Mengenal Guru IPS di SMPN 1 Mande

Sejarah merupakan bagian dari kehidupan manusia sebab sejarah adalah kisah kehidupan manusia yang terjadi pada masa lampau. Dari sejarah terkandung nilai-nilai pelajaran penting nan berharga yang penuh makna utuk dapat kita ambil hikmahnya bagi kehidupan. Bahkan Ir. Soekarno pernah berkata, “Jangan pernah lupakan sejarah”, maka sepatutnya kita berterima kasih pada orang-orang yang telah mengajarkan kita tentang sejarah. Untuk itu marilah kita mengenal guru-guru kita yang telah mengenalkan sejarah melalui mata pelajaran IPS.

Guru IPS di SMPN 1 Mande berjumlah empat orang, yaitu Pak Drs. Aah Havid, Bu Dra. Sukeni, Bu Santi Kurniawati, M.Pd, dan Bu Eem Rohimah, S.Pd. Berikut profil singkat keempat orang hebat ini….

Drs. AAH HAVID

Bapak Drs. Aah Haid, biasa disapa “Pak Aah” ini termasuk guru favorit dikalangan para siswa , meskipun katanya dulu termasuk salah satu guru “killer” pada masanya. Beliau lahir di Sumedang pada 18 Maret 1966. Saat ini beliau mengajar IPS di kelas VII dan VIII, sekaligus juga menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang Humas.

Baca Juga:  Mengenal Guru Prakarya di SMPN 1 Mande

Dra. SUKENI

Ibu Dra. Sukeni, biasa disapa “Bu Keni” ini adalah guru yang ramah dan baik hati. Beliau lahir di Klaten pada 7 Mei 1964 dan menuntaskan pendidikan S1-nya pada tahun 1988 di Universitas Taman Siswa Yogyakarta. Takdir membawanya ke Cianjur dan mulai mengabdi di SMPN 1 Mande sejak Juni 2005.

Filosofi beliau, “Mengajar dengan ikhlas, perlu kesabaran dan perjuangan untuk mengabdi nusa dan bangsa melalui mendidik dan mengajar“.

SANTI KURNIAWATI, M.Pd

Ibu Santi Kurniawati, M.Pd, biasa disapa “Bu Santi” ini memiliki hobi olahraga. Lahir di Bandung pada 19 April 1978. Beliau mulai mengabdi di SMPN 1 Mande pada 11 Juni 2012, dan langsung mendapat tugas belajar strata-2 (S-2) di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) melalui jalur beasiswa. Alhamdulillah tugas belajarnya tuntas diselesaikan pada tahun 2014 lalu dan resmi mendapat gelar M.Pd.

Filosofinya dalam mengajar sangat sederhana tetapi sangat dalam maknanya, yaitu “Keureuyeuhkeun”. Kesan pesan beliau sebagai guru, “Keluarga besar Satman luar biasa. Semoga persaudaraan ini membawa kebaikan di dunia dan akhirat”.

EEM ROHMAH, S.Pd

Ibu Eem Rohimah, S.Pd, yang biasa disapa “Bu Eem” ini selain cantik juga dikenal dengan wali kelas yang sangat perhatian. Lahir di Cianjur pada 8 Oktober 1975, merupakan alumni Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tahun 2000. Beliau mulai mengabdi di SMPN 1 Mande sejak 1 Juli 2002.

Baca Juga:  Sosok Caraka Yang Paling Lama Mengabdi di Satman

Filosofinya, “Mengajar dengan hati” Pendidikan dilakukan dengan hati lewat ungkapan kasih sayang, kelembutan, keikhlasan, kejujuran, keagamaan, dan suasana kekeluargaan.

Kesan dan pesannya sebagai guru: “Batapa bahagia menjadi guru yang tampil penuh kharisma dihadapan siswa, sosok guru yang selalu dirindukan kedatangannya, diamnya disegani, tutur katanya ditaati, dan kepergiannya ditangisi”
MasyaAllah…semoga bisa…💪
Aamiin 🥰

Demikianlah guru-guru IPS terhebat yang dimiliki oleh SMPN 1 Mande. Semoga senantiasa sehat dan segala usahanya dalam menyampaikan ilmu dan mendidik putra-putri satman menjadi amal jariah bagi semua.

MATERI MATA PELAJARAN IPS

KELAS VII

  • Manusia, Tempat dan Lingkungan
  • Interaksi Sosial dan Lembaga Sosial
  • Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan
  • Kehidupan Masyarakat Indonesia pada Masa Pra-Aksara, Hindu-Buddha, dan Islam

KELAS VIII

  • Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-Negara ASEAN
  • Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan
  • Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang Pengaruhnya terhadap Kegiatan Ekonomi, Sosial, Budaya di Indonesia dan ASEAN
  • Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan

KELAS IX

  • Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya
  • Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi
  • Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat
  • Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi