Bangku Literasi yang Kian Terasa Sepi

Aneka cara meningkatkan kemauan dan kemampuan literasi. Di Satman, atau mungkin di sekolah lainnya, sebelum pandemi covid menerpa, ada aneka kegiatan dan upaya mendongkrak kapabilitas literasi, baik guru maupun siswa.

Konon, negara kita termasuk rengking kedua dari bawah dalam aktivitas literasi.

Ada Geulis, gerakan literasi sekolah, yang dicanangkan pemprov Jawa Barat, sebagai salah satu upaya meningkatkan literasi tadi.

Di level sekolah, SMPN 1 Mande mengupayakan aneka langkah. Misal, ada readathon berbagai disiplin ilmu, tiap Kamis pagi. Membuat panggung literasi, yang sampai kini belum tuntas😀, dan membuat pojok-pojok literasi.

Nah yang terakhir ini, pojok literasi, berupa space yang ditata dengan adanya bangku dan meja permanen, digunakan oleh siswa untuk membaca buku dan aktivitas literasi lainnya. Ke depannya, (setidaknya keinginan), space-space ini akan diperbanyak di beberapa tempat. Kali ini baru ada di depan kelas VII A.

Bangku literasi ini belum sempat digunakan, karena datangnya “serangan” virus corona. Yang memaksa kita, guru dan siswa untuk mengajar dan belajar di rumah.

Baca Juga:  Beroleh Kesulitan, Tanda Allah Kabulkan Doa

Ya tentunya upaya untuk meningkatkan kemampuan literasi yang sempat “nge-gas”, terpaksa agak mandeg lajunya dengan kondisi ini. Panggung dan bangku literasi, kini makin sepi. Bahkan berdebu.

Tapi, “banyak jalan menuju Roma”, begitu kata pujangga. Banyak cara yang bisa dipilih untuk mencapai suatu tujuan. Dengan adanya website ini pun, adalah cara alternatif mengembangkan literasi, guru juga siswa. Bahkan bisa menjangkau khalayak yang lebih luas.

Walau bangku literasi kian sepi, namun semangat mengembangkan literasi jangan pernah terhenti. Memulai dari diri sendiri untuk makin giat membaca, mencoba menuangkan hasil bacaan dalam tulisan, dan berusaha menjadi pembuat konten positif, untuk meng-counter konten-konten negatif di dunia maya. Kapan mulainya? Saat ini juga.

Salam literasi.

Catatan sederhana dibuat di bengkel mobil.

Tinggalkan Balasan

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
Instagram
WhatsApp