Langkah Awal, Bersiap Menjadi Guru (Belajar) Menulis

Berawal dari Pelatihan Menulis Artikel Populer, kemudian mendapatkan sertifikat, yang langsung ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Cianjur, Bapak H. Oting Zaenal Mutaqin, S.H, M.M. Tak hanya sampai di situ, akan diterbitkan juga buku kompilasi Guru Penulis Cianjur oleh Penerbit Mulya Bookstore, menjadi amunisi motivasi luar biasa untuk memulai menulis.

Meminjam slogan Pak Wijaya Kusumah, M.Pd, seorang guru TIK di SMP Labschool Jakarta, sekaligus senior saya di Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN), ” Menulislah Setiap Hari, dan Perhatikanlah Apa yang akan Terjadi“. Dan, memang apa yang terjadi? Beliau bisa menghidupi diri dan keluarganya, selain dari gaji, juga dari aktivitas menulis ini.

Begitu juga dengan Pak Dedi Dwitagama, Kepala SMKN 29 Jakarta, juga alhamdulillah menjadi mentor saya dalam menggores pena di KSGN. Beliau sama dengan Pak Wijaya Kusumah dalam hal prinsip menulis. Kata beliau, “Tulislah apa yang ada di fikiranmu, terus tulis, walaupun nanti sebagian besar tulisanmu dihapus, tak masalah, yang penting kita sudah menuangkan isi fikiran.” Oh, ya, Pak Dedi Dwitagama ini pernah mengisi acara Sosialisasi Generasi Muda tanpa Narkoba, di SMPN 1 Mande.

Baca Juga:  Guru Satman Berpartisipasi dalam Guru Belajar Seri Masa Pandemi Covid-19

Ada juga guru muda, kepala SD Islam Berakhlak Jakarta, Pak Namin AB Ibnu Solihin, yang juga giat menjadi guru penulis. Beliau sama-sama saya menjadi narasumber di Pelatihan Guru Blogger, di SMPN 1 Cipanas. Dalam pelatihan tersebut, ternyata salah satu pesertanya adalah Bu Nuraeni, Pengawas di Disdik Cianjur (dulu menjadi pengawas bina SMPN 1 Mande).

Langkah Awal, Bersiap Menjadi Guru (Belajar) Menulis, Bismillah….

Ikut pelatihan Penulisan Artikel Populer, Bu Nina Gartina. In syaa Allah, salah satu artikel pembukanya, dengan judul “Ibu, Madrasah Utama”, akan menjadi bagian dari kompilasi buku yang akan diterbitkan. Ini awal yang baik tentunya.

Bu Yuni Choirunnisa, menjadi salah satu tulang punggung keajegan website kita tercinta ini. Salah satu artikelnya, ” Suara Hati untuk Guruku….”,menjadi salah satu trending article di web ini.

Juga Pak Januar Aripin. Perpaduan usia muda, semangat untuk belajar, dan penguasaan IT, menjadi penopang keberlangsungan web ini.

Ada tambahan amunisi dari Komunitas Napak Tilas SMPN 1 Mande, yang digawangi Pak H. Atet, Pak Yosep sopyan, Pak Aris Supyan Purnama, Pak Enjang Fathul Mujib, dan Pak Dida Purnama. Berbekal semangat “ngabolang”, jalan-jalan menyusuri tapak sejarah Kecamatan Mande, kemudian dituliskan dalam laporan perjalanan, sungguh memperkaya konten web SMPN 1 Mande menuju web dinamis.

Baca Juga:  Bedah Puisi Bu Nina: Ketika Hujan Menyapa Mesra

Tentu bakat-bakat terpendam guru lain, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk memperkaya tulisan-tulisan bermanfaat di web kita yang baru berumur 1 bulan, namun alhamdulillah sudah tembus rangking web dunia ke-835.000-an.

Ah, takkan habis menuliskannya di sini. Menuliskan tentang semangat menuangkan ide menulis, menuliskan gelora memperkaya khazanah kelimuan dengan tulisan.

Mungkin, satu frasa terakhir yang bisa kita tulis, “ Bismillah, aku memulai menulis…..”

(Artikel ringan, ditulis sambil tiduran di malam dingin ini)