Kreativitas Belajar di Masa Pandemi Covid-19 melalui Pembelajaran Berbasis Proyek

Kreativitas tanpa batas…mungkin itulah kata-kata yang tepat untuk putra-putri Satman. Masa pandemi tak menjadikannya terhalang untuk melakukan pembelajaran. Inilah salah satu bukti nyata kreativitas putra-putri Satman, melalui tulisan dari Bu Eem Rohimah, S.Pd berikut ini. Sahabat Satman selamat membaca….

Pandemi Covid-19 yang berdampak pada dunia pendidikan menyebabkan pembelajaran dilakukan secara daring di rumah masing- masing baik guru maupun peserta didik. Hal tersebut menuntut guru mengembangkan kreativitas dalam pemberian tugas kepada peserta didik. Pembelajaran berbasis proyek menjadi salah satu alternatif di tengah pandemi saat ini.

Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) atau dalam bahasa Inggris dinamakan Project-Based Learning (PjBL) adalah model pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Penekanan pembelajaran terletak pada aktivitas peserta didik untuk menghasilkan produk dengan menerapkan keterampilan meneliti, menganalisis, membuat, sampai dengan mempresentasikan produk pembelajaran berdasarkan pengalaman nyata.

Produk yang dimaksud adalah hasil proyek dalam bentuk desain, skema, karya tulis, karya seni, karya teknologi/prakarya, dan lain-lain.

Baca Juga:  Mengimbangi Siswa Milenial, Guru pun Harus Turut menjadi Guru Milenial

Pendekatan ini memperkenankan peserta didik untuk bekerja secara mandiri maupun berkelompok dalam mengkostruksikan produk nyata.

Tujuan Pembelajaran Berbasis Proyek

Tujuan Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) adalah sebagai berikut:

  1. Memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru dalam pembelajaran
  2. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah proyek.
  3. Membuat peserta didik lebih aktif dalam memecahkan masalah proyek yang kompleks dengan hasil produk nyata berupa barang atau jasa.
  4. Mengembangkan dan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengelola sumber/bahan/alat untuk menyelesaikan tugas/proyek.
  5. Meningkatkan kolaborasi peserta didik khususnya pada PBP yang bersifat kelompok.

Aktivitas pembelajaran proyek diharapkan mampu mengembangkan kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skill), kecakapan berkomunikasi (Communication skill). Pada dasarnya setiap anak itu kreatif. kecakapan kreatifitas dan inovasi (Creativity and Innovation), dan kecakapan kolaborasi (Collaboration). 

Agar pembelajaran tidak monoton, pada materi IPS kelas IX sub tema Dinamika Penduduk Benua-Benua di Dunia, peserta didik diberikan tugas proyek membuat presentasi materi dalam sebuah video dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran daring. Peserta didik mengerjakan tugas proyek tersebut secara berkelompok tanpa harus keluar rumah tetap berkoordinasi melalui alat komunikasi Whatsapp.

Baca Juga:  Upgrade Diri untuk Bersaing di Era Digital

Ternyata pandemi bukanlah alasan bagi peserta didik untuk tidak kreatif menyelesaikan proyek ini. Hasil karya mereka ternyata masyaAllah luar biasa, dan berhasil menyelesaiakan proyek sesuai waktu serta instruksi yang telah diberikan.

Hasil karya peserta didik ditayangkan dalam bentuk pameran virtual dalam WAG. Alhamdulillah mereka mampu memanfaatkan TIK dengan baik, ya….walaupun ada beberapa yang sedikit meniru…tapi tidak persis sama, mereka mampu berinovasi mencipta hal baru, untuk tingkat SMP sungguh luar biasa.

Pembelajaran daring memang cukup melelahkan, namun akan terasa menyenangkan jika antar guru dan peserta didik mampu bekerjasama dan berbagi ide serta komunikasi.

Semoga dengan tugas proyek ini mampu meningkatkan kreativitas mereka dan memanfaatkan teknologi dengan bijak untuk media belajar yang menarik dan memotivasi semangat belajar.

Beberapa Produk Tugas Proyek IPS Kelas IX

Masya Allah…terima kasih Bu Eem untuk tulisannya yang sangat inspiratif. Memberikan motivasi agar kita sebagai guru harus terus berinovasi untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Terima kasih pula untuk putra-putri Satman yang tak kenal lelah untuk terus belajar di rumah…tingkatkan terus kreativitas kalian.

Baca Juga:  Produktif di Masa Liburan, "Yuk ikutan Guru Belajar Seri AKM..."


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan