Sukses Ujian Sekolah di Masa Pandemi

Baru sepekan Penilaian Tengah Semster Genap SMPN 1 Mande Tahun Pelajaran 2020/2021 selesai, akan tetapi siswa siswi kelas IX Satman harus bersiap menghadapi Ujian Sekolah. Ya…Ujian penentu kelulusan dari SMPN 1 Mande. Masa Pandemi bukanlah masa untuk berleha-leha, tidak ada lagi istilah “Angkatan yang lulus karena Corona”. Kelulusan tahun ini harus diperjuangkan dengan berjuang melalui UJIAN SEKOLAH 2021.

Sosialisasi Ujian Sekolah 2021

Sebagai bentuk persiapan Ujian Sekolah, meskipun agak mendesak tetapi SMPN 1 Mande telah mengundang Orang Tua/Wali Kelas IX untuk hadir ke sekolah guna mengikuti Sosialisasi Persiapan Ujian Sekolah 2021. Dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan, Orang Tua/Wali Kelas IX mendapatkan penjelasan dari Ibu-Ibu Wali Kelas IX yang solehah tentang rencana penyelenggaraan Ujian Sekolah SMPN 1 Mande Tahun Pelajaran 2020/2021. Hal-hal yang disampaikan, antara lain:

  • waktu pelaksanaan Ujian Sekolah
  • teknis pelaksanaan Ujian Sekolah
  • pembagian kartu peserta Ujian Sekolah
  • syarat kelulusan Tahun Pelajaran 2020/2021

Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapka terjalin sinergi dan kerjasama antara pihak sekolah dan orang tua untuk mensukseskan penyelenggaraan Ujian Sekolah 2021 ini. Berikut dokumentasi kegiatan Sosialisasi Ujian Sekolah di tiap kelas.

Baca Juga:  Pemanfaatan E-modul sebagai Alternatif Pembelajaran Daring

Kapan Ujian Sekolah 2021 Diselenggarakan?

Ujian Sekolah SMPN 1 Mande Tahun Pelajaran 2020/2021 akan diselenggarakan mulai 5 April 2021 hingga 9 April 2021 sesuai dengan jadwal berikut:

Teknis Pelaksanaan Ujian Sekolah 2021

Ujian Sekolah 2021 akan diselenggarakan dalam dua moda, yaitu daring dan luring. Untuk moda daring, peserta Ujian Sekolah (US) akan melaksanakan ujian di rumah masing-masing melalui handphone/gadget masing-masing. Soal akan diberikan melalui Google Form dengan kode akses, nomor peserta untuk dapat membuka soal ujian. Jadi…untuk peserta US daring, siapkan nomor pesertanya dan jangan sampai hilang.

Sementara untuk US luring, akan dilaksanakan secara tatap muka dimana peserta US akan mengerjakan ujian di sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan. Peserta US luring akan melaksanakan ujian di ruang ujian, yang setiap ruangnya hanya terdiri dari 10 peserta ujian dan diawasi oleh pengawas ruang ujian, dengan jadwal yang sama dengan US daring. Pelaksanaan US luring ini ditujukan untuk peserta yang terkendala mengikuti US daring.

Kriteria Kelulusan Tahun 2020/2021

Kriteria kelulusan dari SMPN 1 Mande untuk Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah sebagai berikut:

  1. menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester (lengkap dari semester 1 – 6);
  2. memperoleh nilai sikap/perilaku minimal Baik pada setiap mata pelajaran dibuktikan dengan hasil penilaian afektif semester 1 s.d 6 dan hasil observasi Dewan Guru;
  3. mengikuti Ujian Sekolah yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan untuk semua mata pelajaran; dan
  4. lulus Ujian Sekolah Tertulis dengan ketentuan:
    • nilai Ujian Sekolah untuk setiap mata pelajaran minimal 64 (enam puluh empat)
    • rata-rata nilai Ujian Sekolah minimal 64 (enam puluh empat)
Baca Juga:  Era Pembelajaran Digital - Satman on GCR

Akhirnya….untuk seluruh siswa-siswi SMPN 1 Mande, admin mengucapkan:

Untuk memberikan semangat dan menyemarakkan penyelenggaraan Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2020/2021, silakan upload foto terkece kalian di link twibbonize berikut:

Selamat berjuang…Selamat melaksanakan Ujian Sekolah dengan jujur…Sukses Ujian Sekolah di Masa Pandemi

Twibbon dan Gambar by Januar Aripin

#SatmanJuara #BeraniJujurItuBaik

6 Comments

  1. Good way of describing, and nice piece of writing to get
    information about my presentation topic, which
    i am going to deliver in school.

Tinggalkan Balasan