyarakat. Hal ini tidak hanya relevan dalam konteks sosial-politik secara luas, tetapi juga dalam dunia pendidikan di sekolah.
Seperti yang kita ketahui, pers Indonesia mengalami perkembangan pesat pasca Orde Baru, ditandai dengan kemerdekaan pers yang diatur dalam UU No. 40/1999 tentang Pers.
Namun, pertumbuhan kuantitas media tidak selalu diikuti dengan peningkatan kualitasnya, yang menjadi tantangan utama bagi masyarakat dan institusi pendidikan.
Di dunia pendidikan, peran pers sebagai sarana penyebaran informasi sangat relevan. Dalam hal ini, sekolah bukan hanya menjadi tempat belajar, tetapi juga pusat pembentukan generasi cerdas yang kritis dan melek media.
Jika siswa dididik untuk memilih, memilah, dan memahami informasi dari media yang berkualitas, mereka akan terbiasa mengembangkan pola pikir yang kritis dan analitis.
Ini tentu menjadi bagian dari tujuan pendidikan yang lebih luas, yaitu menciptakan masyarakat yang cerdas dalam segala bidang—politik, budaya, ekonomi, dan sosial.
Sebagai institusi yang bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa, sekolah memiliki tanggung jawab besar untuk melibatkan literasi media dalam kurikulum.
Literasi media akan membekali siswa dengan kemampuan untuk menilai informasi yang mereka terima setiap hari, baik melalui media cetak maupun digital.
Di tengah maraknya perkembangan teknologi informasi, kemampuan siswa dalam membedakan berita yang valid dan yang menyesatkan menjadi sangat penting.
Pers berkualitas juga dapat berperan dalam memotivasi siswa untuk lebih terlibat aktif dalam berbagai kegiatan literasi.
Misalnya, melalui program-program jurnalistik sekolah, siswa dapat belajar tentang etika jurnalisme, proses peliputan berita, serta pentingnya menyajikan informasi yang berimbang dan objektif.
Dengan demikian, mereka tidak hanya menjadi konsumen informasi, tetapi juga mampu memproduksi konten yang bermanfaat dan mendidik.
Di sisi lain, pers memiliki peran penting dalam menyukseskan program-program pendidikan di sekolah.
Pers yang berkualitas dapat membantu menyebarluaskan informasi tentang pencapaian sekolah, prestasi siswa, serta berbagai kegiatan yang mengedukasi masyarakat. Dengan demikian, hubungan antara sekolah, masyarakat, dan pers menjadi semakin erat dan saling mendukung.
Sebagai kesimpulan, pers berkualitas memiliki peran yang sangat strategis dalam dunia pendidikan, terutama dalam membentuk siswa yang cerdas dan kritis.
Melalui pembelajaran yang terintegrasi dengan literasi media, sekolah dapat membantu siswa memahami peran penting pers dalam kehidupan sehari-hari dan mempersiapkan mereka menjadi generasi yang lebih bijak dalam mengonsumsi dan memproduksi informasi.
Pers yang berkualitas, dengan sendirinya, akan membantu mewujudkan masyarakat yang cerdas, termasuk di lingkungan pendidikan.
Download Buku PERS BERKUALITAS
Profil Penulis

-
Seorang Pembelajar, Tak Lebih.
www.abufadli.com
Artikel Terbaru dari Penulis
Satman News21 Februari 2025SMPN 1 Mande Gelar Perkemahan Penerimaan Tamu Penggalang (PTP) untuk 414 Siswa Kelas 7
Satman News10 Februari 2025SMPN 1 Mande Gelar In House Training (IHT) tentang Pemanfaatan Rumah Pendidikan dan Microsite
Satman News21 Januari 2025Gerakan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat, Apa Saja ya?
Satman News19 November 2024Permendikbud No. 22 Tahun 2018: Pedoman Upacara Bendera di Sekolah