Pekan Penilaian Tengah Semester (PTS) di SMPN 1 Mande, Sudah Siapkah?

Penilaian adalah suatu hal yang mutlak dari setiap proses kegitan. Berfungsi untuk mengukur keberhasilan dari kegiatan yg telah dilakukan. Demikian juga dengan kegiatan pembelajaran, perlu dilaksanakan penilaian untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran sebagai hasil dari proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Dalam masa pandemi saat ini, ketika belajar dari rumah (BDR) tetap bergulir. Penilaian Tengah Semester (PTS) tetap harus dilaksanakan. Untuk sahabat Satman, inilah kali pertama PTS digital yang dilaksanakan oleh Satman.

Jadwal PTS

Sesuai dengan Kalender Pendidikan, Penilaian Tengah Semester dilaksanakan pada pekan ketiga di Bulan September ini. Untuk semester ini, Tim Kurikulum Satman tidak menjadwalkan secara khusus mengenai pelaksanaan PTS. Pelaksanaan PTS diserahkan pada masing-masing guru mata pelajaran, sesuai dengan jadwal pelajaran biasa. Dengan demikian waktunya lebih fleksibel.

Bentuk Pelaksanaan PTS

Demikian juga dengan format soal maupun bentuk PTSnya, Tim Kurikulum Satman tidak memberikan format khusus mengenai hal ini. Setiap guru mata pelajarn diberi kebebasan untuk melaksanakan kegiatan PTS dengan mudah dan menyenangkan bagi peserta didik yang melaksanakannya di rumah.

Ini juga keren:  Pembagian Rapot Semester Ganjil SMPN 1 Mande 2020/2021

Beberapa alternatif yang telah dipersiapkan oleh guru-guru Satman untuk PTS, antara lain:

  1. Pelaksanakan PTS menggunakan Google Form. Melalui Google Form, peserta didik dapat dengan mudah mengakses soal-soal PTS dari rumah, dengan syarat kuota dan jaringan memadai. Kelebihan lainnya peserta didik dapat dengan mudah langsung melihat hasil perolehan nilai ujian di akhir bagian (jika soal pilihan ganda).
  2. Pelaksanaan PTS menggunakan Aplikasi Quizzies. Melalui aplikasi Quizzies, peserta didik cenderung lebih menikmati ujian. Bahkan mereka tidak merasakan sedang ujian, dengan adanya kompetisi yang disajikan dalam aplikasi. Perolehan nilai sekaligus peringkatpun dapat langsung terlihat di akhir permainan. Tapi syaratnya pun sama seperti google form, jika kuota dan jaringan memadai.
  3. Pelaksanaan PTS menggunakan Aplikasi Whatsaap. Untuk beberapa peserta didik yang mengalami keterbatasan kuota sehingga tidak dapat mengakses google form maupun quizzies, guru-guru Satman menyediakan alternatif yang lain. Setiap guru mata pelajaran telah menyiapkan screen shoot soal PTS untuk dikirim kepada peserta didik yang tidak dapat mengakses google form maupun quizzies. Selanjutnya, peserta didik dapat mengerjakan soal PTS secara manual dan mengirimkan screen shoot jawaban secara langsung kepada guru mata pelajaran.
  4. Pelaksanaan PTS secara Offline. Bagi peserta didik yang benar-benar terkendala dalam pembelajaran daring, guru Satman pun telah menyiapkan soal PTS secara offline. Peserta didik dipanggil ke sekolah untuk mengambil print out soal PTS dan lembar jawaban dikembalikan pada waktu yang telah ditentukan. Tentu saja pemanggilan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Ini juga keren:  PAS 2020/2021 - First Time Online PAS on Satman

Berbagai alternatif ini disediakan sebagai wujud pelayanan guru-guru SMPN 1 Mande kepada peserta didik. Kami ingin memberikan pelayanan yang sama untuk memenuhi hak belajar peserta didik.

Untuk seluruh peserta didik Kelas VII, VIII, dan IX Tahun Pelajaran 2020/2021, kami ucapkan Selamat Melaksanakan Penilaian Tengah Semester. Persiapkan dengan baik, tunjukkan hasil belajar mandiri yang telah kalian lakukan di rumah, dan mari junjung tinggi kejujuran. Jangan sia-siakan berbagai upaya yang telah diberikan guru-guru untuk memberikan pelayanan terbaik untuk kalian. SatmanBisa…SatmanJuara…

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *