Guru Satman Berpartisipasi dalam Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi pendidik di masa Pandemi, sebagai wujud nyata dalam menjaga kualitas pendidikan kita. Salah satu program yang diluncurkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan adalah Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19. Dalam artikel kali ini, kita akan mengupas sedikit tentang program kementrian ini.

Apa itu Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19?

Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 adalah program pembelajaran yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pembelajaran jarak jauh yang sesuai dengan kondisi khusus, seperti masa pandemi COVID-19, dengan tetap memberikan pembekalan dasar yang bermakna bagi peserta didik untuk melakukan merdeka belajar.

Apa Tujuan Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19?

  1. Meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran jarak jauh berbasis beban kurikulum yang disederhanakan.
  2. Mengembangkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh yang melibatkan peserta didik.
  3. Mengembangkan keterampilan guru dalam menggunakan teknologi untuk pembelajaran jarak jauh secara efektif.
  4. Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan asesmen pembelajaran jarak jauh yang berdampak pada kualitas pembelajaran.
Baca Juga:  Langkah Awal, Bersiap Menjadi Guru (Belajar) Menulis

Siapa Pesertanya?

Program istimewa ini dapat diikuti oleh guru yang telah mempunyai akun SIMPKB. Selain itu, bersedia untuk mengikuti 3 tahapan kegiatan, yaitu:

  • Tahap 1 : Bimtek
    • Dapat diikuti oleh Kepala Sekolah, Pengawas, Widyaiswara, dan Guru semua mata pelajaran, jenjang, serta jenis pendidikan.
  • Tahap 2 : Diklat
    • Dapat diikuti oleh peserta yang telah menuntaskan Tahap 1 (Bimtek) dengan nilai minimal 70
  • Tahap 3 : Pengimbasan
    • Dapat diikuti oleh peserta yang telah menuntaskan Tahap 2 (Diklat)

Kapan Jadwal Kegiatannya?

Lalu…adakah Guru Satman yang mengikuti program ini??? Tentu saja ada!!! Beberapa guru hebat Satman, secara mandiri telah mendaftar untuk mengikuti Program Guru Belajar seri Masa Pandemi COVID-19 ini. Guru-guru hebat itu, diantaranya:

  • Maesyaroh, S.Pd
  • Siti Jenab, S.Pd
  • Ai Mulyati, S.Pd
  • Eem Rohimah, S.Pd
  • Santi Kurniawati, M.Pd
  • Mila Nur Safriyanti, S.Pd
  • Yuni Choirunnisa, S.Pd

Saat ini ibu-ibu hebat ini telah menyelesaikan Bimtek Tahap 1 Angkatan 3, yang berlangsung mulai 21 Oktober 2020 lalu hingga 30 Oktober 2020. Selanjutnya besok akan melanjutkan ke Tahap Diklat Angkatan 2, yang akan berlangsung mulai 31 Oktober 2020 besok hingga 19 November yang akan datang.

Baca Juga:  URANG WAWANOHAN SARENG GURU BASA SUNDA

Ternyata masih ada lagi Guru Satman yang ga mau ketinggalan ikut serta dalam Program Guru Belajar ini, yaitu Bu Darisa Aisyah, S.Pd. Bu Darisa baru akan memulai Bimtek Angkatan 4, mulai 31 Oktober 2020 hingga 9 November 2020.

Semangat ya ibu-ibu hebat…Semoga dapat menuntaskan hingga Tahap 3 dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat sehingga dapat diterapkan di sekolah kita tercinta ini. Membawa Satman menjadi Sekolah Juara. Mohon doa dari semua. Guru Satman terus berkarya…Semangat!!!

7 Replies to “Guru Satman Berpartisipasi dalam Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19”

Tinggalkan Balasan

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
Instagram
WhatsApp