Makna Lambang dan Mars SMPN 1 Mande

Hampir setiap lembaga, organisasi, institusi, partai, sekolah, bahkan komunitas, memiliki lambang atau logo. Lambang atau logo itu mencerminkan semangat, tujuan, dan jati diri institusi tersebut. Bagaimana dengan SMPN 1 Mande?

Sebagai sebuah institusi resmi dan sekolah menengah tertua di Mande, SMPN 1 Mande juga memiliki logo/lambang kebanggaan, yang selain menempel di seragam siswa, di seragam guru, di papan plank, di kop surat, juga di dalam hati setiap insan yang dinaungi sekolah ini.

Entah kapan logo ini dibuat, juga entah oleh siapa, namun yang jelas, kita sebagai civitas akademika di SMPN 1 Mande semestinya mengetahui arti atau makna dari setiap bagian lambang dari sekolah kebanggaan kita ini.

Pada posting sederhana ini, kita akan mencoba membedah lambang SMPN 1 Mande.

Makna Lambang SMPN 1 Mande

Sebuah kombinasi warna yang gagah, kuning, hitam, merah, putih, dan hijau. Setiap warna memberikan kesan karakter yang berbeda. Sekarang kita akan mencoba membahas per bagian dari lambang SMPN 1 Mande ini.

Bentuk segi lima

Baca Juga:  Sambutan Bapak Kepala Sekolah

Jika kita analogikan, segi lima ini melambangkan 5 rukun Islam, yang menjadi patokan amaliah kaum muslimin.

Buku

Buku selalu identik dengan pembelajaran. Buku pun menjadi gudang ilmu, yang jika dibaca akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi pembacanya. Lambang buku pun menyiratkan bahwa semua civitas akademika SMPN 1 Mande haruslah cinta buku dan gemar membaca.

Api

Siapapun memahami bahwa api melambangkan semangat, ketegaran menatap masa depan, dan terjaganya harapan. Begitu pun kita, selalu menyimpan asa dan memerjuangkannya dengan sekuat tenaga, tentu dalam batas-batas syariat.

Padi dan Kapas

Padi melambangkan kekokohan pangan, sedangkan kapas melambangkan kekokohan sandang. Padi dan kapas melambangkan kemakmuran. Dalam artian, kebutuhan sandang dan pangan terpenuhi dengan mapan.

Apa maknanya kemakmuran dengan sekolah? Ya mungkin segala peri kebutuhan hidup para insan yang mengabdikan diri di sekolah, mesti dipenuhi, minimal sesuai haknya. Wallahu a’lam untuk makna KEMAKMURAN ini mah….

Dominasi warna kuning

Apa makna warna kuning?

Secara psikologi, makna warna kuning mengarah pada warna yang paling bahagia, menyolok dan juga menyatu dengan ekstrovert. Warna ini biasanya digunakan oleh orang yang ingin tampil atau ingin diperhatikan oleh orang lain.

Baca Juga:  Semarak Kamis Pagi, Kemeriahan Readathon Seni

Warna kuning memberi arti kehangatan dan rasa bahagia dan seolah ingin menimbulkan hasrat untuk bermain. Dengan kata lain warna ini juga mengandung makna optimis, semangat dan ceria. Oleh karena itu individu penyuka warna kuning cenderung lebih bijaksana dan cerdas dari sisi akademis, sehingga mereka lebih kreatif dan pandai menciptakan ide yang orisinil.

Apakah cocok dengan karakter SMPN 1 Mande? Ya semoga saja, mengingat karakter ini dibutuhkan untuk merealisasikan Satman Juara.

Mars SMPN 1 Mande

Kami siswa-siswi SMP Negeri 1 Mande

Siap sedia membela dan membaca

suasana hidup berpancasila

Kami putra-putri SMP Negeri 1 Mande

Tetap abadi kita berjanji

Satukan dalam hati

Damai di bumi pertiwi

selamanya

Video Mars SMPN 1 Mande

8 Replies to “Makna Lambang dan Mars SMPN 1 Mande”

Tinggalkan Balasan

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
Instagram
WhatsApp