Sekilas tentang RISMADA, Rohis Remaja SMPN 1 Mande

Edisi kali ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang RISMADA. RISMADA, kependekkan dari Remaja Islam Masjid Daarul ‘Uluum SMPN 1 Mande, sebuah perkumpulan remaja yang berfokus pada kegiatan kajian keislaman, tadabbur alam, dan olah raga sunnah.

Sebelum kita membahas tentang apa saja kegiatan yang dimotori RISMADA, kita akan kembali dulu ke tahun 2014-an. Seiring keinginan untuk memakmurkan mesjid SMPN 1 Mande yang waktu itu kondisinya berbeda jauh dengan sekarang, maka diopinikanlah pembentukan sebuah kelompok remaja mesjid, sebelum adanya DKM Daarul ‘Uluum.

Maka berkumpullah Bu Hj. Ekowati (Waka Bidang Kesiswaan), Bu Hj. Teti (BP), Bu Euis (Seksi Kerohanian, waktu itu), Pak H Atet, dan Saya sendiri, di mesjid Daarul ‘Uluum. Tujuannya, merumuskan pembentukan RISMADA. Semua sepakat, dan terbentuklah wadah hijrah remaja ini.

Satu hal yang disepakati juga, bahwa RISMADA, secara organisasi ada di bawah OSIS bidang ketakwaan, yang waktu itu dipegang oleh ananda Qulsum Nurhandayani, sekaligus menjadi ketua RISMADA yang pertama. Namun secara operasional, merupakan perpanjangan tangan DKM bidang keremajaan.

Program Kerja RISMADA

Untuk mencapai tujuan yang ditetapkan, atau setidaknya memenuhi apa yang dijargonkan, yaitu “Wadah Hijrah Remaja Satman”, diupayakan berbagai ragam pembinaan yang menarik dan bernuansa remaja, antara lain:

Training Dakwah RISMADA (TDR)

Kegiatan ini biasa dilakukan di awal tahun pelajaran (sekitar bulan September), seiring penerimaan anggota baru. Kegiatan berupa rihlah (berwisata), pelatihan, game, dan terakhir, makan-makan. Semua ini ditujukan untuk mengenalkan secara utuh semua tentang RISMADA. Tempat yang dipilih tentunya tempat wisata, semisal Pantai Jangari, Kebun Raya Cibodas, dan lainnya.

Dakwah on The Road

Kegiatan ini menarik bagi anggota RISMADA, sekaligus menantang. Diawali dengan memilih lokasi yang akan dijadikan sasaran Dakwah on the Road, disiapkan materi dakwah ke masyarakat, pelaporan proses dakwah secara lisan dan bukti video, dan dievaluasi.

Baca Juga:  Salah satu Sudut Kemeriahan Porsegur PGRI Cabang Mande

Tujuannya, tiada lain untuk melatih anggota dalam hal keberanian berdakwah ke masyarakat, tentu dalam taraf dan gaya remaja. Lokasi yang pernah dipilih antara lain Jangari, Ciguriang, Pasir Halang, dan Cibodas.

Aksi Cinta Palestina

Nah ini biasanya kerja sama dengan KNRP (Komite Nasional Rakyat Palestina), menghadirkan syekh/ulama Palestina di SMPN 1 Mande. Acara yang hampir tiap tahun diadakan ini diisi dengan tampilan-tampilan seni pembuka anggota RISMADA, edukasi Palestina, dan pengumpulan donasi untuk perjuangan Palestina.

Malam Bina Iman dan Takwa (MABIT)

MABIT, merupakan sebuah program RISMADA untuk meningkatkan iman dan takwa para remaja. Kegiatannya, bermalam di Mesjid Darul Ulum. Diisi dengan aneka kegiatan pembinaan keagamaan, motivasi, tayangan, baca al Qur’an, tahajud plus renungan, dan tak lupa panahan serta pencak silat. Untuk urusan pencak silat, alhamdulillah ada ahlinya, Pak H Atet.

Halqah Remaja

Menuntut ilmu agama itu di mana saja, bukan hanya di dalam mesjid, di kelas, bahkan di lapangan pun jadi. Ini setidaknya sering dilakukan RISMADA dalam melaksanakan “halqah” (kajian Islam).

Halqah ini biasa ada dua termin. Setiap Kamis siang untuk ikhwan dan akhwat. Ikhwan dibimbing Pak Deni, dan akhwat dibimbing Tim Smart with Islam. Untuk termin kedua, dilaksanakan khusus untuk akhwat setiap Jumat pukul 11.00-12.00 bersama Bu Yuliana Gultom, Bu Hj. Teti Hermiati, dan Bu Nina Gartina secara bergiliran tiap pekannya.

Berlatih Memanah

Salah satu kegiatan yang menarik dan menjadi andalan RISMADA adalah memanah. Olah raga yang disunnahkan Rasulullah SAW ini biasa dilaksanakan secara rutin sebelum Kajian Islam, di sekolah maupun di luar sekolah.

Baca Juga:  SMP Negeri 1 Mande Menyapa

Dan yang menjadi salut buat semua anggota RISMADA, semua alat memanah ini merupakan aset yang dibeli sendiri, salah satunya hasil infak anggota RISMADA.

