Pembelajaran Daring Menggunakan Quizizz, Belajar Serasa Main Game

Aneka cara dalam pembelajaran daring (online) dilakukan guru, untuk memberikan layanan terbaik bagi peserta didik. Pemanfaatan media online adalah pilihan utama. Selain menggunakan WhatsApp dan Google Classroom, ada satu alternatif lagi, yaitu Quizizz.

Berikut ini pengalaman pertama Bu Yuliana Gultom, M.Pd, dalam memanfaatkan Quizizz dalam pembelajaran daring. Yuk kita baca sampai tuntas artikel berikut ini.

Hari ini Belajar Dari Rumah (BDR) IPA terasa berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Karena hari ini, siswa kelas 8F dan 8B SMPN 1 Mande melaksanakan ulangan harian melalui Quizizz. Biasanya kita belajar online menggunakan aplikasi Whatsapp dan Google Classroom. Meskipun lumayan membantu, tetapi partisipasi siswa kurang “gereget”.

Alhamdulillah, dengan Quizizz, siswa banyak berperan aktif. Quizizz menjadikan ulangan harian berasa seperti permainan online. Siswa diajak untuk belajar, bermain, dan saling berkompetisi skor dengan teman sekelas secara online. Semakin banyak jawaban benar, semakin tinggi peringkatnya di antara teman-temannya. Siswa yang menjawab dengan benar dan cepatpun akan mendapatkan nilai, dan nilainya langsung muncul saat mereka menjawab pertanyaan.

Baca Juga:  SMP Negeri 1 Mande Menyapa

Bagi guru yang menggunakan quizizz, akan dipermudah dengan tidak harus melakukan penilaian. Karena, quizizz akan memberikan informasi nilai siswa, kecepatan menjawab (skor), dan jawaban keseluruhan anak. Meski secara teknis, masih ada beberapa siswa yang kesulitan untuk masuk ke quizizz. Tapi, secara keseluruhan, mereka menyukai metode ulangan seperti ini. Jadi, kesimpulannya metode ulangan menggunakan quizizz ini akan digunakan kembali untuk kelas yang lain dan ulangan materi berikutnya.

Yang keren juga dari quizizz adalah bisa diintegrasikan dengan Google Classroom yang biasa kita gunakan dalam pembelajaran.

Sedikit Tentang Quizizz

Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Penggunaannya sangat mudah, kuis interaktif yang anda buat memiliki hingga 5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar.

Kita dapat menambahkan gambar ke latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan pengetahuan pertanyaan sesuai keinginan kita.
Bila kuis sudah jadi, anda dapat membagikannya kepada siswa
dengan menggunakan 5 digit yang dihasilkan.

Bagaimana Cara Memanfaatkan Quizizz dalam Pembelajaran Daring?

Bagi yang ingin mencoba menggunakan layanan Quizizz, bisa ditonton panduannya di link berikut:

Baca Juga:  Menepis Nada Miring Pembelajaran Daring

Tak ada salahnya untuk mencoba. Siapkah?

7 Replies to “Pembelajaran Daring Menggunakan Quizizz, Belajar Serasa Main Game”

  1. Где смотреть Евро-2020? По каким каналам можно посмотреть матчи Евро-2021?
    Полная информация на сайте
    https://cerrajerosrivasvaciamadrid.site/2021/17-smotret-evro-2021-za-1-dollar/?gclid=CjwKCAjwqvyFBhB7EiwAER786ezmootpFhTBX59m8vwoKFlqwchzirCyyUxmoq9FZy_7Akk8AgpxTxoCoysQAvD_BwE

    Простейшие варианты где можно смотреть Евро-2020 бесплатно или за 1 доллар в месяц в качестве HD.

Tinggalkan Balasan

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial
Instagram
WhatsApp