Rihlah (Jalan-jalan Penuh Hikmah)

Nah ini juga saya yakin menjadi program yang diminati remaja (dan juga orang tua hehe), jalan-jalan atau rihlah. Namun, tentu ini bukan jalan-jalan biasa, namun tetap dalam rangka “change the habit”, merubah kebiasaan menjadi lebih baik lagi.

Pelatihan Kaligrafi

Tak hanya dalam aspek perubahan pemikiran yang menjadi fokus kegiatan RISMADA, namun juga dalam aspek skill/keterampilan, semisal kaligrafi. Pelatihan seni kaligrafi yang secara kontinyu dilakukan, setidaknya menjadi dasar pembiasaan budaya menulis indah, salah satunya khat Arab.

Buletin RISMADA

Buletin RISMADA diterbitkan sebulan sekali, berisi info-info seputar Satman, artikel, humor, quiz, yang semuanya dikerjakan oleh anggota RISMADA. Selain belajar menulis, mereka pun diajarkan memasarkan buletin tersebut kepada teman-temannya, dengan infak hanya 600 rupiah per eksemplar.

Pembiasaan Kedermawanan

Dalam setiap acara di luar sekolah, baik itu Dakwah on the road, rihlah, maupun Training Dakwah RISMADA, setiap anggota dianjurkan untuk membawa sembako (walau hanya 3 buah mie instan). Sembako tersebut disumbangkan kepada masyarakat sekitar lokasi kegiatan.

Masya Allah, kegiatan seperti itu cukup baik untuk menumbuhkan kebiasaan berderma.

Readathon Keagamaan

Setiap Kamis pagi minggu pertama, SMPN 1 Mande mengadakan readathon keagamaan. Diawali shalat dhuha, tadarus, dan tampilan-tampilan. Semua kegiatan ini dilakukan oleh tim RISMADA.

Kunjungan ke Perusahaan Nasional

Sebagai bagian dari silah ukhuwwah, RISMADA juga mengadakan kunjungan ke perusahaan nasional, salah satunya PT Mayora. Tujuannya jelas, memberikan pengalaman bagi anggota dalam dunia nyata perusahaan.

Are you the winner?

Seiring tekad kita bersama untuk mewujudkan #SATMANJUARA di semua sisi, baik prestasi, hubungan kekeluargaan antar personil, maupun dalam tata kelola sekolah, dalam bidang keagamaan pun, RISMADA mengusahakan hal itu.

Baca Juga:  Semester Baru Semangat Baru di Tahun Baru

Dalam segi prestasi, alhamdulillah selama beberapa tahun ini, duta-duta RISMADA berjaya di level kabupaten dan berhak bertandang di tingkat provinsi. Di tahun 2017, Ananda Abdul Qodir Rozy berkata dalam ajang Lomba Tahfidz mewakili Cianjur di tingkat provinsi, di Kuningan.

Di tahun berikutnya, ada 3 remaja cerdas, Ripaul Fadilah, Sofa ulkarimah, dan Iman bertanding dalam ajang Cerdas Cermat PAI di Soreang.

Ada banyak prestasi yang diperoleh anak-anak SMPN 1 Mandi dalam bidang PAI, yang ikut mengokohkan slogan Satuan Juara.

Bagaimana kami merumuskan dan menjalankan acara-acara tersebut?

Alhamdulillah, saya tidak sendiri. Ada team work terbaik yang menyokong semua kegiatan RISMADA tersebut. Pak Kepala Sekolah sangat mendukung kegiatan RISMADA. Juga dukungan datang dari Wakil KS bidang Kesiswaan, Bu Hj. Ekowati Andayani, Bu Siti Jenab, dan juga dari Bidang Kurikulum.

Untuk tim teknis, ada penyokong-penyokong hebat, baik dalam hal konten materi, tenaga, pemikiran, juga dana. Beliau-beliau adalah:

  1. Pak H. Atet Ahdiat
  2. Pak Deni Kurnia
  3. Bu Hj. Teti Hermiati
  4. Bu Yuliana Gultom
  5. Bu Santi Kurniawati
  6. Bu Nina Gartina

Dalam bidang keamanan pun, kami mengandalkan Mas Yudi, Bah Entah, juga Mang Oleh. Wah pokonya keren mereka!

Silaturahmi dan pembahasan program DKM dan RISMADA bersama Pak Taufik Setiawan
Pemantapan teknis kegiatan dari A sampai Z, sedetail mungkin.

Semua upaya semaksimal mungkin dilakukan, namun tetap segala perubahan yang dicitakan, hanya Allah lah yang menentukan. Dan ucapan terimakasih dan acungan jempol untuk “team work” yang luar biasa. Tetap semangat, jaga keikhlasan!

RISMADA in Picture

3 Comments

  1. Masya Allloh tabarrokalloh. Semoga kegiatan positif seperti ini semakin banyak. Remaja sangat membutuhkan dukungan, kegiatan dan lingkungan yang baik untuk membentuk karakter mereka menjadi pribadi yang positif.

  2. Hi there everyone, it’s my first pay a quick visit
    at this web page, and post is in fact fruitful for me, keep up posting these articles
    or reviews.

Tinggalkan Balasan